Cara Menanam Cabe Skala Rumahan dan Agrobisnis anti Gagal Lengkap

Seminggu ini saya mencari informasi tentang cara menanam cabe baik secara online cari di artikel-artikel blog yang ada sampai ke para petani sekitar ternyata informasi yang di sajikan secara online belum cukup lengkap. Untuk itu saya mau berbagi pengalaman saya menanam cabe dengan informasi dari para petani sekitar dan informasi dari teknologi pertanian kedalam tulisan di blog tercinta ini.

Berdasarkan pengurusan dan pemupukannya cara menanam cabe ini dibagi kedalam 2 bagian yaitu, menanam cabe secara organik dan non organik, baik itu cabe rawit, cabe kriting dan cabe besar. Sebelum langsung ke topik utama kita harus tahu dulu bagaimana cara tanaman memakan nutrisi!

Sama seperti halnya manusia yang perlu makanan sebagai asupan gizi, menanam tanaman cabe juga perlu di kasih makan, loh ko gimana tanaman memakannya ? Simak baik-baik penjelasan singkat ini! kalo anda paham pasti gak akan gagal menanam cabe.

cara menanam cabe cara menanam cabe Cara Menanam Cabe Skala Rumahan dan Agrobisnis anti Gagal Lengkap cara menanam cabe

Tanaman cabe merupakan jenis tanaman anggota genus capcisum, tanaman jenis terong-terongan yang bisa tumbuh di dataran rendah dan dataran tinggi tergantung jenis bibit yang kita beli, kalo bibit cabe yang kita beli merupakan cabe untuk dataran rendah dan kita tanam di dataran tinggi gak bakal bener hasilnya. Kembali ke permasalahan awal bagai mana tanaman cabe memakan nutrisi yang kita beri atau yang berada di sekitar tanah.

Semua tanaman memerlukan makanan berupa unsur hara dan unsur hara tersebut ada yang mikro dan makro, unsur hara ini sudah saya bahas di postingan sebelumnya yaitu disini Pengertian Unsur Hara. Nah salah satu cara menanam cabe yang baik semua unsur hara ini harus terpenuhi sebagai asupan gizi bagi semua tanaman jadi gak hanya tanaman cabe saja, Jika salah satunya tidak terpenuhi maka tumbuhan akan gampang sekali terserang penyakit. Unsur hara ini bisa di dalam pupuk yang kita beli baik itu kimia atau pupuk buatan sendiri bagi yang menanam cabe secara organik.

Unsur hara dalam menanam cabe harus sesuai dosis dan takaran yang tepat jika kekurangan gak akan bagus pada tanaman dan begitupun sebaliknya jika kelebihan juga gak akan optimal, untuk dosis nanti saya paparkan dibawah. Mari kita mulai

Cara menanam cabe dengan baik dan benar agar tidak gagal dan berumur panjang

  • Siapkan benih yang bagus

Persiapan benih cara menanam cabe harus dipilih sesuai dataran tanah yang anda miliki, benih ini bisa di dapat dari produk toko atau membuat sendiri dari cabe yang ada di dapur untuk sekala rumahan. namun jika anda tidak tahu dimana asal tanaman cabe tersebut lebih baik membeli produk pabrikan yang ada di toko agar tahu benih tersebut untuk dataran rendah atau dataran tinggi, karena jika salah memilih benih tanaman cebe yang anda tanam tidak akan optimal. Ada banyak benih yang tersedia di pasaran baik itu dari produk TM, Panah merah, Agroseed dll. Namun yang banyak dipakai petani daerah dataran tinggi tepatnya disini banyak menggunakan produk cabe dari TM, baik itu cabe rawit, cabe Kriting, dan cabe besar. jika di area anda tidak tahu toko benih yang lengkap anda bisa membelinya melalui online rekomendasi kami di tokopedia di link ini Toko Agen bibit Cabe Lengkap.

cara menanam cabe benih cara menanam cabe Cara Menanam Cabe Skala Rumahan dan Agrobisnis anti Gagal Lengkap cara menanam cabe benih

  • Buat Bedengan untuk persemaian / Siapkan Tray Semai

Cara membuat bedengan untuk skala agrobisnis dengan luas lahan 1000 m2 cukup dengan beli benih cabe 1 pack, pertama siapkan bedengan lahan di cakul dan di gemburkan, lalu tanah dibuat bedengan dengan lebar 1 m dan panjang sesuai lahan, jika memakai mulsa maka perlu di berikan pupuk pertama cara menanam cabe saat mencangkulnya jika tidak memakai mulsa maka pemberian pupuk biasanya di berikan setelah benih ditaburkan. Jika skala rumahan cukup memakai tray semai saja dengan media tanam tanah dan pupuk kompos. Lanjut setelah membuat bedengan taburkan benih cabe secara merata dan tutup bedengan dengan pupuk kompos degnan cara di tabur atau dengan kotoran ayam yang sudah dicampur sekam, kemudian tambahkan kapur dolomit untuk nutrisi kalsiumnya dan menetralkan ph tanah.

cara menanam cabe cara menanam cabe Cara Menanam Cabe Skala Rumahan dan Agrobisnis anti Gagal Lengkap tray menanam cabe

Benih akan mulai berkecambah setelah kurang lebih 15 hari, agar lebih aman dari hama dan hujan bedengan persemaian di tutup dengan plastik yang di tahan bambu atau dengan waring, jika musim panas persemaian disiram setiap hari.

benih akan siap tanam setelah umur 30 hari. Setelah itu siap di pindahkan ke lahan. Oh iya sebelumnya sambil menunggu 30 hari cara menanam cabe yang kedua ini cangkul dulu lahan yang nantinya akan di tanam cabe, dengan lebar 1 m dan tinggi 15 cm jika musim panas atau 20 cm jika musim hujan.

  • Pindahkan semaian ke lahan

Hal yang ke 3 dalam cara menanam cabe Setelah 30 hari semaian siap di pindahkan ke lahan, kalau anda memakai tray semai tinggal cabut aja dari tray lalu pindahkan ke lahan penanaman dengan jarak 50 cm dan lebar 70 cm. Nah untuk skala bisnis di bedengan semai cabut langsung bibit cabe lalu rendam bagian akar kedalam larutan air bawang merah untuk merangsang akar baru, karena tanaman dicabut dari persemaian maka akar yang lama akan mati dan akan tumbuh akar baru.

Tanam cabe ke lahan dengan jarak yang sama kemudian langsung di siram, setelah selesai menyiram diamkan samapi 2 minggu atau 15 hari.

  • Pemberian pupuk pertama dalam cara menanam cabe

Pemberian pupuk pertama setelah 15 HST (Hari Setelah tanam), dengan dosis 250 ml pertanaman, dengan cara di kocor, dosis pencampuran pupuk dengan air yaitu 4kg pupuk NPK 16:16:16 dicampur dengan 100 liter air. agar lebih bagus tambahkan urine kelinci 1 gayung. Dosis ini cukup untuk 400 pohon cabe

  • Pemberian pupuk susulan ke 2 dalam cara menanam cabe

Cara menanam cabe yang baik dan benar harus rutin memberikan pupuk yang rutin, sekarang pepmberian pupuk yang kedua diberikan setela umur 25 HST dengan dosis 6kg NPK dan urin kelinci atau kalu tidak ada urin kelinci biar hasil lebih bagus bisa beli pupuk kocor yang ada di toko salah satunya growmore atau pupuk kandang cair di campur dengan 100 liter air bersih, dosisnya masih sama 250ml per tanaman. Untuk Pembelian pupuk growmore jika di daerah anda tidak ada, saya sarankan untuk membeli online melalui tokopedia, ini saya kasih rekomendasi toko terpercaya di tokopedia klik linknya langsung https://www.tokopedia.com/agencipanas/etalase/pupuk

  • Pemberian Pupuk susulan ke 3 dalam cara menanam cabe

Untuk pemupukan ketiga ini umur 35 HST pupuk yang di gunakan sebesar 8 kg dengan cara di kocor atau di tabur tapi campurannya berbeda karena tanaman sudah mulai membutuhkan banyak nutrisi jadi campurannya sebagai berikut; Urea 1 kg, NPK 4 kg, KNO Putih 1 kg, TSP 1 kg, MKP 1 kg jadi jumlahnya 8 kg bisa ditabur bisa juga di larutkan semua bahan kedalam air.

  • Pemberian pupuk susulan ke 4 dalam cara menanam cabe

Pemupukan ke 4 ini berumur 45 HST dosisnya 10kg  Urea 1 kg, NPK 4 Kg, KNO Putih 2 kg, TSP 2 kg, MKP 1 kg tambah urine kelinci 1 gayung atau gak juga gak apa apa.

  • Pupuk susulan ke 5 dalam cara menanam cabe

Umur 55 HST dengan dosis 12 kg bahannya sama seperti pupuk ke empat hasil yang bagus dengan cara di kocor sampai panen.

  • pupuk susulan ke 6

Pemberian pupuk dalam cara menanam cabe yang ke 6 ini dilakukan saat umur Umur 65 HST dengan dosis 15 kg

  • pupuk susulan ke 7

Umur 75 HST dengan dosis yang sama yaitu 15 kgdi larutkan kedalam 200 liter air dan di kocorkan ke tanaman cabe 250 ml per tanaman.

  • pupuk susulan ke 8

Untuk pemupukan ke 8 dan seterusnya sampai panen di beri pupuk dengan dosis yang sama yaitu 15 kg dilarutkan kedalam air 200 liter dan di beri 250 ml per tanaman,

Seterusnya sampai panen pemberian pupuk 10 atau 7 hari sekali, setelah panen pertama langsung di beri pupuk. Oh iya untuk penanaman cabe secara organik pupuk yang digunakan cukup dengan menggunakan POC dan urine kelenci atau kambing saja dan pestisida untuk pengendalian hamanya juga harus organik dengan membuat sendiri dari berbagai macam bahan alami seperti daun tembakau atau cengkeh, daun mimba sereh, jahe, kunyit dll yang akan saya bahas di postingan berikutnya. saya recomendasikan unutk POC yang paling bagus untuk cabe yaitu POC di grow hijau dan merah (pengalaman pribadi) di campur dengan sedikit mg1 maxigrow. Produk ini bisa anda beli di tokopedia juga loh nih disini agen resmi pupuk organik cair

Nah Begitulah cara menanam cabe untuk pemupukannya sekarang untuk mencegah penyakit yang di sebabkan oleh hama dalam cara menanam cabe anda harus tahu juga karena saat ini hama dalam budidaya cabe baik skala rumahan di dalam pot atau sekala agrobisnis di lahan yang luas banyak mengganggu tanaman cabe. Berikut saya akan paparkan di lain artikel ini dia klik di link berikut Cara Pengendalian Hama Cabe Agar Mulus dan bernilai Jual tinggi

Terimakasih.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: