Cara Membuat Pupuk Organik Yang Mudah

Cara Membuat Pupuk Organik – Darurat sampah, mungkin itu yang bisa dikatakan ketika melihat sekeliling. Sampah rumah tangga, limbah dan masih banyak lagi. Banyaknya sampah itu juga mengetuk sejumlah orang untuk bisa memanfaatkan sampah disekitar. Untuk sampah plastik dan bahan lain dikreasikan menjadi kerajinan sementara sampah organik dijadikan pupuk.

Pupuk organik merupakan pupuk yang terbuat dari bahan alami atau berasal dari makdhluk hidup. Sisa-sisa makanan, tanaman dan hewan juga termasuk didalam jenis sampah organik. Sementara jenisnya dibagi menjadi dua yaitu pupuk cair atau padat yang sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri.

Cara Membuat Pupuk Organik Yang Mudah Cara Membuat Pupuk Organik Cara Membuat Pupuk Organik Yang Mudah Cara Membuat Pupuk Organik

Kegunaan pupuk organik dalam dunia pertanian adalah untuk memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi dalam tanah. Semua itu bisa terjadi lantaran pupuk memiliki unsur yang bisa membuat tanaman menjadi subur. Sumber bahan organik sendiri bisa didapat dari hasil panenan sebelumnya seperti jerami, bonggol jagung, sabut kelapa dan masih banyak lagi.

Pupuk organik kandang biasanya terbuat dari sisa kotoran hewan serta pakan ternak yang sudah didiamkan beberapa hari. Bukan hanya kotoran hewan seperti kambing, domba, ayam, kelinci dan lainnya tapi juga urine. Pupuk kandang ini memiliki banyak unsur hara yang dipastikan membuat tanaman lebih subur.

Pupuk organik hijau merupakan pupuk yang berasal dari tanaman dan sisa hasil panen. Sumber pupuk hijau ini didapat dari tumbuhan yang telah membusuk dan bentuknya sudah menyerupai tanah gembur. Penggunaan pupuk ini juga dilakukan untuk meningkatkan produktivitas dari tanah serta pertumbuhan tanaman. Peningkatan daya tahan dan daya serap air juga bisa terjadi jika tanaman ditambah pupuk hijau.

Itu sejumlah penjelasan mengenai barbagai jenis pupuk organik yang biasanya digunakan oleh masyarakat untuk menyuburkan tanah. Sekarang kita akan mebahas mengenai pupuk organik hijau dan cara membuat pupuk organik. Pupuk organik hijau ini penting untuk menyuburkan tanah terutama berkaitan dengan sifat fisik, kimia dan juga biologinya.

Bahan yang diperlukan untuk membuat pupuk organik adalah :

  1. Bahan-bahan organik baik dari kotoran hewan atau sisa-sisa tanaman yang sudah tidak terpakai. Sayuran yang merupakan sampah dapur juga bisa digunakan agar kembali bermanfaat.
  2. Sekam padi yang sudah dibuat menjadi arang juga lebih baik digunakan agar kualitas pupuk organik yang dihasilkan bagus dan kering sempurna.
  3. Tambahan bahan pendukung lainnya seperti bahan yang mengandung unsur NPK, Phosphor, Kalium dan Nitrogen juga menjadi hal penting.
  4. Bahan tambahan lain yang ditujukan untuk mempercepat pengomposan adalah mikroba dekomposer. Bahan ini banyak dijual di toko pertanian salah satunya adalah merk dagang EM4.

Cara membuat pupuk organik

  1. Potong seluruh bahan organik menjadi ukuran kecil-kecil agar lebih cepat proses pembusukannya.
  2. Aduk rata potongan bahan organik.
  3. Campurkan dekomposer dan molase 10 ml dalam 1 liter air aduk hingga merata.
  4. Setelah itu siramkan larutan mikroba tersebut pada campuran bahan yang sudah disiapkan hingga merata. Jangan sampai terlalu basah agar tak menimbulkan bau.
  5. Tambahkan tanah gembur berselang seling dengan campuran daun kedalam wadah. Kemudian tutup dengan karung goni.
  6. Sebaiknya tinggi timbunan tidak lebih dari 40 cm. Kondisi suhu selama proses fermentasi harus tetap dijaga yaitu 500
  7. Pengecekan harus dilakukan setiap hari untuk melihat hasil fermentasi. Pengadukan juga dianjurkan agar proses pengomposan bisa terkontrol.
  8. Setelah 10 sampai 15 hari pupuk organik sudah siap digunakan.

Itulah cara membuat pupuk organik, semoga bisa bermanfaat untuk anda yang sedang membutuhkan. Selamat mencoba.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: