Begini Cara Membedakan Ikan Nila dan Mujair Yang Perlu Kita Ketahui

Cara Membedakan Ikan Nila dan Mujair – Anda ingin Budidayakan Ikan Nila dan Ikan Mujair? Maka anda harus mengetahui jenis dari ikan tawar tersebut. Dimana kedua jenis ikan yang telah dibudidaya tergolong ikan yang menmang sangat mudah untuk dikembangbiakkan dan juga memiliki adaptasi dengan baik di berbagai kondisi lingkungan tersebut.

Pasti anda sudah sangat sering mendengar ikan nila ataupun ikan mujair yang merupakan ikan paling sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia pada umumnya. Tidak hanya itu saja, maka cukup mudah diperoleh lantaran banyak dijual di pasar tradisional.

Begini Cara Membedakan Ikan Nila dan Mujair Yang Perlu Kita Ketahui Cara Membedakan Ikan Nila dan Mujair Begini Cara Membedakan Ikan Nila dan Mujair Yang Perlu Kita Ketahui Cara Membedakan Ikan Nila dan Mujair

Ikan nila dan mujair terdapat rasa daging yang banyak dan gurih. Sering kali banyak orang masih tak bisa membedakan ikan mujair dan juga ikan nila. Memang kalau dilihat sekilas maka ikan nila dan mujair ini tak memiliki perbedaan yang cukup mencolok.

Meski tampak sama, ikan nila dan mujair ini telah memiliki perbedaan yang tak jarang orang mengetahuinya. Kalau diperhatikan secara teliti maka ikan nila dan mujair telah memiliki banyak perbedaan. Paling utama pada bagian luar tubuh dan kedua ini juga memiliki perbedaan yang sangat kentara.

Kalau kita lihat dari segi ekonomisnya maka ikan nila dan mujair sangat berbeda. Dimana bisnis budidaya ikan nila maka lebih sering menguntungkan dibandingkan ikan mujair. Karena konsumen lkebih suka dengan rasa ikan nila dibandingkan mujair.

Tidak perkara itu saja, pertumbuhan ikan nila memang jauh lebih cepat dan juga ukurannya lebih besar dari ikan mujair. Lantas apa perbedaan Ikan Nila dan Ikan Mujair?

Jika diperhatikan secara seksama maka perbedaan kedua ikan tersebut memang sangat mudah dalam membedakannya. Bentuk dan ukuran tubuhnya pun sudah jelas memiliki banyak perbedaan. Dimana pada bagian anggota tubuhnya Ikan Nila dan Ikan Mujair terdapat ukuran, bentuk, coran warna yang berbeda.

Sedangkan pada bagian kepala, sirip, ekor dan juga tubuh juga memiliki perbedaan yang cukup tampak. Ternyata ada 9 perbedaan ikan Nila dan Ikan mujair seperti dalam keterangan ini.

Ikan Nila memiliki ukuran tubuh lebih besar, bentuk tubuh lebih lebar dan bulat, bagian mulut kecil, bagian wajah tidak bertotol. Memiliki mata besar, sirip punggung yang lebih panjang tulang sirip tampak jelas dan tajam.

Untuk sirip belakang terdapat garis-garis memotong tulang sirip, bagian sirip bawah lebih pendek dan melebar. Ekor terdapat garis-garis telah memotong tulang ekor tersebut.

Sedangkan untuk Ikan Mujair yang memiliki ukuran tubuh lebih kecil, bentuk tubuh lebih memanjang, bagian mulut lebih besar. Sedangkan wajah bertotol, sedangkan mata lebih kecil. Sirip punggung yang lebih pendek ujung sirip berwarna kemerahan, untuk sirip belakang tak terdapat garis-garis. Di bagian sirip bawah lebih lonjong berwarna hitam, dan ekorpun lebih hitam tak memiliki garis-garis.

Pada umumnya  Ikan Nila dan Mujair dapat dibedakan sangat mudah yaitu perhatikan ukuran tubuh, bentuk tubuh serta ukuran, bentuk dan warna bagian tubuh pada kedua jenis ikan. Bila anda perhatikan beberapa bagian tubuh ikan Nila dan Ikan Mujair memang sangat beda dan pastikan anda bisa membedakannya.

Itulah 9 cara untuk membedakan Ikan Nila dan Ikan Mujair dari berbagai segi di bagian tubuhnya. Jika anda ingin membudidayakan maka sudah bisa melihat dan bedakan sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang ingin membudidayakan kedua ikan tersebut.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: