Cara Pemeliharaan Menanam dan Budidaya Gandum, Serta Vrietas Gandum Yang Tepat di Indonesia

Cara Budidaya Gandum – Gandum, merupakan salah satu makanan penghasil karbohidrat untuk masyarakat yang hidup di daerah sub tropis, dan termasuk kedalam jenis biji-bijian. Menurut sejarah, dahulu kala Gandum ini menjadi salah satu tanaman pangan yang dibudidayakan oleh manusia sebelum mereka mengenal tanaman jagung dan juga padi.

Cara Budidaya Menanam dan Pemeliharaan Gandum, Serta Vrietas Gandum Yang Tepat di Indonesia budidaya gandum Cara Pemeliharaan Menanam dan Budidaya Gandum, Serta Vrietas Gandum Yang Tepat di Indonesia budidaya gandum

Menurut penelitian dari para arkeolog, tanaman gandum ini pertama kali ditemukan di daerah Laut Merah dan Laut Mediterania, yakni dinegara Turki, Irak, Iran, dan juga Siria. Saat ini Gandum ini menjadi salah satu makanan pokok sejumlah negara besar di dunia, seperti Amerika Serikat, Kanada, Rusia, Turki, Australiahingga Indonesia.

Daerah Penghasil Gandum di Indonesia

Tak hanya padi, kini masyarakat Indonesia juga semakin familiar dengan makanan sumber karbohidrat lainnya yakni berbahan dasar gandum, contoh sederhananya speerti mie instan dan juga roti. Nah ternyata di negara kita Indonesia menjadi salah satu negara penghasil gandum juga lho, karena kebutuhan akan gandum ini meningkat, maka negara kita masih mengimpor dari Amerika dan Australia.

Lantas bagaimana ya agar negara kita tak perlu melakukan impor gandum dari negara lain? nah salah satu caranya yang harus kita lakukan adalah melakukan budidaya gandum itu sendiri untuk memenuhi kebutuhan. Sementara ini, beberapa daerah penghasil gandum di Indonesia ada di kabupaten Pasuruan saja. Hal ini tidak terlepas dari kesuksesan UPT Pusat Pengembangan Perbenihan Kentang (P3K) yang berada di Desa Ngadiwono, dimana mereka berhasil membudidayakan dan juga mengembangkan gandum yang berasal dari Australia.

Awalnya, P3K ini dibangun untuk membudidayakan kentang dengan kualitas unggul, namun kini mereka juga memiliki lahan yang diperuntukan budidaya gandum unggulan juga. Proyek ini menjadi satu-satuya penghasil gandum di Indonesia, dan menjadikan Kab. Pasuruan sebagai penghasil pertama gandum di Indonesia. Dalam 1 hektar, budidaya ini mampu menghasilkan sekiar 4 ton.

Syarat Untuk Menanam Gandum Agar Bisa Tumbuh

Nah untuk bisa melakukan budidaya gandum di Indonesia tak bisa sembarangan, hanya daerah tertentu saja yang bisa. Syarat menanam gandum ini berada di daerah dataran menengah hingga tinggi, yakni didaerah yang memiliki ketinggian mulai dari 800 mdpl dengan curah hujan minimal 600 mm per tahunnya. Untuk suhu udara yang harus dipenuhi adalah 15-25 C dengan kelembaban udara mencapai 80-90%.

Cara Budidaya Menanam dan Pemeliharaan Gandum, Serta Vrietas Gandum Yang Tepat di Indonesia budidaya gandum Cara Pemeliharaan Menanam dan Budidaya Gandum, Serta Vrietas Gandum Yang Tepat di Indonesia cara pemeliharaan gandum

Gandum ini bisa tumbuh subur di daerah yang gembur, banyak mengandung bahan organik dan juga subur. Tanaman gandum ini sangat tidak menyukai daerah yang terlalu lembab, tergenang air serta becek. Untuk Ph tanah idelanya mencapai 6,5 – 7,0.

Benih Gandum Yang Tepat Untuk Daerah Indonesia

Banyak orang yang bertanya-tanya, apakah gandum ini bisa ditanam di Indonesia? jawabannya bisa, dan hal ini sudah di buktikan dengan adanya budidaya gandum di Pasuruan. Badan Litbang Pertanian telah berhasil melakukan penelitian dimana mampu menghasilkan varietas gandum yang cocok untuk di tanam di Indonesia, yakni jenis gandum Selayar dan Dewata.

Untuk mendapatkan benih jagung tersebut, anda bisa menghubungi UPBS Balai Penelitian Tanaman Serealia yang harganya cukup terjangkau, yakni Rp 25.000/kg, atau bisa juga anda mengubungi email resminya di: info@litbang.deptan.go.id

Tips Memilih Benih Gandum yang Berkualitas dan Baik

Sebelum melakukan penanaman atau budidaya gandum, sebaiknya anda teliti dulu apakah benih gandum yang anda miliki sudah memiliki standat kualitas. Berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan:

  • Benih gandum berasal dari tanaman yang sehat serta bebas dari penyakit
  • Benih gandu berasal dari malai yang matang pada batang utama
  • Benih gandum memiliki bentuk dan juga warna yang eragam
  • Benih gandum memiliki bobot yang tinggi dan seragam
  • Benih gandum bebas dari hama maupun penyakit tanaman lainnya

Lahan Yang Digunakan Untuk Budidaya Gandum

Untuk lahan yang akan digunakan untuk budidaya gandum, pastikan sudah bersih dari gulma dan juga tanaman sebelumnya. Jika sudah, silahkan bajak atau cangkul lahan sedalam 25 cm, teknik ini perlu dilakukan agar nantinya tanah bisa gembur dan juga memiliki aerasi yang baik, biarkan tanah selama 2-3 minggu setelah dibajak.

Jika sudah, silahkan anda buat bedengan yang memiliki lebar sekitar 1.5 – 2 m, dengan tinggi bedengan mencapai 25-30 cm. Lalu untuk jarak utuk tiap bedengan ini minimal mencapai 50-60 cm.

Jenis Pupuk Dan Cara Pemberian Pupuk Untuk Menanam Gandum

Jika tanah didaerah anda memiliki tingkat kesuburan yang sangat baik, maka tak perlu diberikan pupuk dasar, namun jika kondisi tanah didaerah anda kurang subur dan tandus, maka pemberian pupuk harus anda lakukan agar hasilnya tanaman gndum anda bisa tumbuh maksimal nanti.

Dalam pemberian pupuk ini nantinya harus bersamaan saat pembuatan bedengan, taburkan pupuk secara merata diatas bedengan lalau diaduk rata atau ditutup dengan tanah, biarkan selama 1-2 minggu. Dan untuk jenis pupuk yang digunakan untuk tanaman gandum ini adalah pupuk kompos sebanyak 10-25 on dalam 1 hektarnya, TSP/SP36, ZA/Urea, KCl. Untuk dosisinya menyesuikan dari keadaan lahan yang anda tanami.

Cara Penanaman Dan Waktu Yang Tepat Untuk Menanam Gandum

Setelah bendengan selesai dibuat, maka biarkan dulu selama 1-2 minggu dan benih gandum sudah siap untuk ditanam didalamnya. Untuk model penanaman gandum ini dengan sistem Tanam Benih Langsung, mirip dengan cara menanam padi dan jagung.

Bedengan ini ditugal dengan menggunakan kayu berbentuk barisan, jarak tanamnya yaitu 20 x 10 cm. Tanah ini ditugal kurang lebih dengan kedalaman 5 cm, lalu ambil benih 3-4 butir dimasukkan kedalam lubang. Kemudian di tutup kembali menggunakan tanah, dan waktu yang tepat untuk menanam gandum adalah pada akhir musim hujan ata awal musim kemarau.

Pemeliharaan Tanaman Gandum

Pengairan

  • Apabila tidak dalam musm hujan, sebaiknya setelah melakukan penanaman sebaiknya segera di airi agar benih gandum segera tumbuh. Setelah itu pengairan dilakukan 3 kali, yakni :
  • Saat usia gandum mencapai 30 hari setelah tanam, usain penyiangan
  • Saat umur gandum mencapai 45-65 hari, saat gandum memasuki fase bunting
  • Saat umur gandum mencpai 70-90 hari, pada fase pengisan bulir hingga masak

Penyiangan

Lalu untuk penyiangan ini sendiri dilakkan 2-3 kali, tergantung kondisin pertumbuhan gulma. Waktu yang tepat penyiangan ini sebelum pemberiakn pupuk susulan

Jenis Pupuk Dan Dosis Susulan Untuk Tanaman Gandum

Pupuk susulan pertama diberikan saat benih gandum berusia 7-14 hari setelah tanam. Untuk jenis pupuk dan dosisinya anda urea 100kg, kcl 50 kg, SP36/TSP 100 kg, per 1 hektar.

Pupuk susulan kedua diberikan saat tanaman gandum berusian 1 bulan setelahb tanam, jenis pupuk dan dosis yang diberikan adalah urea 100kg, Kcl 50kg, dan SP36/TSP 100kg per 1 hektar.

Penegendalian Hama 

Seperti tanaman budidaya pada umumnya, dimana tumbuhan gandum ini juga tak luput dari gangguan hama.  Untuk mengatasi hal ini, maka tanamn gandum bisa disemprto denganmenggunakan insektisida sesuai dengan jenis hama yang menyerang, seperti kepik hijau, ulat tanah, dll. Sedangkan untuk penyakit jamur bisa menggunakan jenis fungisisda.

Umur Hingga Masa Panen

Nah untuk budidaya gandum ini, biasanya para petani bisa menikmati hasilnya saat gandum berusia 90 – 125 hari setelah tanam. Tanda jika tanaman gandum sudah siap dipanen adalah 80% dari rumpun sudah bermalai, dan seluruh bagian tanaman gandum mulai menguning serta bijinya mengeras, mirip seperti padi. Untuk memanen gandum ini biasanya disabit, lalu mulai yang dipanen ini dijemur. Setelah kering maka bulir gandum akan dirontokkan dengan menggunakan mesin atau manual. Sebaiknya dalam memanen gandum ni saat cuaca sedang cerah.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: