X

Cara Membuat ZPT Alami dengan Menggunakan Bawang Merah

Cara Membuat ZPT Alami dengan Menggunakan Bawang MerahBawang merah, tumbuhan yang termasuk dalam jenis sayuran ini memiliki banyak sekali kandungan penting didalamnya, mulai dari vitamin C, zat besi, kalsium, kalium, asam folat, dan juga zat pengatur tumbuh berupa hormon giberelin dan juga auksin.

Untuk hormon giberelin dan auksin alami yang terdapat didalam tanaman bawang merah ini memiliki kadndungan cukup tinggi. Nah untuk itu pada kesempatan kali ini kita akan mengulas artikel tentang cara membuat ZPT alami dengan bawang merah kepada anda semua.

Didalam dunia pertanian, keberadaan ZPT ini sangat lah penting untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan dari sebuah tanaman. Meskipun kita ketahui jika setiap tanaman memang memiliki hormon pertumbuhan alami sendiri namun dengan jumlah yang sangat sedikit.

Dalam keadaan tertentu, sebuah tanaman ini terkadang tidak mampu untuk memproduksi hormon pertumbuhan tersebut secara optimal, maka dari itu dibutuhkan ZPT ini untuk pertumbuhannya. Berikut ini silahkan anda simak cara membuat ZPT alami dengan bawang merah yang bisa anda coba.

Cara membuat ZPT Alami Dengan Bawang Merah

  • Perisapkan 10 hingga 15 siung bawang merah,
  • Lalu blender hingga halus
  • Tambahkan dengan 1 liter air bersih dan aduk hingga rata
  • Saring larutan agar terpisah dengan ampasnya
  • ZPT alami dari Bawang Merah siap digunakan

Cara menggunakan ZPT Alami Dengan Bawang Merah

#untuk penyemaian

Rendam benih dengan menggunakan air hangat kuku. Caranya tambahkan 100 cc arutan air bawang merah ini dengan 1 liter air hangat kuku. Rendam benih selama 3-5 jam. Lalu tiriskan benih, dan benih ini akan siap disemai

#untuk penyetekan (stek batang)

Silahkan rendam bagian batang yang ingin di stek selama 3 sampai 5 jam lamanya. Lalu tiriskan selanjutnya ditanam. Larutanya terdiri dari 200 cc larutan bawang merah tadi dengan ditambahkan 1 liter air bersih.

#untuk pencangkokan

Pada bagian yang dicangkok, silahkan oleskan ZPT alami bawang merah yang sudah kita buat tadi, lalu silahkan dibungkus dengan menggunakan media tanah atau sabut kelapa. Buat larutan ZPT dengan perbandingan 200 cc larutan dengan 1 liter air bersih.

#untuk bibit tanaman

Seperti yang kita ketahui, bibit tanaman yang langsung dicabut dari tanah sangat rawan akan mengalami kerusakan pada akar. Nah untuk bisa merangsang pertumbuhan akar ini nanti membutugkan larutan ZPT. Caranya cukup mudah, silahkan rendam bibit tanaman yang telah dicabut tadi selama 10 menit sebelum ditanam kembali. Untuk larutanya, silahkan ambil 100 cc larutan ZPT alami Bawang merah tadi dan dicampurkan dengan 1liter air bersih.

Demikian informasi dari kami tentang cara membuat ZPT alami dengan bawang merah, semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

wijaya :