Berikut Manfaat dan Kandungan Senyawa Dalam Buah Gandaria!

Kandungan Senyawa Dalam Buah Gandaria – Gandaria merupakan sejenis tumbuhan di daerah tropis yang berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai obat herbal. Tumbuhan yang disebut sebagai Exotic Fruit ini konon berasal dari Indonesia dan juga Malaysia. Namun sebenarnya tamanan ini merupakan buah khas Maluku yang tersebar di Amboon, Saparua, Malaysia, Jawa Tengah, Jawa Barat, Kalimantan, dan Sumatera.

Nama Lain Buah Gandaria

Di Indonesia sendiri, Gandaria ini memiliki banyak sekali nama lokal sesuai daerah tumbuhnya, seperti Jatake, Pao Gandaria (Madura), Barania (Dayak), Remieu (Gayo), dandoriah (Minankabau),Asam Djanar, Ramania Hutan,, rengas, ramania pipit, kedjauw lepang, kundang rumania, umpas, tolok burung (Kalimantan).

Berikut Manfaat dan Kandungan Senyawa Dalam Buah Gandaria! Kandungan Senyawa Dalam Buah Gandaria Berikut Manfaat dan Kandungan Senyawa Dalam Buah Gandaria! Manfaat dan Kandungan Senyawa Dalam Buah Gandaria

Kandungan Senyawa Buah Gandaria

Didalam buah Gandaria ini memiliki kandungan minyak essensial, dan minyak ini masuk dalam golongan hidrokarbon terpena. Selain itu ada pula senyawa lain yang mengandung oksigen seperti alkohol, asam, ester, aldehid, dan juga keton. Dalam jus buah Gandaria ini memiliki senyawa metabolit sekunder berupa fenolat dan saponin, serta ddidalam biji gandaria memiliki senyawa metabolit primer flavanoid antosianin.

Senyawa Keton yang terdapat dalam gandaria diantaranya 5,6- dekanedion, asetil valeril  dan asetofonon. Sementara itu untuk senyawa ester yang ada dalam buah ini seperti asam heksanediat, bis(2-etil) ester, asam pentanoat, 2-propenil ester. Lalu untuk kandungan asam yang ada dalam buah ini seperti trimetilasetat anhidrat, asam dodekanat, asam nheksadekanat, dan asam oleat.

Aktivitas antioksidan dalam buah ini berasal dari saponin, flavanoid, dan fenolik . senyawa ini bisa mengikat berbagai radikal bebas dikarenakan memiliki gugus hidroksil yang berfungsi untuk reduktor yang bertindak sebagai donor hidrogen terhadap radikal bebas, atau bisa termasuk kedalam golongan senyawa yang memiliki peran sebagai antioksidan.

Didalam tanaman Gandaria memiliki profil asam amino essensial, proksimat, dan mineral kaliam yang melimpah dan logam berat, diantaranya kadmium, nikel, air, protein, lemak, merkuri, timah dan arsenik, karbohidrat, serat, besi, natrium, kalium, abu, kalsium, forfor,karoten, vitamin A, B1, B2, dan C, kriptosantin, niacin, lutein, ∝-karoten dan ß-karoten, riboflavin, tiamin.

Manfaat dan Khasiat Buah Gandaria

Buah yang memiliki bentuk bulat dan aroma khas seperti terpenting ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, buah ini bisa dimakan langsung setelah dipetik atau dirujak, dan rasanya segar. Berikut beberapa khasiat dan manfaat dari buah Gandaria yang perlu anda ketahui:

  • Mengobati sariawan
  • Menjaga Kesehatan kulit
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Sebagai anti oksidan
  • Mempercepat kesembuhan luka
  • Mengobati radang/gusi berdarah
  • Mengurangi resiko serangan kanker
  • Melancarkan peredaran darah
  • Melindungi paru-paru
  • Melindungi otak
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Menetralkan racun dalam tubuh

Deskripsi Singkat Buah Gandaria

Buah Gandaria ini bisa tumbuh di dataran rendah dan dataran tinggi, sehingga cukup mudah untuk menanamnya. Pohon Gandaria memiliki batang kayu yang sangat kuat, dan tingginya bisa mencapai 27 meter dengan diameter 55 cm. daun gandaria memiliki bentuk lonjong dengan diameter 11,5 – 30 cm dengan lebar 4-8 cm berbentuk baji.

Buah gandaria memiliki bentuk bundar dengan diameter 3.5-5 cm x 3.4-5 cm, berwarna hijau saat mudah dan saat matang warna berubah menjadi oranye. Kulit buah ini bisa dimakan, berair, rasanya manis atau asam, dan daging buaghnya memiliki warna kuning oranye. Dalam satu buah memiliki satu biji dengan kotiledon berwarna biru keungguan.

Itulah sedikit penjelasan mengenai manfaat dan kandungan senyawa dalam buah gandaria, semoga bisa menambah pengetahuan anda semua. Terima kasih

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: