X

Beberapa Tumbuhan Yang Bisa Digunakan Untuk Membuat Pestisida Nabati

Beberapa Tumbuhan Yang Bisa Digunakan Untuk Membuat Pestisida Nabati Pestisida nabati adalah sebuah jenis pestsida non kimia yang bahan pembuatannya menggunakan berbagai bahan alami dari tumbuh-tumbuhan. Tumbuhan yang ada disekitar kita ini ternyata menjadi potensi yang sangat luar biasa untuk dimanfaatkan sebagai pembasmi hama.

Nah kita sebagai manusia, hanya perlu bertugas untuk menggali potensi tersebut agar nantinya bisa dimanfaatkan dengan baik. Dengan semakin tingginya kesadaran kita tentang bahayanya pestisida kimia, maka dari itu sudah saatnya kita mulai mencari solusi terbaik dengan memanfaatkan potensi alam tersebut.

Beberapa bahan yang bisa digunakan untuk pestisida nabati ini antara lain : baawang putih, daun tembakau, daun sirsak, daun pepaya, jeringau, dan masih banyak lagi. Bahan bahan yang kita sebutkan ini haruslah mengandung zat yang mampu digunakan untuk menghalau dan bahkan bisa untuk memusnahkan ham tanaman. Beberapa hama tanaman yang kita maksud disini adalah semut, ulat, thrips, tungau, bisa dibasmi dengan mengguanakan ekstrack dari beberapa bahan tersebut. Berikut ini penjelasan tentang kandungan zat serta jenis hama yang bisa digunakan untuk pestisida kimia:

Tembakau

Didalamnya mengandung nikotin. Dengan menggunakan air rendaman tembakau ini sangat efektif untuk mengendalikan thrips, kutu daun, ulat, dan tungau karena rasanya yang sangat pahit.

Daun pepaya

Memiliki kandungan zat papain dan rasanya juga pahit. Dengan menggunakan air aun pepaya berkhasiat untuk mengendalikan hama penghisap daun dan juga ulat.

Bawang putih

Kandungan yang ada didalam bawang putih salah satunya adalah sulfur (belerang) dan juga amonia yang mampu membuatnya memiliki bau yang sangat menyengat. Bau ini akan semakin menyengat jika sulfur diterbangkan oleh aminia keudra. Bau yang menyengat dari bawang putih ini yang sangat menyengat vtidak disukai oleh beberapa hama dan juga serangga, jadi bisa mengusirnya.

Biji jarak

Didalam biji jarak mengandung zat reosom dan kiha alkaloit dan bisa dimanfaatkan untuk mengendalikan hama ulat dan penghisap

Daun sirsak

Daun  sirsak didalamnya memiliki kandungan zat annonain dan juga resin. Zat ini sangat berguna untuk mengatasi serangan hama thrips.

Jeringau

Rimpang jeringau ini memiliki kandungan zat arosone, metil eugenol dan juga kalomenol yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi hama wereng coklat

Daun sirih hutan

Kandngan fenol dan kavokoldidalam daun sirih hutan ini mampu dimanfaatkan untuk mengatasi thrips, hama tungau dan juga kutu penghisap.

Pacar china

Pacar china didalamnya memiliki kandungan senyawa alakloid, flavonoin minyak atsiri, dan juga tanin. Kandungan ini bisa dimanfaatkan untuk mennghalau hama kutu dan ulat.

Daun mimba

Daun mimba memiliki kandungan salanin, zat anonain, meliantrilol dan juga nimbinen yang berkhasiat untuk mengendallikan hama ulat, bakteri, kutu dan nemtoda

Srikaya

Srikaya memiliki kandungan resin dan zat annonain yang sangat efektf untuk mengendalikan kutu penghisap dan juga hama

Umbi gadung

Umbi gadung memiliki kandungan steroid saponin, diosgenin, fenol, dn alkohol. Kandungan ini berguna untuk emngendalikan hama ulat dan kutu penghisap.

Demikian informasi dari kami tentang beberapa tumbuhan yang bisa digunakan untuk membuat pestisida nabati, semoga bermanfaat.

wijaya :