Cara Mengendalikan Penyakit CVPD pada Jeruk Secara Alami Serta Kimiawi – Part 2

Cara Mengendalikan Penyakit CVPD pada Jeruk  – Mengetahui bagaimana cara mengendalikan penyakit CVPD merupakan hal penting. Khususnya untuk anda yang ingin menanam Jeruk sendiri di rumah. Ya, penyakit CVPD merupakan salah satu penyakit yang menjadi musuh bebuyutan bagi petani Jeruk.

Jika tidak ditangani dengan tepat maka penyakit ini bisa membuat para petani gagal panen. Berikut adalah kelanjutan informasi tentang Cara Mengendalikan Penyakit CVPD pada Jeruk yang harus anda ketahui.

Cara Mengendalikan Penyakit CVPD pada Jeruk Secara Alami Serta Kimiawi - Part 2 Penyakit CVPD pada Jeruk Cara Mengendalikan Penyakit CVPD pada Jeruk Secara Alami Serta Kimiawi - Part 2 Cara Mengendalikan Penyakit CVPD pada Jeruk Secara Alami Serta Kimiawi Part 2

Cara Pengendalian Penyakit CVPD pada Tanaman Jeruk

Dalam mengendalikan penyakit CVPD ini rupanya bisa dilakukan dengan dua cara yaitu secara alami dan kimiawi. Untuk lebih jelasnya mari simak ulasan dibawah ini.

Cara mengendalikan penyakit CVPD dengan cara alami :

  • Menggunakan batuan kepik merah. Cara mengendalikan penyakit CVPD ini biasanya disebut dengan menggunakan musuh alami.
  • Pastikan bibit yang digunakan merupakan golongan dari varietas unggul.

Cara mengendalikan penyakit CVPD dengan cara kimiawi :

  • Melakukan penyemprotan insektisida kontak bahan aktif dari methoat atau sipermetrin.
  • Penggunaan insektisida kimia
  • Penyaputan batang utama dengan insektisida sistematik bahan aktif imedakloropid/abamektin tanpa pengenceran saat tanaman bertunas.

Biasanya cara penyaputan ini bisa dilakukan dengan batang utama yang disaput dibersihkan menggunakan kain lap. Biasanya bagian yang di lap berjarak 10-20 cm dari bidang mata okulasi. Jika sudah disaput maka bagian perakaran tanaman disiram menggunakan air agar kerja insketisidanya bekerja dengan baik.

Itu tadi cara mengendalikan penyakit CVPD pada Jeruk. Memang tidak semua tanaman Jeruk diserang penyakit CVPD ini. ‘Sedia payung sebelum hujan’ meskipun tanaman Jeruk tidak diserang penyakit CVPD tidak ada salahnya jika kita melakukan pencegahan.

Berikut adalah beberapa faktor yang perlu anda perhatikan dalam melakukan peenecagahan sekaligus penaggulangan penyakit CVPD :

  1. Serangga Vector

Serangga Vector atau Kutu  Loncar menularkan penyakit CVPD ini melalui pesemaian. Agar populasi kutu loncat ini tidak bertambah anda bisa menggunakan Insektisida jenis dimethoate (rogor 40 EC, Cygon, Roxion 40 EC). Pengaplikasian insekstisida ini bisa dilakukan dengan menyuntikannya pada batang atau disemprotkan ke daun.

  1. Era dikasi

Tanaman Jeruk yang terserang penyakit CVPD ini menghasilkan buah yang jauh lebih sedikit. Jeruk yang terserang penyakit CVPD ini adalah sumber inokulum bagi tanaman disekiranya oleh karena itu Jeruk yang menderita penyakit CVPD harus segera dimusnahkan.

  1. Pemupukan dan Pengairan

Salah satu gejala munculnya penyakit CVPD ini adalah kurangnya resapan air. Biasanya lahan yang kekurangan air ini adalah lahan yang belum biasa melakukan pemupukan. Idealnya tanaman Jeruk diberi pupuk makro dan pupuk mikro.

  1. Penggunaan Antibiotik Oksitetrasiklin

Untuk tanaman Jeruk yang terkena penyakit CVPD ini biasanya tergolong serangan ringan. Bahkan penyakit CVPD ini tidak bisa sembuh total penyembuhan penyakit ini bersifat sementara sehingga pemberian antibiotik oksitetrasiklin ini perlu dilaakukan berulang-ulang.

Jika ingin mendapat hasil yang maskimal maka tanaman Jeruk yang sudah di infus harus diberi pupuk dan mendapat pengairan yang cukup.

  1. Penggandaan Bibit Jeruk Bebas Penyakit

Untuk proses penggandaan bibit ini bisa dilakukan jika mendapat pengawasan dari balai pengawasan dan sertifikasi benih atau BPSB. Bahkan pusat penelitian dan pengembangan tanaman holtikultura juga sudah mengembangkan sebuah teknik baru yaitu dengan menyambung tunas pucuk atau bahasa gaulnya shoot tip grafting, STG. Teknik seperti ini sudah diterapkan dibeberapa daerah di Indonesia seperti kepulauan Jawa, Riau, Bali dan Sulawesi.

Itulah informasi seputar Cara Mengendalikan Penyakit CVPD pada Jeruk. Semoga informasi tadi bermanfaat untuk anda semua.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: