Beberapa Jenis Penyakit Unggas, Cara Pengobatan dan Pencegahannya (Page 3)

Jenis Penyakit Jamur Pada Unggas

Penyakit Aspergillosis

Penyakit ini disebabkan oleh adanya jamur atau cendawan Aspergillus. Penyakit ini biasa menyerang manusia dan juga hewan, jika pada unggas biasa menyerang pada bagian alat pernafasan. Untuk pencegahannya bisa dengan cara melakukan vaksinasi, namun bagi hewan yang terkangkit sebaiknya dilakukan isolasi agar tidak menular, karena obat untuk penyakit ini masih belum ditemukan.

Beberapa Jenis Penyakit Unggas, Cara Pengobatan dan Pencegahannya (Page 3) jenis penyakit unggas Beberapa Jenis Penyakit Unggas, Cara Pengobatan dan Pencegahannya (Page 3) Beberapa Jenis Penyakit Unggas Cara Pengobatan dan Pencegahannya Page 3

Penyakit Candidiasis

Jenis Penyakit Unggas yang satu ini disebabkan oleh adanya cendawan Candida. Gejala pada ayam yang terserang penyakit ini memang tidak terlalu spesifik, namun bisa mengakibatkan pertumbuhan ayam jadi melambat dan ayam mengalami diare. Untuk pencegahan bisa meningkatkan sanitasi dan menghindari pemberian obat, antibiotik, dan coccidiostat. Untuk pengobtannya bisa menggunakan cooper sulfat dengan takaran 1:2000 (1 cooper sulfat dan 2000 bagian air minum).

Penyakit Ringworm

Jenis Penyakit Unggas yang selanjutnya adalah Ringworm, penyakit ini tergolong menular pada bagian permukaan kulit ayam. Gejala klinis yang dialami adalah bercak kecil berwarna putih kotor pada bagian jengger ayam, bercak ini bisa meluas ke bagian yang tidak berbulu pada ayam dibagian kepala. Untuk pencegahannyam, bisa dengan cara menjaga kebersihan kulit dan juga tubuh luar pada ayam. Untuk pengobatannya terdapat 2 cara, yakni dengan cara di oleskan atau pengobatan oral melalui mulut. Obat yang digunakan mengandung lemak, asam salisilat atau yodium sulfa.

Jenis Penyakit Parasit Pada Unggas

Penyakit Ascariacis pada Unggas

Jenis Penyakit Unggas jenis parasit yang pertama adalah Ascariacit, ini adalah penyakit yang menyerang unggas yang disebabkan oleh Ascardia galli. Cacing ini berada di dalam usus dan duodenum dari unggas. Gejala klinis yang dialami jika sudah infeksi berat bisa mengakibatkan mencret berlendir, pertumbuhan lambat, kekurusan, anemia, diare, dan hasil produksi telur menurun. Untuk pengobatan penyait ini bisa dengan pemberian piperazine yang sangat efektif, anda bisa memberikannya pada makanan atau minuman ayam.

Penyakit Coccidiosis

Jenis penyakit unggas yang ini merupakan penyakit parasiter yang ada didalam sitem pencernaan unggas yang disebabkan oleh infeksi protozoa genus Emeria. Penyakit ini tersebar di seluruh dunia dan menjadi penyebaba kerugian ekonomi sangat besar. Bagi hewan yang terserang akan memiliki gejala seperti depresi, anoreksia, bulu berdiri, kekurusan, hingga kematian. Untuk pengobatanya bisa menggunakan obat yang bersifat coccidiostat, obat ini tak akan membasmi seluruh parasit, namun bisa menekan jumlahnya yang ada didalam tubuh.

Penyakit Cacing Mata Pada Unggas

Penyebab dari cacing mata ini karena terdapat O.mansoni. cacing yang berukuran dewasa berukuran 12-18 mm. cacing ini sangat senang tinggal di kelopak mata pada unggas. Bagi unggah yang terjangkit akan menunjukan gejaa radang pada conjunctiva, radang pada mata, hingga kerusakan pada kornea. Cara pencegahannya bisa dengan membersihkan kandang secara teratur. Sementara untuk pengobatanya dengan cara dieteteskan 1-2 tets cresol 5% pade kelopak mata, dan diamkan selama 2-3 menit. Setelah itu bersihkan mata ayam dengan aquades steril.

Penyakit Gurem

Jenis Penyakit Unggas jenis parasit selanjutnya adalah gurem. Hama yang satu ini cukup sulit untuk diberantas, gurem ini akan menghisap darah, hidup bergerombol, dan akan keluar pada saat malam hari. Gejala serangan dari penyakit ini adalah ayam kurang tidur, stres, gelisah, lesu, kurang darah, terganggu saat mengerami telur sehingga banyak yang tidak menetas. Untuk mengobati ayam terhadap parasit ini ialah dengan cara memandikan ayam dengan menggunakan air sabun yang dicampur belerang.

Penyakit Malaria

Penyebab penyakit malaria pada unggas ini disebabkan oleh infeksi protozoa yang termasuk dalam spesies plasmodium sp. Penyakit ini bisa menyerang makhluk hidup berjenis mamalia maupun unggas.  Gejala klinis yang dialami adalah kelemahan, lesu, anemia, occular hemorghi, hingga kematian. Untuk pencegahan, bisa dengan cara membasmi nyamuk penyebab malaria. Untuk pengobatannya sendiri bisa menggunakan chloroquine (dosis 5-10 mg/Kg BB), dan juga primaquine (dosis 0,3 mg/KG BB). Untuk pemberian chloroquine bisa dengan campuran air dengan dosis 250 mg/120 ml.

Demikian informasi dari kami tentang beberapa jenis penyakit unggas, cara pengobatan dan pencegahannya, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: