Apa Benar Buah Matoa Hanya Bisa Hidup Di Papua? Yuk Cari Jawabannya

Buah Matoa Hanya Bisa Hidup Di Papua – Buah Matoa merupakan sejenis buah yang menjadi khas Papua, namun buah ini juga bisa tumbuh di berbagai belahan dunia. Tanaman ini bisa tumbuh tersebar mulai dari Sri Lanka dan juga kepulauan Andaman melalui Asia Tenggara, hingga Samoa. Sementara di Indonesia sendiri, buah ini bisa ditemukan di Sulawesi, Jawa, Maluku, dan Kalimantan.

Di Papua, pohon Matoa ini bisa tumbuh besar di setiap daerah, seperti Dataran Seko, Anjai Kebar, WOndoswaar-Pulau Weoswar, Ransiki, Warmare, Armina-Bintuni, Manokwari, Pulau Yapen, dan juga Samabusa-Nabire. Tanaman ini tumbuh secara berkelompok pada tempat tertentu dalam hutan, maka dar itu Matoa menjadi flora identitas dan menjadi kebanggan masyarakat Papua.

Apa Benar Buah Matoa Hanya Bisa Hidup Di Papua? Yuk Cari Jawabannya Buah Matoa Apa Benar Buah Matoa Hanya Bisa Hidup Di Papua? Yuk Cari Jawabannya Apa Benar Buah Matoa Hanya Bisa Hidup Di Papua

Seperti Apa Rasa Buah Matoa?

Untuk rasa dari buah ini berubah-ubah, ada yang mengatakan rasanya seperti rambutan, durian, intinya rasa buah ini susah untuk didefinisikan, karena rasanya yang begitu ramai dan pastinya manis. Namun menurut saya pribadi, rasanya lebih mirip perpaduan dari buah kelengkeng dan rambutan.

Klasifikasi Ilmiah Buah Matoa

Kingdom Plantae
Divisi Magnoliophyta
Ordo Sapindales
Kelas Magnoliopsida
Famili Sapindaceae
Genus Pometia
Nama Binomial Pometia pinnata
Spesies P. pinnata

Mengenal Pohon dan juga Buah Matoa

Seperti apa sih pohon dan juga buah Matoa ini? pohon ini termasuk memiliki pohon besar, dan tingginya bisa mencapai 50 meter. Karunya cukup keras, dan akar papan tingginya bisa mencapai 5 meter. Tangkai daun panjang kurang lebih 1 m, anak daun 4-3 pasang, berbentuk bundar memanjang dengan yang memiliki gerigi.

Untuk bentuk buahnya ini bulat lonjong dengan ukuran seperti telur puyuh hingga buah pinang, panjanganya siktar 1,5-5cm dengan diameter 1-3 cm. kulit berwarna hijau saat mentah, dan akan berubah menjadi coklat kemerahan saat masak.

Pengembangbiakkan dan habitat pohon Matoa

Pohon Matoa ini menjadi jenis tanaman yang sangat mudah untuk dikembangbiakkan. Matoa bisa diperbanyak secara generatif melalui biji maupun secara cangkok dan okulasi. Pohon matoa bisa tumbuh dengan baik di daerah dataran tinggi dan sejuk, yakni pada ketinggian sekitar 900-1700 mdpl. Namun pohon matoa ini juga bisa tumbuh di dataran rendah kering, tidak tergenang air.

Nama Lain Buah Matoa

Nama dari buah ini berbeda-beda setiap daerah seperti: ganggo, sapen, tawan, kasai, kaselanteneng, lengsar, mutoa, pakam, , jagir, jampania,  tawang, wusel, kungkil, dan lamusi. Dengan begini, maka tanaman matoa juga bisa tumbuh di beberapa daerah lain di Indonesia, jadi meskipun buah matoa ini dikenal berasal dari Papua, namun  jangan heran jika bisa menemukannya di daerah lain.

Manfaat Pohon dan Buah Matoa

Buah Matoa ini memiliki vitamin C dan E sangat kaya, namun memiliki kandungan glukosa jenuh. Vitamin C ini memiliki manfaat untuk antioksidan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh nanti. sementara untuk vitamin E, bakal bisa membantu untuk meringankan stres, memberi nutrisi kulit, dan bisa meminimalisir serangan kanker dan jantung koroner.

Didalam Matoa juga memiliki kandungan tanin, saponin dan alkaloid. Tanin berfungsi sebagai anti bakteri yang bisa menghambat pertumbuhan enzim reverse transkriptase dan DNA topoisomerase  sehingga sel bakteri tak bisa terbentuk.

Selain diambil buahnya, Matoa ini juga diambil batang kayunya yang memiliki manfaat dan bernilai ekonomis. Tinggi pohonnya juga bisa mencapai 40-50 meter dengan memiliki diamteter mencapai 1 sampai 1,8 meter. Batang pohon matoa ini bisa dimanfaatkan unutk papan, bahan bangunan, bahan latai, dan juga perabot rumah tangga.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: