X

Cara Ampuh Membasmi Hama Wereng Menggunakan Bunga Matahari

Cara Ampuh Membasmi Hama Wereng Menggunakan Bunga Matahari  – Hama wereng sampai saat ini nampaknya masih menjadi musuh besar  para petani. Kebanyakan para petani selama ini menggunakan pestisida kimia untuk membasmi hama wereng. Namun siapa sangka jika penggunaan pestisida tidak dilakukan dengan tepat maka akan membuat populasi hama wereng semakin meningkat. Selain itu, dengan penggunaan pestisida kimia juga tidak baik bagi kesehatan.

Sampai saat ini rupanya padi masih menjadi salah satu tanaman yang rawan terhadap serangan hama wereng. Keberadaan hama wereng dalam tanaman padi dalam jumlah yang cukup banyak bisa membuat padi mengering atau biasa di disebut “Hopperburn”.

Secara tidak langsung keberadaan hama wereng pada tanaman padi bisa menghambat pertumbuhan padi dengan cara menghisap cairan yang ada pada tanaman tersebut. Selain itu hama wereng rupanya juga bisa menularkan virus yang menyebabkan penyakit kerdil rumput dan kerdil hampa.

Pengendalian hama wereng menggunakan konsep Pengelolaan Hama Tepadu (PHT).

Seperti yang diketahui jika salah satu upaya yang bisa kita lakukan untuk mengendalikan populasi hama wereng pada taman padi dengan menggunakan konsep PHT ini. Dimana dalam konsep PHT terdapat sederet komponen seperti kultur teknis, penggunaan varietas tahan, pemanfaatan musuh alami dan yang terakhir insektisida.

Insektisida baru bisa digunakan jika komponen sebelumnya tidak bisa mengurangi populasi hama wereng. Dalam konsep PHT, penggunaan insektisida sebaiknya dilakukan seminimal mungkin dan tidak sembarangan. Jika penggunan insektisida tidak dilakukan dengan baik maka akan menimbulkan berberapa dampak negatid seperti resurjensi dan resistensi hama sasaran. Apa itu resurjenji dan resistensi?

Rejustensi  adalah peningkatan populasi hama setelah melakukan insektisida. Sementara resistensi merupakan timbulnya sifat kekebalan hama terhadap bahan aktif insektisida. Untuk resistensi sendiri mulai timbul jika penggunaan insektisida tidak terkendali dengan baik.

Meningkatkan populasi musuh alami hama wereng dengan tanaman rerugia bunga matahari.

Bagi para petani Refugia merupakan sebuah tanaman yang mempunyai tempat perlindungan, sumber pakan yang lain bagi musuh alami seperti predator dan parasitoid. Refugia mempunyai beberapa fungsi salah satunya adalah mikrohabitat yang diharapkan bisa membberikan kontribusi saat melakukan konservasi musuh alami.

Bunga Matahari sebagai pengendali hama wereng pada tanaman padi.

Dibalik penampilannya yang indah ternyata bunga matahari ini juga mempunyai banyak manfaat. Selama ini masyarakat luas hanya mengetahui jika bunga berwarna kuning ini hanya bisa dijadikan hiasan saja namun siapa sangka jika dibalik penampilannya yang indah ternyata bunga matahari merupakan salah satu cara alami untuk mengurangi populasi hama wereng.

Bunga matahari merupakan salah satu tanaman refugia yang cukup efektif untuk mengendalikan populasi hama wereng. Kenapa bunga matahari dianggap efektif untuk mengurangi hama wereng hal ini disebabkan karena pembudidayaan yang mudah, bisa tumpangsari dengan tumbuhan yang lain dan warna bunga yang cerah sehingga bisa menarik perhatian serangga. Aeperti presatior jenis Pirate bungs yang bisanya memangsa aphidsm, mites, white flies, thrips dan beneficial nites.

Cara menanam refugia bunga matahari yang baik dan benar.

  • Sebelum ditanam sebaiknya tanah di gembur terlebih dahulu dan diberi pupuk secukupnya. Pastikan biji bunga matahari yang digunakan benar-benar yang sudah tua supaya hasilnya nanti sesuai dengan harapan.
  • Meskipun penanaman refugia bunga matahari ini tidak berbeda jauh dengan tanaman yang lainnamun rupanya dalam penanaman tanaman refugia ini juga membutuhkan koordinasi sekaligus kerjasam antara petani yang cukup baik supaya bisa mengendalikan pertumbuhan hama wereng dengan baik. Para petani harus kompak melakukan penanaman bunga matahari dan sepata menggunakan insektisida kimia jika hama wereng sudah sangat banyak.
  • Sementara untuk lokasi penanam bunga matahari inidilakukan di tepi sawah dan tidak terlalu dekat dengan tanaman padi.
  • Penanaman bunga matahari ini sebaiknya dilakukan saat pengolahan lahan. Hal ini dilakukan supaya pada saat tanaman padi sudah mulai tumbuh bunga matahari sudah mulai berbunga.

Sekian informasi dari kami tentang cara ampuh membasmi hama wereng menggunakan bunga matahari. Semoga informasi yang sedikit tadi bisa bermanfaat dan menambah wawasa untuk anda semua. Terima kasih

wijaya :