Cara Pemberian Pupuk NPK Mutiara Pada Cabai, Terong, Tomat, Brokoli, Kubis, Dan Tanaman Lainnya

Cara Pemberian Pupuk NPK Mutiara Pada Cabai, Terong, Tomat, Brokoli, Kubis, Dan Tanaman Lainnya

Cara Pemberian Pupuk NPK Mutiara Pada Cabai, Terong, Tomat, Brokoli, Kubis, Dan Tanaman LainnyaPupuk NPK Mutiara adalah merupakan pupuk berstandar international yang sudah digunakan di berbagai negara di dunia. Meskipun harga dari pupuk NPK Mutiara ini tergolong mahal, namun masih saja laku dipasaran karena memang khasiatnya yang begitu handal untuk tanaman.

Pupuk NPK Mutiara ini bisa digunakan sebagai pupuk dasar maupun pupuk susulan. Untuk cara aplikasinya pun bisa dengan cara ditabur maupun dilarutkan di air lalu dikocorkan pada tanaman. Pupuk NPK Mutiara ini memiliki bentuk butiran granul berwarna biru langit yang memiliki sifat mudah larut dalam air, sehingga akan sangat mudah untuk diserap oleh akar tanaman nantinya.

Cara Pemberian Pupuk NPK Mutiara Pada Cabai, Terong, Tomat, Brokoli, Kubis, Dan Tanaman Lainnya Cara Pemberian Pupuk NPK Mutiara Cara Pemberian Pupuk NPK Mutiara Pada Cabai, Terong, Tomat, Brokoli, Kubis, Dan Tanaman Lainnya Cara Pemberian Pupuk NPK Mutiara Pada Cabai Terong Tomat Brokoli Kubis Dan Tanaman Lainnya

Cara pupuk NPK Mutiara Sebagai Pupuk Dasar

Cara pemberian pupuk NPK Mutiara Untuk tanaman sayur buah (cabai, tomat, terong, timun, dll)

Cara pemberian pupuk NPK Mutiara sebagai pupuk dasar ini cukup dengan cara ditaburkan secara merata pada bendengan. Lalu bendengan ini ditutup dengan menggunakan tanah tipis sekitar 3-5 cm saja. Atau bisa saja diaduk atau dicampur dengan tanah tersebut. hal ini dimaksudkan agar pupuk tidak menguap dan akan hanyut bila terkena air hujan.

Cara pemberian pupuk NPK Mutiara untuk tanaman sayur daun (kubis, sawi, brokoli, kangkung, dll)

Cara pemberian pupuk NPK Mutiara sebagai pupuk dasar ini saama dengan sayuran buah, yakni dengan cara ditaburkan diatas bedengan tanah lalu diaduk dengan tanah. Untuk dosisnya sesuaikan dengan kebutuhan.

Cara pemberian pupuk NPK Mutiara untuk tanaman umbi (bawang merah, bawang putih, kentang, wortel, dll)

Untuk tanaman umbi, maka pemberian pupuk NPK Mutiara ini ialah dengan cara ditaburkan pada bedengan. Penanaman bibit ini dilakukan pada 10-15 hari setelah penaburan pupuk, agar nantinya pupuk sudah menyatu dengan tanah terlebih dahulu agar tidak meracuni tanaman. Hal ini berlaku untuk semua jenis tanaman hortikultura

Cara pupuk NPK Mutiara Sebaga Pupuk Susulan

Cara pemberian pupuk NPK Mutiara untuk tanaman sayur buah

Pupuk susulan ini diberikan pada saat pasca tanam hingga tanaman berproduksi. Untuk pemberian pupuk pada tanaman sayur buah ini pertama kali diberikan pada saat tanaman berusia 10-15 hari setelah tanam. Lalu diulangi lagi setiap 7-30 hari sekali, cara aplikasinya cukup dengan ditabur atau di kocor.

Untuk cara ditabur:

Cara pemberian pupuk NPK Mutiara ini diberikan dengan cara ditabur pada sekeliling batang tanaman dengan jarak sekitar 10 cm dari pangkal batang. Semakin banyak usia tanaman, maka semakin lebar pula jarak pemberian pupuk ini, agar nantinya tanaman tidak keracunan dan membusuk. Setelah itu jangan lupa untuk menutup pupuk dengan tanah agar tidak menguap dan juga larut pada saat musim hujan.

Untuk cara di kocor:

Selain dengan cara ditabur, pemberian pupuk ini juga bisa dilakukan dengan cara dikocor. untuk pemupukan pada hari pertama, bisa dengan cara melarutkan 1 KG pupuk NPK Mutiara dengan 100 liter air. Lalu dikocorkan pada tanaman dengan takaran 250 ml per batang. Untuk pengocoran ini bisa dilakukan setiap 7-10 hari sekali.

Cara pemberian pupuk NPK Mutiara Untuk Tanaman Sayuran Daun

Untuk Cara pemberian pupuk NPK Mutiara susulan pada tanaman sayuran daun ini masih sama, yakni dengan cara ditabur atau dikocor. kedua cara ini memang begitu efektif untuk tanaman tertentu saja, jadi anda perkirakan saja kira-kira tehnik mana yang sesuai.

Cara ditabur:

Taburkan pupuk NPK Mutiara ini disekeliling batang tanaman, karena untuk penanaman jenis sayuran daun ini cukup rapat, jadi pastikan pada waktu menanam anda berikan jarak agar bisa digunakan untuk meletakan pupuk nanti. Pemupukan ini dilakuakan pada saat kondisi tanah basah atau setalh turun hujan. jika tidak ada hujan maka silahkan disiram terlebih dahulu hal ini dimasudkan agar pupuk mudah diserap.

Cara dikocor:

Untuk Cara pemberian pupuk NPK Mutiara dengan cara dikocor ini khusus pada tanaman bayam dan kangkung dilakukan dalam 2-3 kali. Untuk dosis tanaman sayuran bayam dan kangkung adalah 2-3 sendok makan dalam 10 liter air. Pupuk ini harus dilarutkan dengan benar benar larut, lalu disiramkan merata pada bagian tanaman. Setalh itu siram dengan air bersih untuk menghindari daun terkena pupuk yang bisa menyebabkanya layu nanti.

Cara pemberian pupuk NPK Mutiara untuk tanaman Holtikultura

Selain untuk tanaman budidaya, NPK Mutiara ini juga bisa dilakukan pada pembibitan tanaman sayuran, baik sayur buah maupun sayur daun. Untuk Cara pemberian pupuk NPK Mutiara pada tanaman holtikultura ini bisa dilakukan pada media semai dan setelah bibit tumbuh.

Cara menerapkan pupuk dengan cara disemai:

Untuk mendapatkan bibit semai yang baik, maka perlu menggunakan media tanam yang mengandung unsur hara yang cukup. Namun bisa juga dengan menggunakan NPK Mutiara ini untuk mempercepat pertumbuhannya. Untuk dosis pemberian NPK Mutiara ini untuk media semai pada tanaman sayuran ialah 2 sendok makan per 10 liter media semai. Diaduk hingga merata, setalah itu diamkan media semai selama 7-10 hari pada tempat yang teduh, terlindung dari panas matahari dan hujan. setelah itu bibit bisa disemai

Cara pemberian pupuk NPK Mutiara untuk bibit tanaman sayuran

Selain digunakan pada media semai, pemberian pupuk NPK Mutiara ini juga bisa digunakan untuk bibit yang sudah tumbuh. Aplikasi pupuk NPK Mutiara ini bisa dilakukan pada bibit yang terlihat kurus dan kekurangan unsur hara. pupuk NPK Mutiara ini dikocorkan pada bibit tanaman cabai, tomat, dan terong. Sementara untuk  tanamn sayuran buah merambat tidak perlu diberikan pupuk karena umur persemaiannya sangat singkat, hanya 5-7 hari saja.

Ntuk dosis pemberian pupuk NPK Mutiara ini adalah 2 sendok makan dengan 10 liter air, lalu disiramkan pada tanaman. Setelah itu bibit tanaman disemprot dengan air agar cairan pupuk NPK Mutiara tidak menempel pada daun.

Sekian infromasi dari kami tentang cara pemberian pupuk NPK Mutiara pada Cabai, Terong, Tomat, Brokoli, Kubis, dan tanaman lainnya, semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *