Cara Memasang Selang Drip irigasi Di Lahan Pertanian

Cara Memasang Selang Drip irigasi Di Lahan Pertanian

Cara Memasang Selang Drip irigasi Di Lahan PertanianSelang drip irigasi merupakan selang yang biasanya terbuat dari bahan plastik dan digunakan untuk sisitem pengairan pada lahan pertanian. Selang drip ini paling umum memiliki warna hitam ataupun putih bening. Penggunaan selang drip ini biasannya dimanfaatkan petani untuk mengairi berbagai jenis tanaman, seperti cabai, semangka, tomat, bawang merah, terong, melon, gambas, dan masih banyak lagi.

Selang drip ini juga biasa digunakan untuk menyirami bibit tanaman pada perkebunan, seperti contohnya pada kebun kelapa sawit. Namun pada kesempatan kali ini, kita ingin berbagi tips kepada anda semua tentang cara memasang selang drip irigasi di lahan pertanian.

Cara Memasang Selang Drip irigasi Di Lahan Pertanian memasang selang drip irigasi Cara Memasang Selang Drip irigasi Di Lahan Pertanian Cara Memasang Selang Drip irigasi Di Lahan Pertanian

Saat ini, untuk mencari selang drip memang tidak sulit karena memang banyak toko yang menyediakan berbagai selang drip dengan merk dan kualitas yang beragam. Mulai dari yang paling murah hingga paling mahal ada, mulai dari kualitas baik hingga yang biasa saja juga ada.

Untuk selang drip biasa (belum ada lubangnya) memiliki bening dan juga hitam. Jika anda memilih selang drip jenis ini, maka harus melubangi sendiri menggunakan jarum sebelum menggunakannya, harganya pun juga cukup murah dan terjangkau.

Sementara untuk model lainnya seperti yang akan kita gunakan kali ini adalah yang sudah memiliki lubang. Harganya tentu lebih mahal daripada yang biasa, namun kelebihannya lubang yang dibuat dari pabriknya ini akan mampu memberikan semburan air yang seragam.

Yang selanjutnya adalah selang irigasi tetes, untuk kuaitas jelas lebih baik dibandingkan selang yang diatas, namun harganya pun jauh lebih mahal lagi nantinya. Untuk selang drip model ini mempu meneteskan air perlahan dengan spasi meter yang bervariasi, mulai 20 cm, 30 cm, hingga 60 cm. Nah berikut ini kita akan bagikan cara memasang selang drip irigasi di lahan pertanian.

Cara Memasang Selang Drip irigasi di Lahan pertanian

  1. Atur panjang bedengan yang akan anda pasangi selang drip irigasi tersebut. Maka dari itu perlu diketahui terlebih dahulu seberapa panjang selang drip yang anda butuhkan.
  2. Cara memasang selang drip irigasi selanjutnya, nanti selang drip ini bisa anda pasang 1 atau 2 selang disetiap bedengan, jadi sesuaikan kebutuhan anda saja.
  3. Pastikan panjang selang drip sedikti dilebihkan dari panjang bedengan yang anda miliki
  4. Sekarang siapkan selang dengan ukuran diameter 2 atau 3 inch seusaikan kebutuhan
  5. Untuk mengubungkan selang induk dengan selang drip maka diperlukan konektor. Nah konektor ini adalah shok drat dalam dan juga shok drat luar. Untuk ukuran shok drat ini sesuaikan dengan ukuran diameter selang drip yang anda gunakan. Umumnya ukuran 3/4,.
  6. Shok drat dipasang pada selang induk, lubang pda selang induk dibuat sedikit lebih kecul dari diameter shok drat agar kuat dan tidak bocor. Agar tidak bocor, anda juga bisa memasang ring yang dibuar sendiri menggunakan karet bekas ban motor
  7. Cara memasang selang drip irigasi selajutnya, siapkan pipa paralon ukuran 3/4 inch dengan panjang sekitar 10 cm. pipa ini nantinya digunakan sebagai penghubung selang drip dengan shok drat yang dipasang pada selang induk
  8. Jika sudah, pada bagian ujung selang drip silahkan di ikat lalu hidupkan pompa untuk mengetahui selang drip berfungsi dengan baik apa tidak
  9. Air yang digunakan pada irigasi ini sebaiknya air bersih, karena jika menggunakan air kotor bisa menyumbat lubang pada selang drip nantinya.

Demikian ulasan dari kami tentang cara memasang selang drip irigasi untuk lahan pertanian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *