X

Beberapa Jenis Hama Penyakit Ikan Menurut Karakteristik dan Pengelompokannya

Beberapa Jenis Hama Penyakit Ikan Menurut Karakteristik dan PengelompokannyaSelain ayam ternyata saat ini banyak petani yang berlomba-lomba untuk budidaya ikan. Nah, sebelum memulai usaha budidaya ikan ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu jenis hama penyakit ikan yang sering kali terjadi. Secara menyeluruh, hama dan penyakit ikan mempunyai arti sebagai makhluk hidup yang keberadaannya bisa menimbulkan pengaruh buruk bagi tumbuh kembang ikan.

Ular dan Kepiting merupakan contoh jenis hama penyakit ikan. Jika ular memangsa ikan secara langsung lain halnya dengan kepiting yang sering kali membuat lubang pada dinding kolam. Dari lubang tersebut bisa menimbulkan kebocoran. Bahkan kehadiran kepiting juga sering kali membuat kerusakan pada tanggul dan membuat hama lainnya bisa dengan mudah masuk kekolam.

Berdasarkan sifat hidupnya hama digolongkan menjadi 3 kelompok yaitu, predator, kompetitor dan pengganggu. Yuk, simak ulasan berikut ini tentang karakteristik hama berdasarkan kelompok tersebut.

Predator, merupakan hama ikan yang bersifat memangsa. Kebanyakan predator merupakan hewan pemakan daging atau karnivora. Uniknya predator ini tak selamanya hewan yang bertubuh besar akan tetapi juga ada hewan bertubuh kecil yang mempunyai senjata pamungkas berupa bisa atau racun. Sejatinya predator ikan tak hanya ada satu saja akan tetapi juga terdiri dari beberapa jenis seperti ikan yang lebih besar, hewan darat, serangga atau hewan air jenis lainnya. Contoh : ikan lele, belut, burung bangau, biawak dan lain sebagainya.

Kompetitor, merupakan jenis hama penyakit ikan yang berada dalam satu habitat dimana keberadaannya tidak di inginkan di habitat tersebut lantaran menimbulkan persaingan dalam memperoleh makanan, oksigen hingga ruang gerak ikan. Ikan mujaer merupakan salah satu contoh kompetitor yang sering kali bersaing dengan ikan yang lainnya untuk mendapatkan makanan. Meskipun mempunyai bentuk yang tidak terlalu besar akan tetapi ikan mujaer sangat rakus dan mudah sekali berkembangbiak sehingga jumlahnya mampu mengalami peningkatan dengan sangat cepat.

Pengganggu atau Pencuri, sebuah tindak merugikan yang dilakukan oleh manusia. Perlakuan manusia yang kurang baik rupanya dapat dikatakan sebagai pengganggu. Salah satu tindakan manusia yang dianggap mengganggu habitat ikan adalah cara panen yang dilakukan dengan kurang baik.

Penyakit ikan merupakan sebuah gejala fisiologis pada ikan yang disebabkan oleh parasit atau bisa jadi karena kondisi lingkungan yang kurang mendukung. Selain kondisi ikan yang kurang baik ternyata juga ada beberapa faktor yang bisa menimbulkan penyakit  pada ikan. Berikut adalah faktor-faktor pemicu terjadinya penyakit pada ikan :

  • Serangan dari parasit.
  • Lingkungan yang tidak sehat atau tercemar oleh bahan-bahan berbahaya.
  • Lingkungan dengan fluktuasi suhu, pH, salinitas, dan kondisi air yang sangat keruh.
  • Pakan yang diberikan tidak sesuai dengan kebutuhan ikan.
  • Kondisi ikan yang kurang baik karena faktor genetik.

Jenis hama penyakit ikan dilanjutkan dengan munculnya serangan penyakit ikan merupakan sebuah interaksi yang tidak serasi antar ikan satu dengan yang lainnya. Peristiwa ini rupanya juga mampu membuat ikan stress. Tidak hanya itu, kondisi seperti itu juga bisa membuat kondisi ikan kian melemah sehingga ikan mudah terserang penyakit.

Jika kondisi ikan melemah sedangkan patogen yang terdapat dalam tubuh ikan semakin banyak akan tetapi lingkungan sekitar mendukung untuk meningkatkan ketahanan tubuh si ikan maka penyakit tidak akan muncul sebab pantogen tidak bisa tumbuh dengan baik.

Hubungan antar ikan, parasit dan lingkungan ini bisa disebut ‘Interaksi Tripel’. Berikut adalah penjelasan singkat tentang Interaksi Tripel.

#. Ikan
Ikan seringkali menjadi sasaran penyakit. Terkadang ikan yang sehat bisa bertahan dari serangan penyakit menggunakan mekanisme pertahanan diri. Namun jika kondisi ikan menurun dan kondisi lingkungan juga kurang mendukung maka dengan mudah ikan akan mengalami stress dan pertahanan dirinya akan semakin menurun sehingga membuat ikan terserang penyakit.

#. Parasit
Seperti yang telah diketahui jika penyakit ikan yang disebabkan oleh parasit mampu memberi dampak negatif yang cukup besar. Penularan penyakit antar ikan A dan ikan B terkadang disebabkan oleh infeksi dimana penyebarannya dilakukan melalui penularan. Meskipun terlihat sepele namun jika hal tersebut tidak ditangani dengan cepat dan benar maka akan terjadi infeksi sekunder oleh patogen yang lainnya seperti virus maupun bakteri.

#. Lingkungan
Jenis hama penyakit ikan dilanjutkan dengan kondisi lingkungan dalam air menjadi salah satu hal yang diutamakan dalam budidaya ikan. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan oleh para petani dalam pembudidayaan ikan, antara lain :

  • Fisik (suhu, cahaya, suara, tekanan air)
  • Kimiawi (pH, NH3, NO2, CO2, buangan metabolik, logam berat)
  • Biologis (padat tebar dan keberadaan hama)
  • Prosedural budidaya (penebaran, sampling, pergantian air, pergantian wadah, panenan).

Pengelompokkan Jenis – Jenis Penyakit pada Ikan

Pada dasarnya segala penyakit yang menyerang ikan tidak datang begitu saja akan tetapi melalui beberapa faktor yang disebakan oleh lingkungan, kondisi ikan, dan adanya bibit penyakit. Dengan munculnya serangan penyakit seperti itu merupakan hasil dari interaksi yang tidak selaras antara ikan, lingkungan dan parasit. Sementara untuk jenis hama penyakit ikan sendiri dibedakan menjadi dua.

1.Penyakit Parasiter

Merupakan penyakit yang disebakan oleh parasit. Organisme yag sering kali menyerang ikan antara lain bakteri, virus, jamur, golongan cacing, protozoa dan udang renik.

2.Penyakit Non Parasiter

Merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh hama . berdasarkan faktor penyebabnya penyakit ini bisa dikelompokkan menjadi tiga yaitu, berdasarakan faktor lingkungan, faktor pakan dan faktor genetik.

Itu tadi adalah ulasan singkat tentang beberapa jenis hama penyakit ikan menurut karakteristik dan pengelompokannya. Semoga apa yang kami sampaikan di tadi bisa bermanfaat untuk anda semua.

wijaya :