Cara Menanam Mentimun Hidroponik Dengan Menggunakan Sistem Sumbu

Cara Menanam Mentimun Hidroponik Dengan Menggunakan Sistem SumbuMentimun adalah salah satu jenis tanaman saturan buah yang sangat mudah untuk dibudidayakan.  Buat teman-teman yang kebetulan memiliki lahan cukup luas, bingung mau ditanami apa dan tidak memiliki waktu untuk fokus ke kebun, maka menenaman dengan sistem hidoponik bisa menjadi solusi cerdas nantinya.

Cara Menanam Mentimun Hidroponik Dengan Menggunakan Sistem Sumbu Mentimun Hidroponik Cara Menanam Mentimun Hidroponik Dengan Menggunakan Sistem Sumbu Cara Menanam Mentimun Hidroponik

Dengan menanam sistem hidroponik ini tak hanya untuk menyalurkan hobi saja, namun juga bisa membuat lingkungan rumah menjadi lebih eksotis lagi nantinya. Untuk menanam mentimun hidroponik ini mudah kok, kita bisa memanfaatkan barang seadannya nanti.

Persiapan alat dan bahan

Alat dan bahan yang kita maksudkan disini tentu keperluan yang dibutuhkan untuk menanam mentimun hidroponik sistem sumbu. Untuk bahan-bahan ini bisa menyesuaikan bahan yang tersedia dirumah anda nantinya, berikut beberapa peralatannya:

  • Tandon: untuk menampung wadah nutrisi ini bisa memanfaatkan wadah kecil atau menggunakan box styrofoam.
  • Plastik hitam: plastik ini diperlukan untuk melapisi box styrofoam tadi supaya bisa digunakan untuk menampung nutrisi
  • Kain flanel: kain ini nantinya digunakan sebagai sumbu
  • Media tanam: untuk media tanam ini bisa menggunakan yang paling muudah saja ya, seperti arang sekam
  • Pot/net pot: untuk pot ini bisa menggunakan cup plastik bekas saja, jadi tak perlu yang mahal
  • Ajir(penyangga): karena mentimun merupakan salah satu tanaman merambat, maka kita harus menyiapkan ajir agar nantinya bisa tumbu maksimal

Persiapan Nutrisi Mentimun Hidroponik

Untuk tanaman mentimun ini, anda bisa menggunakan nutrisi AB mix nantinya untuk hasil lebih optimal, namun jika tak ada, anda bisa menggunakan nutris biasa saja, toh hasilnya juga lumayan. Silahkan anda beli nutrisi hidrponik yang berbentuk serbuk, lalu larutkan kedalam air hingga larutan pekat. Larutkan sesuai dengan peytunjuk yang ada didalam kemasan.

Cara Menanam Mentimun Hidroponik Dengan Menggunakan Sistem Sumbu Mentimun Hidroponik Cara Menanam Mentimun Hidroponik Dengan Menggunakan Sistem Sumbu Menanam Mentimun Hidroponik

Persiapan Benih Mentimun Hidroponik

Untuk benih mentimun ini anda bisa langsung membelinya di toko pertanian nanti, beli bibit mentimun sesuai dengan kebutuhan saja nantinya. Jadi tak  perlu banyak-banyak juga.

Persiapan wadah  dan pot

Jika anda memilih box styrofoam, maka silahkan anda lapisi bagian dalamnya menggunakan plastik hitam. Lalu box bagian atas silahkan anda beri lubang sesuai ukuran cup/net pot yang jumlahnya ada 4, atau bisa juga sesuai selera. Lalu bagian samping box silahkan dilubangi, diameter lubang cukup 1 cm saja, fungsi lubang ini untuk ventilasi udara nantinya agar didalam box tidak pengap dan akar tanaman mendapat oksigen

Lalu untuk bagian bawah cup silahkan anda lubangi sebanyak mungkin, lalu diberikan kain flanel untu sumbunya. Lalu masukan media tanam kedalam cup, dan media tanam disiram dengan air hingga basah.

Cara Semai Benih Mentimun Hidroponik

Jika media tanam sudah basah, maka langkah selanjutnya yang harus anda lalukan ialah benih mentimun hidroponik ini ditanam pada cup/net pot, cukup 1 benih 1 cup saja. Jika sudah, selanjutnya silahkan diletakan di box styrofoam lalu simpan pada tempat yang teduh dan terlindung dari sinar matahari langsung. Dan pada waktu sekitar 4-5 harus maka benih mentimun hidroponik ini akan nampak tumbuh, jika benih sudah tumbuh maka anda bisa mengenalkannya dengan matahari secara bertahap, agar bibit tumbuh dengan kokoh nanti.

Cara Menanam Benih Mentimun Hidroponik

Setelah bibit mentimun hidroponik sudah berusia 7 hari, maka bibit mentimun hidroponik sudah siap untuk dipindah ke tandon. Letakan tandon di tempat terbuka supaya  nantinya bisa mendapat sinar matahari secara penuh.

Pemberian Nutrisi Mentimun Hidroponik

Nah, karena jiki dihitung mulai bibit ditanam hingga hari ketujuh hanya menggunakan air biasa, maka untuk hari kedelapan atau bisa juga hari pertama bibit mentimun diletakan di tandon, maka segera isi tandon dengan mengguankan larutan nutrisi hidroponik dengan dosis rendah saja. Dalam setiap minggunya silahkan naikkan dosis nutrisi sedikit demi sedikit agar tanaman mentimun hidroponik ini bisa beradaptasi nantinya.

Dosis Pupuk Nutrisi mentimun hidroponik

Nutrisi hidroponik memang harus segera diberikan pada hari pertama penanaman atau saat dipindahkan ke tandon, beriku dosis pupuk nutrisi yang diberikan:

Minggu 1 (umur 0-7 hari): dosis pupuk untuk mentimun hidroponik adalah 600 ppm dengan takaran (3ml larutan A + 3 ml larutan B dalam 1 liter air)

Minggu 2 (umur 8-14 hari): dosis pupuk untuk mentimun hidroponik adalah 800 ppm dengan takaran (4ml larutan A + 4 ml larutan B dalam 1 liter air)

Minggu 3 (umur 15-21 hari): dosis pupuk untuk mentimun hidroponik adalah 1000 ppm dengan takaran (5ml larutan A + 5 ml larutan B dalam 1 liter air)

Minggu 4 (umur 22-28 hari): dosis pupuk untuk mentimun hidroponik adalah 1200 ppm dengan takaran (6 ml larutan A + 6 ml larutan B dalam 1 liter air)

Minggu 5 (umur 29-35 hari): dosis pupuk untuk mentimun hidroponik adalah 1400 ppm dengan takaran (7 ml larutan A + 7 ml larutan B dalam 1 liter air)

Minggu 6 (umur 36-42 hari): dosis pupuk untuk mentimun hidroponik adalah 1600 ppm dengan takaran (8 ml larutan A + 8 ml larutan B dalam 1 liter air)

Minggu 7 (umur 43 hari sampai panen): dosis pupuk untuk mentimun hidroponik adalah 1600 ppm dengan takaran (8 ml larutan A + 8 ml larutan B dalam 1 liter air)

Pemeliharaan Mentimun Hidrponik

#Penambahan larutan nutrisi

Pengecekan ketersediaan secara berkala memang sangat perlu untuk dilakukan setiap petani. Hal ini dikarenakan jangan samapi tanaman Mentimun Hidrponik kehabisan nutrisi nantinya. Tambahkan jika nutrisi sudah mulai berkurang, perlu di ingat jika semakin bertambahnya usia dari tanaman Mentimun Hidrponik ini makan konsumsi nutrisi juga semakin besar nantinya.

#Penambahan dosis larutan nutrisi

Untuk penambahan dosisi larutan nutrisi ini sebaiknya dilakukan setiap 1 minggu sekali. Dosis larutan nutrisi harus sesuai dengan usia dari tanaman yang anda miliki. Anda bisa melihatnya dari pucuk tanaman, apabila terlihat mengecil maka dosis nutrisinya rendah, tak sesuai yang dibutuhkan.

#Pengecekan pH larutan nutrisi

Ph ideal untuk setiap tanaman adalah 5,5-6,5. Cek pH larutan nutrisi anda minimal 1 minggu sekali, apabila pH nya dibawah 5.5 maka tambahkan pH Up, dika terlalu berlebihan, maka berikan pH down.

#Perhatikan suhu larutan nutrisi

Untuk suhu larutan nutrisi hidroponik akan berpengaruh pada daya serap akar tanaman. Suhu larutan nutrisi yang terlalu tinggi bisa membuat turunya daya absorbsi akar tanaman, dan hal ini bisa menyebabkan tanaman akan mati. Suhu ideal untuk tanaman hidroponik adalah 25-30 C.

#Pengendalian hama dan penyakit

Tanaman Mentimun Hidroponik ini ternyata juga sangat rentan terhadap beragam hama penyakit lho, untuk skala hobi mungkin penyakit ini masih bisa dikendalikan secara manual yakni dengan membuang bagian yang terserang penyakit. Namun jika dalam sekala besar perlu dilakukan penyemprotan pestisida dengan dosis yang sudah disesuaikan.

#Penyemprotan pupuk daun

Untuk bagian ini difungsikan agar memenuhi kebutuhan nutrisi mikro, sehingga tanaman Mentimun Hidroponik bisa tumbuh dengan optimal nanti. Semprotkan pupuk daun setiap 7-10 hari sekali.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: