Cara Mengkonsumsi Bawang Dayak Dan Khasiatnya

Cara Mengkonsumsi Bawang Dayak Dan Khasiatnya

Cara Mengkonsumsi Bawang Dayak Dan KhasiatnyaBawang Dayak adalah tanaman herbal khas dari kalimantan, nama dari Bawang Dayak ini sendiri diambil dari daerah asalnya yakni kalimantan yakni dari masyarakat suku dayak. Bawang Dayak sendiri asal mulanya merupakan berasal dari Amerika, dan tanaman ini sudah lama digunakan masyarakat dayak untuk pengobatan.

Cara Mengkonsumsi Bawang Dayak Dan Khasiatnya cara mengkonsumsi bawang dayak Cara Mengkonsumsi Bawang Dayak Dan Khasiatnya cara mengkonsumsi bawang dayak

Bawang Dayak memiliki umbi yang berwarna merah dengan daun berwarna hijau mirip seperti bawang merah. Namun yang membedakannya ukuran Bawang Dayak ini lebih besar. Didalam umbi Bawang Dayak mengandung senyawa yang cukup banyak dan berkhasiat untuk mengatasi beragam masalah kesehatan.

Secara empiris Bawang Dayak ini biasa digunakan untuk mengobati beberapa penyakit, seperti obat hipertensi, kanker payudara, hingga kencing manis. Bawang Dayak ini bisa tumbuh disemua iklim sehingga sangat cocok untuk skala industri, dan juga waktu panen Bawang Dayak ini cukup singkat, sekitar 3-4 bulan saja.

Kandungan senyawa kimia Bawang Dayak

Tanaman Bawang Dayak ini memiliki banyak sekali kandungan senyawa kimia yang sanga baik untuk kesehatan. Beberapa senyawa yang ada adalah alkaloid, flavanoid, glikosida, steroid, fenolik, dan juga zat tanin yang sekarang banyak sekali dikembangkan sebagai obat herbal. Senyawa alkaloid, glikosida, flavanoid, dan juga saponin memiliki aktivitas hipoglikemik yang bisa menurunkan kadar glukosa darah sehingga sangat cocok untuk pengidap penyakit diabetes.

Manfaat Bawang Dayak untuk pengobatan

  • Manfaat Bawang Dayak Sebagai Obat Kanker Usus
  • Khasiat Bawang Dayak Untuk Menyembuhkan Luka
  • Khasiat Bawang Dayak Sebagai Obat Kanker Payudara
  • Manfaat Bawang Dayak Sebagai Obat Diabetes Melitus
  • Manfaat Bawang Dayak Untuk Ibu-ibu Setelah Melahirkan
  • Khasiat Bawang Dayak untuk Mengatasi Sembelit
  • Khasiat dan Manfaat Bawang Dayak Untuk Mengatasi Hipertensi
  • Manfaat dan Khasiat Bawang Dayak Untuk Menurunkan Kolesterol
  • Khasiat Bawang Dayak Sebagai Obat sakit Perut
  • Manfaat Bawang Dayak Sebagai Obat Disentri
  • Manfaat Bawang Dayak untuk Mengatasi Muntah-muntah
  • Kegunaan Bawang Dayak Sebagai Obat Bisul
  • Manfaat Bawang Merah untuk Mengatasi Stroke
  • Khasiat Bawang Dayak untuk Mengobati Sakit kuning

Beberapa khasiat lain Bawang Dayak untuk pengobatan diantaranya mengatsi penyakit amandel, asam urat, bornkitis, jantung, hepatitis, kanker paru-paru, hingga TBC. Kandungan antioksidan yang ada didalam Bawang Dayak dipercaya oleh ahli kedokteran untuk mereduksi penyakit kronis seperti kanker hingga jantung.

Cara Mengkonsumsi Bawang Dayak Dan Khasiatnya cara mengkonsumsi bawang dayak Cara Mengkonsumsi Bawang Dayak Dan Khasiatnya manfaat bawang dayak

Kandungan Bawang Dayak yakni alisini dipercaya sangat berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah, kandungan naphstoquinones dalam Bawang Dayak juga bisa menjadi antimikroba, antiviral, hingga anfungal. Untuk mendapatkan khasiat maksimal dari Bawang Dayak ialah pada saat pertumbuhannya muncul kuncup bunga.

Cara mengkonsumsi Bawang Dayak dan mengolah umbi Bawang Dayak

Seluruh bagian Bawang Dayak mulai dari umbi, akar, hingga daunnya sangat berkhasiat jika dikonsumsi. Beberapa hasil pengolahan tanaman Bawang Dayak ini diantaranya simplisia, bubuk, instan dan manisan.

Cara mengkonsumsi Bawang Dayak untuk pengobatan

Bawang Dayak boleh dikonsumsi saat keadaan masih segar untuk pegobatan, caranya: cuci bersih 3-4 buah Bawang Dayak, lalu iris tipis dan diseduh dengan 1 gelas air hangat 200 ml, minum selagi hangat 2-3 kali sehari.

Cara membuat bubuk Bawang Dayak

Cuci bersih seluruh bagian dari Bawang Dayak mulai umbi dan daunnya. Lalu di iris tipis dan dikeringkan menggunakan oven pada suhu 50 C selama 8 jam. Atau bisa dijemur dibawah terik matahari hingga benar-benar kering, lalu dinginkan dan haluskan dengan cara ditumbuk atau di blender. Sebelum dikemas, bubuk Bawang Dayak ini silahkan diayak terlebih dahulu. Cara mengkonsumsinya cukup diseduh dengan air mendidih.

Cara membuat kapsul Bawang Dayak

Dengan membuat kapsul Bawang Dayak ini sama saja dengan mengawetkannya agar lebih praktis. Cara membuat kapsul Bawang Dayak masih sama dengan cara membuatnya jadi bubuk, lalu bubuk tadi disimpan dalam kapsul. Dengan menaruhnya pada kapsul akan lebih mudah menyimpan dan mengkonsumsinya.

Cara membuat Bawang Dayak instan

Ambil Bawang Dayak secukupnya, lalu cuci bersih dan potong tipis pada bagian umbi serta daunnya. Taruh wadah dan tambahkan air bersih dengan perbandingan 1:2 (1kg Bawang Dayak ditambah 2 liter air). Lalu blender bawnag dayak dan saring. Selanjutnya direbus hingga mendidih dan tambahkan 1kg gula pasir. Selama proses perebusan silahkan diaduk terus hingga menjadi kristal nantinya. setelah dingin, silahkan kemas kristal Bawang Dayak tadi dan disimpan, bisa juga langsung dikonsumsi dengan cara diseduh dengan air mendidih.

Cara membuat simplisia Bawang Dayak

Cuci bersih seluruh bagian Bawang Dayak, lalu potong-potong tipis dan dikeringkan menggunakan oven dengan sushu 50 C selama 8 jam lamanya, atau bisa dijemur dibawah matahari hingga kering. Setelah kering, simplisia Bawang Dayak silahkan dikemas rapi dan disimpan. Cara mengkonsumsinya silahkan diseduh dengan air mendidih.

Cara membuat manisan Bawang Dayak

Cuci bersih seluruh bagian Bawang Dayak. Lalu potong tipis dengan ketebalan sekitar 1-2 mm. Siapkan 1kg gula dan dilarutkan dengan 1 liter air. Kukus selama 5 menit lalu masukkan larutan gula tadi pada Bawang Dayak sudah di iris, dan terus diaduk. Masak hingga kental dan juga kering, hingga membentuk kristal gula. Dan manisan Bawang Dayak sudah siap untuk dikonsumsi.

Selain sangat cocok untuk dikonsumsi sebagai makanan atau camilan, khasiat yang ada didalam Bawang Dayak juga sangat cocok untuk dijadikan pengobatan alternatif juga nantinya. Demikian informasi dari kami tentang cara mengkonsumsi Bawang Dayak dan khasiatnya, semoga apa yang kami sampaikan ini bermanfaat untuk anda semua.

Comments
  1. Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *