Cara Kerja, Manfaat, dan Golongan Bahan Aktif Fungisida Mancozeb

Fungisida Mancozeb – Mengenal Mancozeb merupakan jenis bahan aktif fungsida yang terdapat kegunaan untuk petani dalam kendalikan penyakit jamur pada tumbuhan. Dimana bahan aktif Fungisida Mancozeb ini pertamakaliu yang dikenal oleh Rohm, Hass, dan Du Pont di tahun 1961 yang memiliki nama dagang Mencozeb dan Manzate.

Ternyata fungsida ini telah diaplikasikan untuk melindungi tanaman dari infeksi jamur pathogen. Sedangkan Mancozeb sendiri merupakan gabungan dari Maneb dan Zink, dalam keduanya memiliki manfaat dan keunggulan yang berbeda.

Cara Kerja, Manfaat, dan Golongan Bahan Aktif Fungisida Mancozeb Fungisida Mancozeb Cara Kerja, Manfaat, dan Golongan Bahan Aktif Fungisida Mancozeb Cara Kerja Manfaat dan Golongan Bahan Aktif Fungisida Mancozeb

Jadi bisa memusnahkan beragam jamur pathogen yang berada di tumbuhan tersebut.  Diketahui bahwa bahan aktif Mancozeb yang terdiri dari Mangan 16%, Zink 2% dan ethylenebisdithio carbamat 62%.

Manfaat Fungisida Mancozeb

Bahan aktif Fungisida Mancozeb ini telah bekerja secara kontak pada target, jadi bisa digunakan dalam membasmi beragam macam penyakit tumbuhan yang telah disebabkan dari jamur pada kebanyakan tumbuhan tersebut.

Adapun manfaat dan kegunaan dari Fungisida Mancozeb yaitu untuk kendalikan penyakit busuk kering pada cabai, kendalikan penyakit busuk daun the. Juga bisa mengendalikan penyakit antraknosa pada bawang merah, tomat, kubis dan masih banyak lagi yang bisa diatasi dengan hal ini.

Cara kerja Fungisida Mancozeb

Mancozeb yang memiliki cara kerja dengan menghambar kegiatan enzim pada jamur dan menghasilkan enzim yang telah mendung sebgain unsure logam dengan peran untuk sebuah pembentukan ATP. Dimana bahan aktif Fungisida Mancozeb ini akan memiliki bentuk tepung warna kuning.

Mancozeb ini tak bisa dimanfaatkan secara langsung dalam pengendalian penyakit tumbuhan tersebut. Sedangkan Mancozen sendiri harus dilarutkan dengan air lebih dulu, jadi berbentuk suspense supaya bisa bekerja sesuai dengan fungsinya.

Fungisida Mancozeb tak bisa larut dalam air tapi hanya bisa tercampur saja. Oleh karena itu, pada saat penyemprotan sebuah tangki sprayer maka harus sering kali diaduk atau digoyang-goyangkan dengan tambahan perekat atau pembasah supaya lebih efektif dalam berantas jasad dalam sasaran tersebut.

Golongan dari Fungisida Mancozeb

Golongan tersebut termasuk Ditio-Karbamar, pada umunnya telah dianggap dalam kelompok fungsida dengan resiko rendah tanpa memiliki tanda resistensi atau tak ada resistensi silang dalam anggota kelompok M1 sampai M9.

Tidak hanya itu saja, merk dagang bahan aktif Fungisida Mancozeb yang sudah diproduksi dalam bentuk tepung dan memiliki ramuan WP (Wattable Powader). Diketahui bahwa di Indonesia memiliki puluhan nama dagang atau merk Fungisida Mancozeb berbahan aktif tunggal ataupun ganda. Inilah beberapa merk dagang Fungisida Mancozeb yang bisa anda temui di berbagai toko pertanian.

No Merk Dagang Produsen
1 Agrotane 80 WP PT. grotech Pesticie Industry
2 Antila 80 WP PT. Kresna Bumitama Sejati
3 Bion-M 1/48 WP PT. Syngenta Indonesia
4 Blait Plus 50 WP PT. Nufarm Indonesia
5 BM Zebco 80 WP PT. Behn Meyer AgriCare
6 Cozeb 80 WP PT. Dharma Guna Wibawa
7 Curthane 80 WP PT. Nathani Indonesia
8 Curxanil 8/64 WP PT. Petrokimia Kayaku
9 Cymagan 72 WP PT. Royal Agro Indonesia
10 Damazeb 80 WP PT. Dalzon Chemicals Indonesia
11 Dithane-M45 80 WP PT. Dow Agro Sciences Indonesia
12 Enkazeb 80 WP PT. Rolimex Kimia Nusamas
13 Festans 80 WP PT. Agro Guna Makmur
14 Gita 80 WP PT. Global Agrotech
15 Indothane 80 WP PT. Indagro

 

Itulah beberapa merk dagang beserta produsen yang bisa anda pilih untuk fungsida mancozeb. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda sebagai petani dalam menyikapi penyakit jamur yang telah dialami pada tumbuhan anda.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: