Cara Membuat Perangkap Lalat Buah Menggunakan Pisang Matang

Cara Membuat Perangkap Lalat Buah Menggunakan Pisang Matang

Cara Membuat Perangkap Lalat Buah Menggunakan Pisang MatangLalat buah atau yang mempunyai nama latin Bacricera sp. merupakan hewan kecil yang mempunyai bentuk seperti tawon. Hewan jenis ini sering kali menyerang buah-buahan dan juga sayuran. Lalat buah melakukan penyerangan dengan cara yang cukup unik yaitu dengan cara menyuntikkan telur pada buah.

Dalam beberapa waktu kemudian telur tersebut akan menetas dan berubah menjadi larva. Nantinya larva-larva itulah yang akan menggerogoti buah dan sayur dan menyebabkan pembusukan. Hewan yang satu ini tergolong sebagai serangga yang bandel sebab ia tidak akan mati hanya dengan semprotan pestisida saja. Hal ini dikarenakan lalat buah tidak hinggap dalam kurun waktu lama.

Cara Membuat Perangkap Lalat Buah Menggunakan Pisang Matang Perangkap Lalat Buah Cara Membuat Perangkap Lalat Buah Menggunakan Pisang Matang Cara Membuat Perangkap Lalat Buah Menggunakan Pisang Matang

Oleh karena itu salah satu cara efektif untuk mengurangi lalat buah ini dengan membuat perangkap. Perangkap ini tidak membutuhkan biaya yang mahal kita hanya perlu mempersiapkan bahan seperti botol bekas dan senyawa pemikat yaitu metil eugenol. Metil eugenol rupanya juga dijual di pasaran dengan nama melanol, petrogenol, ocimol dan sebagainya.

Ternyata metil eugenol juga ada yang alami lho, seperti halnya pisang ,tanaman kayu putih, daun selasih atau bunga cenkeh dan yang terakhir daun wangi. Yuk,kita simak cara membuat perangkap lalat buah berikut ini!

Baha-bahan membuat perangkap lalat buah :

  1. Botol plastik bekas air mineral
  2. Kain secukupnya
  3. Buah pisang matang jenis apa saja
  4. Kawat
  5. Air secukupnya

Cara membuat perangkap lalat buah :

  1. Botol plastik di lubangi sebanyak 3 hingga 4 lubang
  2. Diameter lubang kurang lebih 5 mm
  3. Setelah botol kini giliran tutup botol yang dilubangi untuk memasukkan kawat
  4. Untuk kawat bagian luar botol dibengkokkan seperti pengait
  5. Cara membuat perangkap lalat buah dilanjutkan dengan 1 buah pisang dibungkus menggunakan kain. Sementara untuk ukuran disesuaikan dengan mulut botol plastik
  6. Setelah pisang dibalut menggunakan kain, pisang dikaitkan pada ujung kawat yang berada di dalam botol
  7. Kemudian masukkan air secukupnya ke botol. Usahakan air jangan sampai menyentuh pisang

Prinsip kerja perangkap ini tergolong unik sebab lalat buah jantan dipancing dengan aroma pisang matang yang khas. Setelah masuk melalui lubang nantinya lalat tersebut akan tenggelam di air dan tak lama kemudian lalat akan mati dengan sendirinya.

Pastikan buah pisang diganti setiap 2 hari sekali untuk menghindari pembusukan. Dengan menggunakan perangkap lalat buah ini maka proses produksi lalat buah semakin berkurang hal ini dikarenakan lalat buah jantan tidak bisa membuahi si betina.

Al hasil lalat buah betina pun tidak akan menyerang buah dan sayur-sayuran lantaran lalat buah hanya akan menyerang buah saat masa bertelur saja.

Semoga ulasan singkat  tentang cara membuat perangkap lalat buah tadi bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih telah berkunjung dilaman kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *