X
    Categories: Pupuk

Beberapa Macam Pupuk Kimia Terpopuler Yang Digunakan Oleh Petani

Beberapa Macam Pupuk Kimia Terpopuler Yang Digunakan Oleh PetaniPupuk kimia merupakan sejenis pupuk yang dibua melalui pengolahan yang dilakukan oleh manusia dari berbagai bahan mineral. Pupuk kimia ini biasanya kandungannya lebih murni dibandingkan pupuk organik dan bisa dikalkulasi nantinya.

Nah sebagai seorang petani pastinya mereka mengandalkan pupuk kimia ini agar hasil tanam mereka seusai dengan harapan. Selain itu keberadaan pupuk kimia juga meningkatkan hasil panen serta mengatasi berbagai macam penyakit yang tak di inginkan.

Berikut ini kami bagikan informasi tentang beberapa macam pupuk kimia terpopuler yang digunakan oleh petani. Tentu untuk anda yang memliki profesi sebagai petani sudah tak asing dengan berbagai jenis pupuk yang kita bagikan kali ini, karena memang semuanya sering digunakan petani pada umumnya. Yah langsung saja mari kita simak bersama ulasannya dibawah ini:

Beberapa Macam Pupuk Kimia Terpopuler Yang Digunakan Oleh Petani

#Pupuk NPK

Pupuk NPK Mutiara 16-16-16

Pupuk NPK Mutiara 16-16-16 ini adalah sejenis pupuk majemuk yang paling banyak digunakan oleh petani.  Pupuk ini memiliki bentuk berupa butiran berwarna biru langit dan sifatnya mudah larut dalam air. Pupuk NPK Mutiara 16-16-16 ini bisa digunakan pada berbagai macam tanaman, mulai sayuran, tanaman pangan mapun tanaman perkebunan dan industri. Pupuk NPK Mutiara 16-16-16 ini bisa digunakan sebagai pupuk dasar atau pupuk susulan nantinya.

Pupuk NPK Besf 15-15-15

Pupuk NPK Besf 15-15-15 merupakan sejenis pupuk majemuk yang mengandung 5 unsur hara makro dan mikro didalamnya yang sangat dibutuhkan oleh tanaman. Pupuk NPK Besf 15-15-15 ini memiliki bentuk butiran berwarna biru pudar dan biasanya dikemas pada plastik. Saat ini Pupuk NPK Besf 15-15-15 di Indonesia sendiri masih di impor dari Jerman, meskipun harganya cukup mahal, namun pupuk ini masih saja laris dipasaran, karena khasiatnya sangat baik untuk pertumbuhan dari tanaman yang cukup cepat.

Pupuk NPK Phonska

Pupuk NPK Phonska ini telah diproduksi sendiri oleh pemerintah melalui PT. Petrokimia Gresik yang menjadi produsen pupuk terbesar di Indonesia. Pupuk NPK Phonska ini menjadi salah satu pupuk subsidi dari pemerintah, sehingga harganya pun cukup murah. Pupuk NPK Phonska ini tak dijual bebas dan didistribusikan ke petani melalui kelompok tani yang sudah terdaftar.

#Pupuk Phospat

Pupuk Phospat atau lebih populer dikenal oleh para petani dengan sebutan TSP, SP 36 dan juga SP 18. Perbedaan dari ketiga pupuk diatas adalah kandungan yang ada didalamnya. untuk pupuk TSP (memiliki Fosfor 46%), pupuk SP 36 (Fosfor 36%) dan Pupuk SP 18 (kandungan Fosfor 18%). pada umumnya, kategori Pupuk Phospat ini cukup sulit larut didalam air, sehingga penggunannya lebih sering ditaburkan ke bedengan sebagai pupuk dasar atau pupuk susulan.

#Pupuk Nitrogen

Pupuk Urea

Yang masuk kedalam kategori Pupuk Nitrogen yang pertama adalah Pupuk Urea. Pupuk jenis ini memiliki kadar Nitrogen (N) yang cukup tinggi.  Pupuk Urea memiliki bentuk butiran kristal berwarna putih, dan pupuk ini memiliki sifat mudah larut dalam air. Maka dari itu Pupuk Urea ini sebaiknya disimpan pada tempat yang kering dan tertutup rapat.

Pupuk ZA

Pupuk ZA ini masuk dalam kaetgori pupuk dengan kandungan Nitrogen rendah, kandungannya masih lebih rendah dibandingkan Pupuk Urea. Pupuk ZA ini memiliki bentuk kristal berwarna putih atau orange, sifatnya juga mudah larut dalam air namun tidak menghisap air. Selain itu, senyawa kimianya stabil, sehingga bisa disimpan dalam kurun waktu yang cukup lama. Pupuk ini cocok untuk pupuk dasar maupun pupuk susulan nantinya.

Pupuk Cantik

Pupuk Cantik ini merupakan pupuk majemuk yang memiliki kandungan unsur Nitrogen dan Calsium didalamnya. Pupuk Cantik memiliki bentuk berupa butiran berwarna putih susu, memiliki sifat menyerap air dan mudah larut dalam air, pupuk ini juga cukup mudah untuk diserap oleh akar tanaman.

#Pupuk Kalium

Pupuk Kalium Clorida

Pupuk Kalium Clorida atau biasa disebut KCL ini memiliki bentuk kristal berwarna merah atau putih.  Pupuk Kalium Clorida ini sangat cocok diterapakan untuk tanaman yang membutuhkan Kalium karena memiliki sifat toleran pada unsur Clorida. Manfaat pupuk KCL ini adalah untuk menguatkan batang tanaman, merangsang pertumbuhan dan perkembangan akar, hingga meningkatkan kualitas buah.

Pupuk Kalium Sulfat

Pupuk Kalium Sulfat ini menjadi pupuk kalium pertama yang ada di Indonesia. Pupuk Kalium Sulfat ini memiliki bentuk butiran kecil berwarna putih. Sifatnya tidak menyerap air dan juga bisa bereaksi asam apabila terkena tanah. Pupuk Kalium Sulfat ini bisa ditemui dengan 2 macam, yakni ZK 90 dan ZK 96.

#Kapur Pertanian

Pupuk Dolomit

Pupuk Dolomit ini memiliki kandungan kalsium dan magnesium didalamnya. Pupuk Dolomit biasa digunakan untuk mengapur tanah yang asam, dan bisa dikatakan jika ini kapur ini paling baik dibanding lainnya. Kandungan didalam Pupuk Dolomit adalah Kalsium oksida dan juga magnesium oksida 47% serta kalsium karbonat dan magnesiumkarbonat 85%.

Kapur Tohor

Kapur Tohor atau yang lebih dikenal sebagai kalsium oksida (CaO). Kapur ini berfungsi untuk menaikkan pH tanah, meningkatkan ketersediaan unsur hara dalam tanah, hingga menteralisir senyawa beracun yang ada didalam tanah. Kapur Tohor ini berfungsi untuk memacu pertumbuhan akar dan membentuk pertumbuhan akan jadi lebih baik, membuat tanaman lebih hijau dan segar, serta meingkatkan produksi dan mutu hasil panen.

#Pupuk daun

Pupuk daun merupakan pupuk pelengkap yang biasa digunakan dengan cara disemprotkan kedaun dan seluruh bagian tanaman. Pupuk daun ini bahkan selalu digunakan dihampir seluruh kegiatan bercoco tanam, karena peran unsur hara mikronya yang sangat penting.

Pupuk kalsium

Terkadang, pemberian pupuk dolomit serta kapur saja tak cukup untuk memenuhi kebutuhan tanaman akan unsur calsium, maka dari itu pemberian Pupuk kalsium ini perlu dilakukan agar kebutuhan calsium lebih optimal nantinya. Pemberian pupuk ini bisa dengan cara dikocor serta disemprotkan kesleuruh bagian tanaman nantinya.

Nah itu beberapa macam pupuk kimia terpopuler yang digunakan oleh petani, semoga artikel yamg kam bagikan kali ini bermanfaat. Terimakasih.

wijaya :