Beberapa Jenis Penyakit dan Hama Utama Pada Tanaman Pisang

Beberapa Jenis Penyakit dan Hama Utama Pada Tanaman Pisang  – Pisang siapa yang tidak tahu buah satu ini? Pisang meruapakn salah satu buah-buahan yang kaya akan vitamin dan mineral seperti Vitamin C, B6, Serat, Zat Besi, Folat dan Magnesium. Tidak hanya kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh kita namun ternyata perawatan tanaman Pisang juga cukup mudah.

Jika dibandingkan dengan tanaman buah-buahan yang lain harga jual Pisang memang cukup tinggi. Meski harganya sedikit lebih tinggi ketimbang buah-buahan lain namun ternyata permintaan pasar terhadap buah Pisang sangatlah tinggi.

Beberapa Jenis Penyakit dan Hama Utama Pada Tanaman Pisang tanaman pisang Beberapa Jenis Penyakit dan Hama Utama Pada Tanaman Pisang Jenis Penyakit dan Hama Utama Pada Tanaman Pisang

Seperti yang diketahui jika saat ini banyak sekali berbagai olahan makanan dan minum yang menggunakan Pisang sebagai bahan bakunya. Selain membuat produk dari pisang ada baiknya jika kita mencoba untuk membudidayakan pisang sendiri di rumah.

Dengan begitu maka biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu banyak. Akan tetapi perlu anda ketahui jika sebenarnya menanam Pisang tidak semudah yang kita bayangkan. Ada banyak halangan yang mungkin dialami saat budidaya tanaman Pisang.

Seperti munculnya hama dan penyakit tanaman Pisang. Penyakit tanaman Pisang biasanya disebabkan oleh jamur, bakteri dan virus. Sementara untuk hama tanaman Pisang diantaranya adalah lalat buah pisang, ngengat, uret dan ulat penggulung daun pisang.

Hama Tanaman Pisang

Lalat Buah Pisang

Tanaman Pisang yang diserang hama lalat ini biasanya memperlihatkan gejala seperti perubahan bentuk, warna buah tidak seperti biasa dan membusuk. Untuk mengendalikan hama lalat ini anda bisa menggunkan perangkap atau bisa juga menyemrpotkan insektisida kimia.

Ulat Penggulung Daun Pisang

Hama tanaman Pisang yang pertama ini menyerang bagian daun pisang. Ulat ini biasanya berukuran cukup besar, tidak berbulu dan tubuhnya diselemiti seperti bedak bayi warna putih. Ulat ini bisa menyerang semua jenis pisang.

Ngengat

Berbeda dengan ulat penggulung rupanya hama bernama Ngengat ini menyerang bagian buah dan bunga yang masih muda. Ngengat merupakan jenis hewan nokturnal atau hewan yang aktif dimalam hari. Untuk mengendalikan populasi hama Ngengat ini maka perlu dilakukan penyemprotan insektisida pada jantung pisang yang bagian seludangnya sudah terbuka.

Uret

Uret termasuk hama tanaman Pisang yang menyerang bagian batang dan bonggol. Uret sering kali menyerang tanaman Pisang yang ada di dataran tinggi. Untuk mengendalikan hama Uret ini maka kita harus menjaga kebersihan kebun dan jangan lupa unyuk menyemprotkan insektisida kimia.

Penyakit Tanaman Pisang

Kerdil Pisang

Tanaman Pisang yang terjangkit penyakit Kerdil Pisang ini biasa ditandai dengan tektur daun yang kaku, pendek dan sempit. Bahkan warna daunnya juga menguning dan tektur daun rapuh. Penyakit ini disebabkan oleh virus bernama Abaca bunchy top virus atau ABTV dan Banana bunchy top virus atau BBTV.

Perlu anda kethaui jika penyakit Kerdil Pisang ini sulit sekali dibasmi. Salah satu cara untuk menghilangkan penyakit ini adalah dengan membongkar tanam Pisang yang diserang lalu membakarnya.

Penyakit Layu Bakteri

Penyakit tanaman Pisang ini disebabkan oleh bakteri bernama Pseudomonas solaracearum. Tanaman pisang yang terserang penyakit ini biasanya mempunyai gejala seperti bagian tandan, batang, bonggol sampai buah mengeluarkan cairan kental yang bau.

Bercak Daun

Bercak Daun disebabkan oleh cendawan Cercospora musae Zimn. Untuk mengendalikan penyakit tanaman Pisang ini anda bisa membersihkan area kebun dan memotong bagian daun yang ada bintik-bintik warna hitam. Jika dibiarkan maka bintik-bintik hitam tersebut akan membesar dan membentuk seperti noda coklat kehitaman.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: