X

Cara Pemakaian Daun Sambiloto Untuk Pengobatan

Cara Pemakaian Daun Sambiloto Untuk PengobatanSambiloto merupakan sejenis tanaman yang sering tumbuh di kebun, tepi sungai, di pekarangan, maupun di tanah terbuka yang lembab. Tumbuhan liar yang memiliki khasiat untuk pengobatan ini konon berasal dari Asia Tropis.

Daun Sambiloto ini dikenal memiliki khasiat dan juga manfaat unutk mengobati berbagai jenis penyakit, baik itu penyakit ringan maupun penyakit berat. Dari hasil sebuah penelitian, telah membuktikan jika Daun Sambiloto memiliki kandungan berbagai senyawa kimia didalamnya.

Mengingat kandungan dan juga fungsi dari Daun Sambiloto ini begitu bermanfaat, maka dari itu saat ini Daun Sambiloto banyak diteliti untuk dikembangkan sebagai bahan bako obat modern, diantaranya untuk obat HIV dan anti Kanker.

Nama Komposisi Kandungan Kimia Daun Sambiloto

Komponen utama yang terdapat didalam Daun Sambiloto ini adalah Andrographolide yang berguna sebagai obat. Selain itu, Daun Sambiloto ini juga memiliki kandungan saponin, falvonoid, alkaloid, dan juga Tanin. Kandungan Kimia Lainya adalah Iaktone, panikulin, kalmegin, hablur kuning, yang memiliki rasa pahit. Daun Sambiloto ini memang memiliki rasa pahit, hal ini karena adanya senyawa andrographolid yang banyak didalamnya, terutama pada bagian daun dan juga batangnya.

Cara Pemakaian Daun Sambiloto Untuk Pengobatan

Herba kering sambiloto sebanyak 10-20 gram, direbus atau herba kering digiling halus menjadi sebuah bubuk lalu diseduh, minum 3-4 kali sehari. Lalu untuk pengobatan kanker ini digunakan untuk cairan infus, injeksi, maupun tablet. Lalu untuk pemakaian luar, herba segar Daun Sambiloto ini direbus lalu iarnya digunakan untuk mencuci, atau digiling atau dihaluskan lalu dibubuhkan ketempat yang sakit.

Cara Mengolah Dan Membuat Obat Dari Daun Sambiloto

Resep Herbal Influenza

Siapkan bubuk keirng sambiloto sebanyak 1 gram, lalu diseduh dengan cangkir air panas. Setelah dingin lalu diminum sekaligus 3-4 kali sehari.

Resep Herbal Demam

Siapkan daun sambiloto segar 1 genggam lalu ditumbuk. Tambahkan ½ cangkir air bersih, disaring lalu minum sekaligus. Daun sambiloto yang dihaluskan ini juga bisa digunakan sebagai tapal badan yang panas.

Resep Herbal TB Paru

Giling daun sambiloto kering hingga menjadi bubuk. Lalu tambahkan madu sevykupnya sambil diaduk rata. Lalu dibuat pil dengan diameter 0.5 cm. pil ini lalu silahakn dikonsumsi dengan air matang. Minum 2-3 kali sehari.

Resep Herbal Rejan

Ambil daun sambiloto segar 5-7 lembar, lalu diseduh dengan ½ cangkir air panas. Lalu tambahkan dengan madu secukupnya sambil diaduk. Setelah dingin lalu minum sekaligsu sebanyak 3x sehari.

Resep Herbal Radang Paru, Radang Mulut, Tonsilitis

Siapkan bubuk kerring herba sambiloto sebanyak 3-4,5 gram, lalu diseduh dengan air panas. Setelah dingin silahkan tambahkan madu secukupnya lalu diminum sekaligus

Resep Herbal Radang Tenggorokan

Herbal sambiroto segar sebanyak 9 gram, silahkan dicuci lalu dibilas dengan air matang. Bahan tersebut lalu dikunyah dan airnya ditelan.

Resep Herbal Kencing Manis

Siapkan daun sambiloto segar ½ genggam lalu di cuci dan direbus dengan menggunakan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 ¼ gelas. Setelah dingin silahkan disaring lalu diminum setelah makan, 3x sehari ¾ gelas.

Efek Samping Penggunaan Daun Sambiloto

Terasa pahit dimulut, tekanan darah rendah, sakit kepala, pendarahan, beresiko mengalami keguguran bagi wanita hamil, gangguan kesuburan, kelelahan, dan juga hilangnya nafsu makan.

Nah itu tadi ulasan dari kami tentang cara pemakaian daun sambiloto untuk pengobatan, semoga bermanfaat untuk anda semua.

wijaya :