Cara Membuat Tanaman Tomat Tahan Terhadap Penyakit dengan Teknik Sambungan

Cara Membuat Tanaman Tomat Tahan Terhadap Penyakit  – Tomat, memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain digunakan sebagai pelengkap makanan rupanya buah berbentuk bulat ini juga bisa digunakan sebagai perawatan kecantikan.

Saat ini harga tomat dipasaran rumayan stabil. Tinggi rendahnya harga tomat rupanya diperngaruhi oleh beberapa hal seperti faktor cuaca hingga serangan hama penyakit. Ya, kehadiran hama penyakit dalam dunia pertanian memang tidak bisa dielakkan lagi.

Cara Membuat Tanaman Tomat Tahan Terhadap Penyakit dengan Teknik Sambungan Tanaman Tomat Cara Membuat Tanaman Tomat Tahan Terhadap Penyakit dengan Teknik Sambungan Cara Membuat Tanaman Tomat Tahan Terhadap Penyakit

Penyakit yang sering menyerang tanaman tomat adalah penyakit layu bakteri. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh bakteri bernama Ralstonia Solanacearum. Penyakit ini memang tidak bisa disepelakan sebab jika tidak dilakukan penanganan sejak dini maka hal tersebut akan berdampak pada pertumbuhan tomat bahkan bisa juga membunuh semua tanaman tomat.

Ciri-ciri tanaman tomat yang diserang penyakit ini terlihat layu dibagian pucuk daun. Lambat laun layu tersebut akan merambat ke bawah sampai keseluruh bagian tanaman. Lantas adakah cara membuat tanaman tomat tahan terhadap penyakit?

Ada salah satunya adalah dengan melakukan teknik sambungan atau grafting. Teknik sambungan ini adalah penyambungan antara dua jenis tanaman yang berbeda akan tetapi masih satu keluarga. Sebelum membahas tentang teknik penyambungan ini ada baiknya jika anda mengenali tanaman tomat yang terkena penyakit layu bakteri . Berikut adalah penjelasannya :

  • Potong bagian batang tanaman tomat.
  • Lalu masukkan ke wada yang berisi air tunggu beberapa menit sampai cairan putih keruh mengalir keluar.
  • Jika batang di belah maka pada bagian tengah terdapat warna coklat.

Teknik sambungan ini bisa dikatakan sangat ampuh. Dan bahkan perbedaan tanaman tomat yang menggunakan teknik sambungan dan yang tidak terlihat sangat menonjol. Tanaman tomat yang menggunakan teknik sambungan ini menjadi lebih kebal terhadap penyakit layu bakteri dan juga tahan terhdapa nematoda.

Pada awalnya tanaman tomat yang menggunakan teknik sambungan ini mengalami pertumbuhan yang cukup lambat. Meski lambat akan tetapi para petani merasakan dampak postif dari penerapan teknik sambungan ini.

Dampak postifnya adalah petani bisa melakukan panen dalam kurun waktu yang cukup panjang. Menerapkan teknik sambungan sebagai cara membuat tanaman tomat tahan penyakit sangatlah efisian.

Meski demikian untuk mendapatkan bibit tomat sambungan tidaklah murah. Para petani dianjurkan untuk menanam tomat sambungan di waktu dan tempat yang tepat. Sementara untuk cara budidayanya tidak berbeda jauh dengan menanam tomat tanpa menggunakan teknik sambungan.

Namun untuk memastikan pertumbuhan tomat berjalan secara maksimal maka ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan diantaranya :

  1. Kedalaman proses tanam bibit sambungan. Pastikan jika bagian sambunganberada di atas permukaan tanah. Hal ini bertujuan agar bagian batang yang disambung tidak terkontaminasi dengan penyakit yang ada didalam tanah.
  2. Buang tunas dan akar yang tidak diinginkan. Bagian tunas dari batang bagian bawah dan akar yang muncul dari batang atas harus segera di potong.
  3. Dukungan tonggak dan pemangakasan. Tanaman tomat yang sudah berusia 2-3 minggu per;i didukung dengan tonggak. Sementara untuk jenis tomat yang terus tumbuh seperti indeterminate harus dilakukan pemangkasan agar tumbuh dua batang pokok.
  4. Pengairan yang cukup. Seperti halnya tanaman yang lain tomat sambungan juga membutuhkan pengairan yang sukup. Bahkan penyerapan air yang dibutuhkan jauh lebih banyak ketimbang tomat yang tidak menggunakan sambungan.
  5. Bedengan dan naungan. Jika anda melakukan penanaman saat musim hujan jangan lupa untuk membuat bedengan. Hal ini berguna agar tanaman tomat tidak tergenang air.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: