Begini Tips Budidaya Ikan Gurame Pada Tahap Pemeliharaan Larva Sampai Pendederan

Budidaya Ikan Gurame Pada Tahap Pemeliharaan Larva Ikan Gurame memang memiliki daging yang enak dan sering di konsumsi banyak orang. Oleh karena itu harus di lestarikan dan juga di budidayakan supaya tidak punah. Perlu anda ketahui bahwa usai menetas, maka larva bisa dipelihara yang diletakkan tersendiri pada wadak penetasan hingga berusia 6-9 hari.

Setelah itu larva bisa dipindah pada wadah besar. Bila pada saat penetasan yang dilakukan di aquarium maka larva tak perlu dipindah. Pada tahap pemeliharaan larva, untuk pergantian airnya perlu anda lakukan ketika minyak yang telah dihasilkan pada saat penetasan sangat banyak.

Begini Tips Budidaya Ikan Gurame Pada Tahap Pemeliharaan Larva Sampai Pendederan Budidaya Ikan Gurame Begini Tips Budidaya Ikan Gurame Pada Tahap Pemeliharaan Larva Sampai Pendederan Begini Tips Budidaya Ikan Gurame Pada Tahap Pemeliharaan Larva Sampai Pendederan

Jika larva sudah anda beri makan, maka pergantian air bisa anda lakukan untuk bersihkan wadah dari kotoran dari sisa makanannya. Pada saat pergantian air yang anda lakukan maka perlu adanya perhatian untuk kondisi air, jika tampak keruh maka harus anda ganti.

Dalam tahap pemeliharaanb larva 15-20 ekor per liter air. Larva bisa anda beri pakan mulai umur 6-9 hari usai menetas. Sedangkan untuk pakan larva ikan gurame ini bisa berupa cacing tubifex, artmia, moina maupun daphnia yang ukurannya sesuai dengan mulut anak ikan tersebut. Sebaiknya kualitas air bisa anda pertahankan pada suhu 29-30 derajat celcius dengan nilai pH 6.5 – 8.0 serta memiliki ketinggian air 15-20 cm.

Tahap Pendederan

Pada saat pendederan yang merupakan tahap pemeliharaan dimulai dari larva lepas serang hingga capai ukuran siap untuk dibesarkan pada kolam pembesarannya. Sedangkan utnuk pendederan ikan gurame sendiri memiliki tiga tahap diantaranya pendederan 1 yang terdapat benih ukuran 1 cm, pendederan 2 masuk pada benih ukuran capai 3-5 cm, pendederan 3 maka ukuran capai 5-8 cm.

Pendederan Ikan Gurame Tahap 1

Dalam Tahap pertama ini merupakan tahap dimana pemeliharaan larva usai menetas sampai memiliki ukuran 1 cm. Dimana pada tahap awal ini memang sangat rentan dan juga butuh perhatian sangat khusus supaya ikan gurame sehat.

Perlu anda pahami bahwa benih ikan gurame yang masih kecil maka sangat sensitive terhadap perubahan lingkungan semisal suhu air, pH serta faktor lainnya. Pendederan pada tahap awal ini perlu waktu 30 – 40 hari dan hal tersebut menggunakan pendederan tradisional atau intensif.

Pendederan Awal Menggunakan Cara Tradisional

Pada saat pendederan menggunakan cara tradisional ini maka bisa dilakukan di sawah yang manfaatkan waktu tunggu benih padai sampai siap tanam. Beberapa hal yang perlu anda kerjakan dalam pendederan tahap awal secara tradisional ini.

  • Persiapan Lahan
  • Pengairan
  • Penerbaran Benih
  • Pemberian Pakan

Pendederan Awal Menggunakan Cara Intensif

Adanya perbedaan dengan cara tradisional, untuk pendederan awal menggunakan cara intensif bisa anda lakukan dengan manfaatkan bak terpal atau beton dan adapun tahap serta tips pendederan secara intensif.

  • Siapkan bak beton dengan ukuran 3 x 1,5 m, tinggi 0,5 m. 1 set aerator, pompa air, alat pemanas, selang dan filter.
  • Setelah semua tersedia serta bak beton bisa anda seterilkan lebih dulu menggunakan formalin.
  • Bak diisi air dengan volume 20 cm, lalu diberi metilin blue 1% sebanyak 30ml.
  • Larva gurame bisa anda masukkan dalam bak dengan padat tebar 1000-1200 ekor, lalu pasang aerator.
  • Usai kuning telur habis maka larva diberi pakan moina atau artemia secukupnya untuk 2 hari, kalau sudah maka hari berikutnya bisa diberi pakan pelet ukuran Do.
  • Selama prosesi pendederan air harus dikontrol supaya memiliki kualitas yang baik dengan pH 6.5 – 7 dan suhu 27-28 derajat celcius.
  • Pendederan Ikan Gurame Tahap 2

Pada tahap ini merupakan pemeliharaan ikan gurame yang memiliki ukuran 1 cm sampai 3,4 cm dengan tahap ini maka butuh waktu 2-3 bulan lamanya.

Pendederan Ikan Gurame Tahap 3

Pendederan ini adalah benih gurame yang masih berukuran 5 sampai 6-8cm dengan kurun waktu 2-3 bulan. Pengerjaan pada tahap ini anda persiapkan kolam 50-70 cm, padat tebar 25-35 ekor/m2 , dan pelet, daun untuk pakan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: