Cara Merawat Bunga Krisan Agar Tetap Segar dan Tidak Layu

Cara Merawat Bunga Krisan Agar Tetap Segar dan Tidak Layu

Cara Merawat Bunga Krisan Agar Tetap Segar dan Tidak LayuBunga krisan, adalah sejenis tumbuhan bunga yang biasa dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Bunga Krisan ini memiliki ciri khas aroma yang wangi dan juga sangat khas, tanaman inimasih masuk dalam keluarga tanaman berjenis kenikiran.

Cara Merawat Bunga Krisan Agar Tetap Segar dan Tidak Layu cara merawat bunga krisan Cara Merawat Bunga Krisan Agar Tetap Segar dan Tidak Layu Cara Merawat Bunga Krisan Agar Tetap Segar dan Tidak Layu

Bunga Krisan ini di dunia memiliki banyak sekali spesies dan juga berwarna-warni. Tak hanya dimanfaatkan sebagai tanaman hias saja, Bunga Krisan ini juga bisa dimanfaatkan untuk ramuan kesehatan dan juga bisa untuk campuran teh.

Sebagai salah satu tanaman hias, Bunga Krisan ini juga memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi di Indonesia, dan juga memiliki prospek yang cukup cerah di sektor pemasaran. Beberapa spesies Bunga Krisan yang biasa untuk pengobatan sangat berkhasiat untuk mengatasi masalah batuk, sakit kepala, sinusitis, nyeri perut, hingga sesak nafas.

Layaknya tanaman lain, dimana Bunga Krisan ini bisa juga layu jika sudah cukup lama di petik, nah biasanya para penjual Bunga Krisan ini memanfaatkan sebuah wadah yang diberikan air agar Bunga Krisan bisa tetap segar nanti. Namun cara ini hanya biasanya bertahan selama 3-4 hari saja.

Jika anda ingin memiliki Bunga Krisan yang awet cukup lama, pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi informasi tentang cara merawat Bunga Krisan agar tetap segar dan tidak layu dengan waktu yang cukup lama kepada anda semua. Caranya cukup mudah kok, anda bisa mengikutinya seperti dibawah ini.

Larutan Pulsing

Cara merawat Bunga Krisan agar tetap segar dan tidak layu dengan waktu yang cukup lama, maka kali ini kita memanfaatkan zat yang bernama larutan pulsing. Larutan pulsing ini berguna untuk menjaga bunga potong sebelum dikirim agar memberinya sumber energi sehingga melindungi tangkainya dari serangan mikroorganisme yang menyebabkannya layu.

Cara Merawat Bunga Krisan Agar Tetap Segar dan Tidak Layu cara merawat bunga krisan Cara Merawat Bunga Krisan Agar Tetap Segar dan Tidak Layu Merawat Bunga Krisan Agar Tetap Segar dan Tidak Layu

Larutan pulsing ini bermanfaat sekali untuk mengawetkan bunga Krisan agar tidak layu dengan kurun waktu yang cukup lama, bisa mencapai waktu sekiar 2-3 minggu nantinya.

Cara Merawat Bunga Krisan Agar Tetap Segar dan Tidak Layu

  • Kurangi daun pada bagian sepertiga bawah bunga krisan
  • Tangkai bunga Krisan dipotong serong dan diikat, dalam satu ikatan berisi sekitar 10 tangkai bunga krisan
  • Silahkan bungkus bunga krisan dengan menggunakan kertas, biarkan sekitar 20 cm dari bawah tangkai tidak terbungkus.
  • Siapkan larutan pulsing dalam ember atau wadah untuk menampung Bunga Krisan tadi
  • Lalu pada bagian ujung Bunga Krisan yang tidak terbungkus kertas direndam pada larutan pulsing yang sudah di diamkan 16 jam lamanya
  • Untuk perendaman ini sebaiknya segera dilakukan setelah bunga dipetik dan sebelum dikirim, lebih baik lagi dalam melakukan pulsing ini dalam ruangan yang dingin
  • Setelah dipulsing ini, bunga silahkan dikemas untuk dikirim
  • Sesampainya di tempat tujuan, maka untuk membuatnya segar kembali silahkan rendam ujung tangkai bunga krisan kedalam air

Bahan dan cara membuat larutan pulsing

Bahan pembuatan larutan pulsing untuk bunga krisan :

  • Air bersih 1 liter
  • Asam sitrat 300 mg
  • Gula pasir 50 gram
  • Perak nitrat 50 ppm (opsional)
  • Ember atau wadah

Cara membuat larutan pulsing :

  • Masukan air bersih kedalam ember atau wadah
  • Masukan gula pasir lalu aduk hingga larut
  • Selanjutnya, masukkan asam sitrat dan perak nitrat, lalu aduk hingga rata

Nah itu tadi sedikit informasi dari kami tentang cara merawat Bunga Krisan agar tetap segar dan tidak layu, semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat untuk anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *