Cara Jitu Pengendalian Rumput Belulang (Eleusine Indica) Rumput Lulangan Dijamin Mati Total

Cara Jitu Pengendalian Rumput Belulang (Eleusine Indica) Rumput Lulangan Dijamin Mati Total  – Rumput Belulang atau yang mempunyai nama latin Eleusine indica merupakan sebuah gulma yang paling bandel. Rumput jenis ini tidak akan mati saat disemprot menggunakan herbisida jenis apapun. Berbeda dengan rumput yang lain rumpu belulang ini mempunyai akar yang sangat kuat.

Selain itu rumput ini juga mempunyai ciri-ciri seperti bentuknya yang menyerupai pita, kelopak daunnya halus, mempunyai lebar rata-rata 3-8 mm, bentuk bunga seperti payung yang mempunyai 2-12 spikes tegak sedikit mendatar.

Cara Jitu Pengendalian Rumput Belulang (Eleusine Indica) Rumput Lulangan Dijamin Mati Total Pengendalian Rumput Belulang Cara Jitu Pengendalian Rumput Belulang (Eleusine Indica) Rumput Lulangan Dijamin Mati Total Cara Jitu Pengendalian Rumput Belulang

Rumpul Belulang ini tumbuh dengan sangat cepat menggunakan biji. Bagi para petani rumput jenis ini merupakan salah satu rumput yang paling dimusuhi sebab hampir setiap musim rumput ini bisa tumbuh sebanyak 50.000 – 135.000 biji.

Di Indonesia sendiri rumput ini menjadi salah satu gulma yang sangat merugikan. Meskipun bisa tumbuh dengan mudah dan cepat akan tetapi rumput ini hanya bisa tumbuh di daerah yang mempunyai tinggi kurang lebih 1,5 meter dari atas permukaan laut. Rumput belulang ini bisa tumbuh dengan cepat meskipun di tempat terbuka dan minim air.

Jika tidak ditangani dengan baik maka rumput belulang ini bisa tumbuh dengan sangat cepat. Bagi para petani cabai jika rumput ini tidak segera dibasmi maka dalam satu musim rumput belulang ini bisa menutupi area persawahan.

Tak hanya tumbuh dengan sendirinya ternyata penyebaran rumput ini juga bisa dibantu oleh manusia, seperti saat hujan biji rumput belulang ini akan menempel di kaki maupun sepatu petani  secara tidak langsung biji rumput ini akan menyebar sesuai dengan rute yang kita lewati.

Berikut Adalah Cara Jitu Pengendalian Rumput Belulang Dengan Baik dan Aman.

Suatu hari kita sempat melakukan percobaan membasmi rumput belulang menggunakan herbisa dengan dosi 200 cc/tangki 16 liter. Kemudian kita tuangkan 2 sendok makan deterjen bubuk. Penambahan deterjen ini diharapkan bisa membuat rumput bandel tersebut mati. Cara yang pertama ini memang bisa membuat rumput belulang mati akan tetapi hanya bagian yang masih muda saja sementara untuk yang tua masih terlihat segar.

Kemudian untuk cara kedua disini kita menggunakan 3 ramuan sekligus yaitu 2 jenis herbisida yang dicampur dengan deterjen bubuk. Kali ini kita herbisida yang kita gunakan merupakan herbisida yang berbahan aktif Paraquat Dikloroda yang kemudian dicampur dengan herbisida sistemik selektif yang terbuat dari bahak aktif Diuron 80%.

Tak disangka cara kedua ini lebih mujarab dari pada cara yang pertama selang beberapa waktu setelah penyemprotan rumput belulang mati dengan merata mulai dari yang muda sampai yang tua.  Sementara untuk penyemprotan sendiri tidak bisa dilakukan dengan sembarangan berikut adalah tkaran sekaligus waktu yang tepat untuk penyemprotan rumput belulang  :

  1. Pertangki sprayer ukuran 15-16 liter kita menggunakan Prawuat dikloroda sebanyak 150 ml yang dicampur dengan 2 sendork makan Diuron dan 2 sednrok makan deterjen bubuk.
  2. Sementara untuk waktu penyemprotan hanya dilakukan satu kali dalam sehari. Untuk hasil yang maksimal lebih baik penyemprotan dilakukan pagi atau sore hari. Jika penyemprotan dilakukan siang hari maka hasil yang didapat kurang memuaskan.

Jenis-Jenis Herbisida Yang Bisa Digunakan Untuk Membasmi Rumput Belulang.

No. Bahan Aktif Paraquat Bahan Aktif Diuron
1 Bravoxone Daimex 80 WP
2 Gramoxone Viaron 80 WP
3 Gemaxone Karmex 80 WT
4 Kresnaxone Torero 80 WP
5 Tamaxone Biuron 80 WP
6 Zenus DKHexaron 60 WG
7 Turmadon Ronindo 80 WP
8 dan lain sebagainya Dan lain sebagainya

 

Untuk Herbisida sistemik selektif berbahan aktif diuron terdiri dari dua jenis yaitu berbentuk tepung dan cair. Dalam percobaa kali ini kita menggunakan yang tepung. Berikut adalah takaran herbisida yang sudah pernah kita gunakan untuk tangki ukuran 16 liter :

  • 2 sendok makan Daimex + 150 cc Garmoxone + 2 sendok makan deterjen bubuk.
  • 2 sendok makan Daimex + 150 cc Turmadon + 2 sendok makan deterjen bubuk.
  • 2 sendok makan Biuron + 150 cc Turmadon + 2 sendok makan deterjen bubuk.

Dari ketiga cara jitu pengendalian rumput belulang diatas hampir semuanya memperlihatkan hasil yang bagus. Jika sudah melakukan penyemprotan namun rumput belulang belum juga mati penyemprotan bisa dilakukan lagi. Untuk menghemat biaya sekaligus penggunaan herbisida sebaiknya penyemprotan dilakukan sebelum rumput belulang berbunga.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: