X

Cara Membuat Kompos Jerami Dengan Mudah

Cara Membuat Kompos Jerami Dengan MudahAda banyak cara dalam proses pembuatan kompos jerami,salah satunya ialah dengan memanfaatkan EM4 (Efective microorganisme 4). Metode pengomposan em4 ini merupakan cara yang sangat sederhana, efektif dan sangat cepat.

Dengan menggunakan em4 ini, maka dalam produksi kompos jadi lebih cepat, dikarenakan em4 ini mengandung banyak sekali microba yang mampu mempercepat proses fermentasi. Mikroba yang terdapat didalam didalam em4 ini adalah lactobacillus sp., cendawan pengurai selulosa, bakteri foto sintetik, dan juga azotobacter sp.

Dalam pembuatan pupuk kompos ini sebenanrnya tak hanya memanfaatkan jerami saja, namun semua bahan organik bisa kok digunakan dalam pembuatan pupuk kompos ini. Seperti contohnya dedak, rerumputan, limbah dapur, dedaunan kering, batang dan daun pisang, dan masih banyak lagi.

Dedak memiliki peranan penting dalam proses pembuatan pupuk kompos ini, dikarenakan dedak ini menjadi media yang sangat baik untuk perkembangbiakan mikroba. Nah berikut ini beberapa langkah pembuatan pupuk komos jerami :

Alat dan bahan

  • Jerami 20kg
  • Sekam 20 kg
  • Dedak 1 kg
  • Em4 100 ml
  • Gula merah 0,5 kg
  • Air bersih 10 liter

Cara membuat

  1. Jerami di cincang atau di cacah dengan ukuran kira kira 5-10 cm
  2. Campurkan jerami yan sudah dicacah tadi dengan sekam dan juga dedak secara merata
  3. Larutkan gula merah kedalam air
  4. Masukan em4 kedalam larutan gula merah tadi
  5. Pada lapisan pertama, buaatlah campuran jerami tersebut dengan ketebalan kurang lebih 10 cm
  6. Siram dengan larutan gula merah dan em4 tadi secukupnya
  7. Pada lapisan kedua, diatasnya silahkan siramkan lagi dengan larutan em4, lakukan tahap selanjutnya seperti ini hingga campuran jerami tadi habis
  8. Untuk proses fermentasinya, tutup larutan ini dengan menggunakan plastik atau karung goni

Sekedar catatan, apabila proses fermentasi ini sukses atau berjalan dengan baik, maka bahan tadi akan terasa hangat apabila disentuh. Apabila suhu terlalu panas, maka bukalah penutupnya lalu bolak balik bahan kompos, setelah itu ditutup kembali.

Dalam proses fermentasi ini biasanya membutuhkan waktu selama 6- 10 hari kompos jerami ini sudah jadi. Sebelum diapakai, dinginkan dahulu pupuk tersebut, caranya cukup di angin-anginkan selama 2-3 hari.

Catatan:

Sebenarnya untuk pembuatan kompos jerami ini, jerami tidak harus di cincang kok. Pencincangan ini dilakukan untuk mempercepat proses fermentasi. Jika kompos berbau busuk, maka proses pembatan kompos gagal. Pengomposan ini berhasil jika jerami tadi berubah warna menjadi coklat kehitaman dan tidak memiliki bau busuk.

Untuk penggunaan kompos jerami ini adalah dengan cara menaburkan pada lahan sebagai pupuk dasar. Nah jika anda ingin menyimpan pupuk jerami ini, maka keringkan dulu dengan cara di angin-anginkan, lalu dimasukkan kedalam karung goni.

wijaya :