Cara Pembuatan Insektisida Alami Untuk Hama Wereng

Cara Pembuatan Insektisida Alami Untuk Hama WerengHama Wereng merupakan serangga yang menghisap cairan tumbuhan yang masih dalam anggota kepik sejati  khususnya memiliki ukuran yang kecil. Lantaran kehidupannya dari tumbuhan maka menjadilah hama dalam budidaya tanaman dan terutama pada tanaman padi.

Tidak hanya itu saja, Hama Wereng ini juga pemakan langsung dan menjadi salah satu vector penularan penyakit di berbagai tumbuhan yang penting dan khususnya pada kelompok virus tersebut. Adapun jenis wereng yang merupakan hama paling utama pada tanaman padi dan itu sudah tersebar secara luas di dunia.

Cara Pembuatan Insektisida Alami Untuk Hama Wereng Insektisida Alami Cara Pembuatan Insektisida Alami Untuk Hama Wereng Cara Pembuatan Insektisida Alami Untuk Hama Wereng

Ketahuilah bahwa jenis wereng yang paling merusah yaitu wereng cokelat dan wereng punggung putih. Jenis itu terdapat anggota keluarga Delpacidea. Selain itu wereng hijau yang juga termasuk keluarga Cicadellidae serta wereng loreng juga termasuk.

Bagaimana proses pengendalian hama wereng? Adapun cara yaitu menggunakan Insektisida kimia. Merskipun tidak menggunakan Insektisida, bisa juga membasmi hama wereng guna pestisida nabati yang sudah diolah dari bahan alami.

Cara pembuatan Insektisida Alami untuk membasmi Hawa Wereng Pada Tanaman Padi

Cara Pertama, siapkan minyak bawang putih 50 ml, air bersih 950 ml, sabun . Sedangkan untuk pembuatannya: sabun atau detergen diaduh rata barengan dengan minyak bawang putih lalu tambahkan air bersih dan diaduk sampai tercampur rata. Mengaplikasikannya cukup semprotkan formula tadi pada waktu pagi atau sore hari. Bisa anda lakukan 3-4 hari sekali dan tergantung dengan serangan hama tersebut pada tumbuhan padi.

Cara Kedua, 200 gram batang brotowali segar, 1 liter air bersih, siapkan blender untuk menghaliskan. Cara buatnya: cincang kecil-kecil batang brotowali kemudian bisa anda blender dan diamkan 1-2 jam setelah itu dilakukan penyaringan. Kalau ramuan sudah jadi maka semprotkan formulasi tadi pada tumbuhan padi yang terkena serangan hama wereng, bisa anda lekukan pada gai hari atau sore hari.

Cara Ketiga, bahannya daun dan bunga kenikir kurang lebih 2,5 kg, air bersih secukupnya. Untuk pembuatannya, daun dan bunga kenikir tadi anda blender terlebih dahulu sampai halus dan ditaruh di wadah, setelah itu tambahkan air sampai semua terendam. Kemudian diamkan kurang lebih 24 jam. Mengaplikasikannya, anda bisa saring ramuan itu dan ditambah air 16 liter, bisa anda semprotkan ke seluruh bagian tanaman padi.

Cara Keempat, 1 kg umbu gadung, 2 ons tembakau, air bersih secukupnya. Caranya kupas umbi gadung dan parut serta rendam menggunakan 500 ml air, untuk tembakau juga direndam dengan air mendidih  500 ml. Semua sudah maka anda bisa rendam ramuan tersebut selama kurang lebih 24 jamk. Prosesi perendaman sudah selesai maka kedua ramuan bisa anda campurkan dan dicampur serta diaduk rata. Cara menggunakannya: sekitar 400-500 ml formulasi tadi dilarutkan kedalam 16 liter air dan semprotkan ketanaman yang telah terserang hama wereng tersebut.

Cara Kelima, biji mimba 50 gram, alkohol 10 ml, air 1 liter. Proses pembuatan: biji mimba terlebih dulu dihaluskan dengan cara ditumbuk dan di campur dengan alkohol. Setelah itu campurkan dengan 1 liter air bersih yang sudah anda sediakan, kemudian aduh sampai rata. Diamkan 24 jam kalau sudah maka disaring. Untuk cara mengaplikasikan ke tanaman maka bisa anda encerkan 150-200 ml larutan dengan menggunakan 5 liter air lalu semprotkan.

Cara Keenam, bahan: 500 gram daun Srikaya Segar, 15 liter air bersih, deterjen secukupnya. Pembuatan: rebus lebih dulu daun srikaya dengan 2 liter air. Mengaplikasikannya ramuan didinginkan dan di tambah dengan 14 liter air dan semprot.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: