Cara Mencegah Kering Batang Dan Serangan Jangkrik

Cara Mencegah Kering Batang Dan Serangan Jangkrik

Mencegah Kering Batang Dan Serangan Jangkrik – Penyakit kering batang yang kita maksud dalam kasus ini ada adalah kering pada bagian batang tanaman yang baru ditanam. Dalam budidaya cabe dengan memanfaatkan mulsa plastik sebenarnya ada keuntungan dan kelemahnnya.

Dengan penggunaan mulsa plastik ini kita memiliki keuntungan yang mencegah gulma  maupun rumput liar tumbuh lebat disekitar tanaman, menjaga tanah tetap gembur, kelembaban stabil, hingga mampu meminimalisir serangan hama maupun penyakit.

Cara Mencegah Kering Batang Dan Serangan Jangkrik Kering Batang Cara Mencegah Kering Batang Dan Serangan Jangkrik Mencegah Kering Batang Dan Serangan Jangkrik

Namun pengunaan mulsa plastik ini tak selamanya menguntungkan ya, karena masih ada masalah lain yang bisa muncul dengan penggunaan mulsa plastik ini. Resiko yang paling sering muncul ialah kematian tanaman yang disebabkan karena suhu panas yang dihasilkan dari dalam mulsa itu sendiri.

Hal ini bisa saja terjadi untuk mereka yang tinggal di daerah dataran rendah dan dengan daerah yang memiliki suhu tinggi, seperti contohnya Sumatera Utara dan Riau. Dan ciri-ciri tanaman yang mati akibat hawa panas ini adalah pada bagian batang bawah kering dan patah.

Penyebab masalah kering batang initidak lain karena semburan hawa panas dari dalam mulsa tersebut berfokus pada lubang tanam sehingga mengenai batang tanaman dan membuatnya jadi kering. Hal ini bisa disebabkan karena tanaman yang baru ditanam ini belum memiliki akar yang kuat sehigga seluruh bagian tanaman belum mendapat pasokan air yang terpenuhi.

Untuk menghindari hal ini terjadi, maka ada beberap trik yang perlu anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut. Selain untuk mengatasi masaah kering batang, tehnik ini juga bisa untuk mengatsi serangan jangkrik. Berikut langkah-langkahnya :

Perangsang akar

Sebelum bibi ditanam pada lahan, sebaiknya berikan perngsang akar terlebih dahulu. Untuk hal ini bisa menggunakan zpt kimia maupun zpt alami yang bisa dibuat dengan menggunakan bawang merah. Penggunaan perangsang akar ini dimaksudkan agar akar dari tanaman cepat tumbuh sehingga penyerapan air bisa makin cepat nantinya.

Penyiraman rutin

Pada saat tanaman masih baru, sebaiknya penyiraman rutin perlu dilakukan. Dengan melakukan penyiraman rutin ini nantinya bisa membuat pertumbuhan akar dan tanaman bisa lebih cepat. Tanaman yang memiliki akar kuat akan mampu bertahandalam cuaca ekstream dan semburan dari suhu panas.

Menutup sekeliling lubang menggunakan tanah

Disekeliling lubang dari tanaman ini sebaiknya ditutupi dengan tanah, agar tanaman bisa terhindar dari semburan hawa panas.

Menggunakan bambu

Potong bambu dengan panjang sekitar 10 cm,lalu dipasang pada tanaman. Bambu ini berfungsiuntuk menahan hawa panas ang ada dalam mulsa

Menggunakan daun kelapa

Sebagai alternatif baru tadi anda bisa menggunakan daun  kelapa. Potong daun kelapa sesuai dengan ukuran  tanaman, lalu dipasang untuk menutupi batrn tanaman. Untuk lebih baik, sebaiknya gunakan 2 daun kelapa digunakan untuk menutupi satu batang tanaman.

Beberapa cara diatas tak hanya bermanfaat untuk mengatasi kering batang saja, namun juga bisa digunakan untuk mengatasi serangan jangkrik juga. Demikain informasi dari kami, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *