Cara Menggunakan Pestisida Yang Baik Dan Benar

Cara Menggunakan Pestisida Yang Baik Dan Benar

Cara Menggunakan Pestisida Yang Baik Dan BenarMeskipun bisa dikatakan sudah begitu akrab dengan sebuah pestisida kimia, namun hal ini faktanya masih banyak kesalahan dalam pemakaiannya dilapangan. Hal ini biasanya bukan dikarenakan kurang pengetahuan, namun memang kita sendiri yang mengabaikan peraturan yang disediakan di dalam kemasan.

Pestisida kimia hingga saat ini masih diandalkan oleh para petani untuk mengatasi serangan hama penyakit pada tanaman. Memang tidak salah, karena pengetahuan tentang pestisida nabati masih berkurang, apalagi saat ini pestisida nabati masih belum mampu memberikan dampak optimal untuk menggantikan posisi dari pestisida kimia.

Cara Menggunakan Pestisida Yang Baik Dan Benar cara menggunakan pestisida Cara Menggunakan Pestisida Yang Baik Dan Benar Cara Menggunakan Pestisida Yang Baik Dan Benar

Dalam penggunaan pestisida kimia ini seharusnya bisa diterapkan seefisien mungkin dan seefektif mungkin. Hal ini agar bisa menekan biaya produksi dan juga pencemaran lingkungan. Dengan menggunakan pestisida tidak tepat, hal ini bisa membuat biaya produksi dan juga berbahaya bagi lingkungan dan juga kesehatan manusia itu sendiri.

Dengan menggunakan pestisida yang berlebihan atau kurang dari dosis yang dianjurkan, hal ini bisa menyebabkan sifat resistensi hama dan penyakit terhadap bahan aktif pestisida itu sendiri. Maka dari itu, pengetahuan tentang pestisida memang perlu untuk dipelajari. Beberapa hal yang perlu diketahui dalam penggunaan pestisida yang benar dan tepat sasaran :

Kenali jenis hama dan penyakit

Melakukan diagnosa pada hama dan penyakit memang perlu dilakukan terlebih dahulu, hal ini sangat perlu dilakukan untuk menentukan jenis dan bahan aktif pestisida yang akan kita gunakan nanti. Hal ini dikarenakan setiap hama dan penyakit memiliki kriteria sendiri-sendiri, dan cara penanganannya pun berbeda-beda. Alangkah baiknya jika memilih jenis pestisida yang digunakan untuk hama sasaran khusus.

Kenali bahan akktif

Pengenalan tentang bahan aktif yang digunakan dalam pestisda wajib untuk dilakukan, setiap bahan aktif ini memiliki efek berbeda-beda untuk setiap hama dan penyakit. Masing-masing jenis bahan aktif memiliki kemampuan untuk mengendalikan hama dan juga penyakit yang berbeda-beda. Dengan mengenali jenis bahan aktif ini, maka akan menekan angka kerugian dari pembengkakan biaya produksi.

Gunakan pestisida secara bergantian

Dengan menggunakan1 jenis pestisida secara terus menerus, hal ini nantinya bisa menyebabkan sifat kekebalan. Gunakanlah pestisida dengan bahan aktif berbeda-beda secara bergantian, baik dari bahan aktif maupun cara kerjanya.

Bacalah petunjuk penggunaan

Dalam setiap produk pestisida ini pastinya ada petunjuk tertentu, seperti dosis, bahan aktif, serta cara mengaplikasikannya. Patuhilah semua aturan atau petunjuk yang ada didalam kemasan tersebut, penggunan pestisida yang tidak sesuai anjuran bisa menyebabkan efek negatif nantinya.

Gunakan dosis yang tepat

Untuk dosis dari setiap bahan aktif didalamnya sudah tertera dalam kemasan, jangan sampai mengurangi atau menambah dosis melebihi anjuran. Penggunaan dosis yang kurang bisa mengurangi efek membunuh hama, dan yang terjadi malah meningkatnya kekebalan dari hama tersebut. Dosis yang berlebihan juga bisa membuat tanaman keracunan dan tentunya hal ini sangat berbahaya untuk lingkungan dan manusia.

Apliaksi pada waktu yang tepat

Mengaplikasikan pestisida ini bisa dilakukan sebelum serangan hama terjadi, hal ini sangat efektif untuk melakukan pencegahan. Dengan melakukan pencegahan sejak dini, maka bisa menekan dalam penggunaan pestisida serta mampu menekan kerusakan yang disebabkan oleh hama. Biasanya, pemberian pestisida saat sudah terjadi serangan parah, hal ini tak memberikan dampak yang begitu optimal.

Waktu aplikasi yang tepat

Waktu tepat untuk pemberian pestisida ini adalah pada saat pagi hari sebelum matahari terik serta sore hari sekitar pukul 15.00. Saat pagi hari, hama tidak begitu aktif bergerak sehingga sangat cocok untuk melakukan penyemprotan. Hindari juga melakukan penyemprotan saat cuaca mendung.

Jangan terkecoh harga murah

Mungkin tidak salah ya jika harga murah belum tentu memiliki kualitas yang baik, namun perlu di ingat jika barang yang berkualits suah pasti harganya tidak murah. Maka dari itu sangat perlu kejelian dalam membeli sebuah produk pestisida, jangan sampai terkecoh dengan harga murah namun khasiatnya murahan.

Nah itu tadi sedikit informasi dari kami tentang cara menggunakan pestisida yang baik dan benar, semoga bermanfaat. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *