X

Cara Membuat Lanjaran Tanaman Gambas Dengan Tali Plastik Atau Benang

Cara Membuat Lanjaran Tanaman Gambas Dengan Tali Plastik Atau Benang“Lanjaran” merupakan sebuah alat yang terbuat dari kayu atau bambu yang digunakan sebagai penompang sekaligus tempat menjalar bagi sejumlah tanaman yang tumbuh merambat seperti gambas, kacang, mentimun dan lain-lain.  Jika biasanya lanjaran terbuat dari kayu dan bambu yang dipadukan dengan tali. Namun belum lama ini kami mendapat informasi baru jika lanjaran bisa dibuat dari plastik dan benang.

Pastinya kemunculan inovasi baru tersebut memberi banyak keuntungan bagi para petani. Selain mudah di dapat harga yang dikeluarkan juga tidak banyak. Berikut adalah cara membuat lanjaran tanaman gambas dari plastik atau benang.

Meskipun terbuat dari plastik atau benang namun rupanya kita masih membutuhkan kayu atau bambu. Akan tetapi kayu atau bambu yang kita gunakan lebih sedikit dari biasanya. Kayu atau bambu digunakan sebagai tiang untuk memasang tali plastik dan benang.

Sementara untuk pemasangan kayu atau bambu diberijarak 2,5 meter. Setelah itu plastik dan benang di ikatkan sebagai tempat merambat untuk tanaman gambas. Berikut adalah cara membuat lanjaran tanaman gambas dengan tali plastik atau benang.

  • Siapkan kayu atau bambu sesuai dengan yang dibutuhkan.
  • Siapkan juga tali plastik, benang obras dan penggulung benang.
  • Kemudian lanjaran ditancapkan pada tanah dengan jarak 2,5m atau 3m.
  • Setiap lanjaran dipasang di ujung bedengan.
  • Setelah itu pasang tali plastik di 3 baris yaitu atas, tengah dan bawah. Supaya plastik tak mudah rapuh sebelum di pasang sebaiknya plastik dipilin terlebih dahulu.
  • Kemudian di bagian atas antara ujung lanjaran satu sama lain sebaiknya dipasang kayu atau bambu dengan posisi melintang.
  • Setelah tali plastik sudah siap kini giliran benang obras yang dipasang dengan rapi dan zig-zag pada tali plastik. Untuk mempercepat pekerjaan sebaiknya menggunakan gulungan benang.
  • Pasang tali plastik lagi di atas sekitar 2 atau 1 baris.
  • Setelah itu ambil benang kembali dan bentuk zig-zag seperti sebelumnya.
  • Dan yang terakhir adalah merambatkan tanaman gambas pada lanjaran benang.

Tanaman gambas mempunyai batang yang cukup panjang dan bercabang. Jika diukur dari pangkal batang hingga ujung tanaman gambas mempunyai panjang 4-5m.  Sehingga membutuhkan lahan yang cukup luas untuk tempat rambatnya.

Jika tempat yang disediakan sempit hal tersebut membuat pertumbuhan tanaman gambas menjadi terhambat. Hal ini disebabkan oleh batang, cabang dan ranting gambas yang saling bertumpukan hal itulah yang membuat gambas tidak bisa tumbuh dengan baik.

Banyak bahan yang bisa kita gunakan untuk membuat lanjaran. Akan tetapi untuk saat ini tali plastik dan benang menjadi salah satu bahan yang mudah, mudah dan sangat praktis.

Demikian ulasan dari kami tentang cara membuat lanjaran tanaman gambas dengan tali plastik atau benang, semoga apa yang kami sampaikan ini bermanfaat.

wijaya :