Cara Budidaya Jagung Tanpa Menyiangi Gulma

Cara Budidaya Jagung Tanpa Menyiangi GulmaTanaman jagung memang sering ditanam oleh petani, pada saat membudidayakan tanaman jagung ada teknik atau cara tersendiri supaya lebih baik yaitu membudidaya jagung olah tanam sempurna (OTM), sistem tanpa olah tanah, sistem olah tanah minuman atau bsistem tumpangsari.

Pada usaha budidaya telah menanam jagung dengan sebuah teknik apapun yang memiliki tujuan sama yaitu memperoleh hasil cukup maksimal dengan adanya biaya produksi minimal. Sedangkan biaya produksi  yang dibutuhkan pada saat tanam jagung diantaranya yaitu pembukaan lahan, pengolahan tanah, penyediaan bibit, pembelian pupuk, biaya pengendalian gulma ataupun tenaga kerja.

Cara Budidaya Jagung Tanpa Menyiangi Gulma Cara Budidaya Jagung Cara Budidaya Jagung Tanpa Menyiangi Gulma Cara Budidaya Jagung Tanpa Menyiangi Gulma

Diketahui bahwa matun merupakan kegiatan pemberian gulma diantara tumbuhan budidaya. Pada budidaya menanam jagung merupakan kegiatan membersihkan gulma (matun) yang bisa anda lakukan 2-3 kali dalam satu musim tanam.

Jenis Gulma Pada Tanaman Jagung

  1. Gulma berdaun lebar
  2. Gulma golongan rumput, dan
  3. Gulkma berdaun semput

Cara Kendalikan Gulma Untuk Tanaman Jagung

Teknik dalam pengendalian gulam untuk tanaman jagung bisa anda lakukan beragam macam cara diantaranya yaitu manual, teknik budidaya, mekanis ataupun herbisida. Sedangkan untuk pengendalian gulma sendiri yang secara manual atau biasa disebut dengan matun merupoakan pengendalian gulma yang digunakan menggunakan tenaga manusia serta alat sederhana.

Tetapi, dengan cara pengendalian gulma cara manual kurang efisien, disamping itu harus mengerahkan banyak tenaga kerja, waktu dan juga pelaksanaan cukup lama dan habiskan biaya lebih banyak. Untuk pengendalian gulma yang menggunakan herbisida butuh lebih sedikit tenaga kerja serta waktu pelaksaan yang cukup singkat. Oleh karena itu, menggunakan cara ini maka bisa mengurangi biaya produksi dan juga keuntungan petani lebih meningkat.

Janis Herbisida

Anda sudah bisa menemukan Herbisida di pasaran, merek, bahan aktif dan juga cara kerja ataupun karakteristik pada saat mengaplikasikannya, selain itu juga terdapat tiga jenis herbisida diantaranya yaitu:

  • Herbisida pratumbuh merupakan herbisida yang telah diaplikasikan sebelum gulma tumbuh.
  • Herbisida pasca tumbuh yaitu untuk diaplikasikan usai gulma tumbuh
  • Herbisida pascatumbuhan awal yang bisa diaplikasi pada awal pertumbuhan biji-biji gulma.

Teknik Budidaya Tanaman Jagung Tanpa Harus Matun

Dalam jenis herbisida kontak, sistemik serta herbisida non selektif yang digunakan untuk kendalikan gulma pada tumbuhan jagung. Cara untuk mengaplikasikan harus lebih hati-hati supaya herbisida tak terkena tumbuhan jagung, semisal memiliki teknik direct spray yang terdapat corong. Namun teknik itu masih kurang efektif, lantaran membutuhkan waktu untuk mengaplikasikan cukup lama.

Saat ini sudah banyak yang beredar herbisidan selektif dapat digunakan secara langsung diatas tanaman jagung dan tidak membunuh tanaman. Herbisida selektif ini telah khusus untuk gulma yang terdapat pada tanaman jagung dengan adanya bahan aktif tunggal yang merupakan ametrin serta atraziun, mesotrion.

Begini cara mengaplikasikan herbisida selektif untuk tanaman jagung yang akan disemprot pada tumbuhan jagung yang masih berumur 7 hingga 14 hari usai penanaman. Ataupun pada saat tumbuhan jagung sudah memiliki 3-4 helain daun yang memiliki dosis 1.5 liter per hektar serta volume semprot 400 – 600 liter per hektar.

Teknik Mengaplikasikan Herbisida Selektif Supaya Gulma Tak Cepat Tumbuh

  1. Pertama, semprotan herbisida sistemik 10 atau 7 hari sebelum penanaman
  2. Kedua, semprot bisa anda lakukan sebelum gulma berbunga
  3. Ketiga, sebelum satu hari tanam tanah maka disemprot terlebih dulu menggunakan herbisida kontak
  4. Keempat, dalam mengaplikasikan herbisida selektif 7 atau 4 hari usai tanam, bisa juga pada saat tanaman jagung terdapat 3-4 helai daun. Adapun maskimum gulma memiliki tinggi 10 cm atau memiliki 4 helai daun.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: