Cara Pengendalian Hama Tanaman Mangga Secara Mekanis, Hayati Dan Juga Penggunaan Pestisida Kimia

Cara Pengendalian Hama Tanaman Mangga Secara Mekanis, Hayati Dan Juga Penggunaan Pestisida KimiaYang menjadi kendala utama budi daya pohon mangga ialah berbagai serangan hama pengganggu yang bisa menyebabkan gagal panen nanti. Hama pada pohon mangga ini bisa ditemui seperti hewan serangga maupun hewan seperti codot.

Nah jika hama ini tidak segera diatasi, maka lama kelamaan akan membuat hasil panen anda berkurang serta mengalami kerugian nantinya. Untuk itu pada kesempatan kali ini kita akan mengulas tentang cara pengendalian hama tanaman mangga secara mekanis, hayati dan juga penggunaan pestisida kimia yang bisa anda coba dibawah ini.

Pengendalian Hama Tanaman Mangga Secara Mekanis Pengendalian Hama Tanaman Mangga Cara Pengendalian Hama Tanaman Mangga Secara Mekanis, Hayati Dan Juga Penggunaan Pestisida Kimia Pengendalian Hama Tanaman Mangga Secara Mekanis

Jenis Hama Utama Tanaman Mangga, Gejala Serangan dan Cara Pengendaliannya

Wereng Mangga

Hama Wereng Mangga ini menyerang dengan cara menghisap cairan bunga yang baru saja mekar sehingga nantinya bunga kering dan juga mudah mati. Jika begini, maka penyerbukan dan pembentukan buah bisa terganggu lalu bisa mati, serangan parah terjadi pada saat cuaca panas yang lembab.

Cara pengendalian :

  • Potong bagian bunga yang terserang dan musnahkan
  • Lakukan pengasapan 3-4 kali dalam seminggu
  • Suntik pohon mangga dengan insektisida sistemik sekitar 10-20 cc per pohon (jika tanaman mangga berusia 30 tahun lebih)
  • Semprotkan insektisida APLAUD 400 F atau Darmabash

Lalat Buah Mangga

Lalat Buah Mangga ini memiliki warna kuning bersayap putih dengan ukuran sekitar 7 mm. serangga ini suka sekali hinggap di buah mangga lalu bertelur didalamnya, sehingga dengan begini akan membuat tanaman mangga menjadi rusak.

Cara pengendalian :

  • Bungkus buah mangga muda dengan kertas semen hingga tua
  • Pasang perangkap menggunakan metyl eugenol atau likat kuning sebagai umpan
  • Petik dan musnahkan buah yang terindikasi menjadi sarang dari Lalat Buah Mangga
  • Lakukan pengasapan dipagi dan sore hari untuk mengusir lalat buah
  • Semprotkan insektisida berbahan aktif metomil dan profenofos seminggu sekali

Hama Kutu Kebul

Gejala yang dialami tanaman yang tersernag Hama Kutu Kebul ini adalah pada bagian daun menjadi keputihan penuh dengan kutu. Hama Kutu Kebul ini jika dibiarkan bisa merangsang pertumbuhannya cendawan jelaga. Serangan dari kutu ini bisa menyebabkan pertumbuhan dan produksi buah mangga melambat.

Cara pegendalian :

  • Potong daun yang terdapat koloni dari Hama Kutu Kebul, lalu bakar
  • Jika memang sudah parah, maka bisa dilakukan pemangkasan total dan dibakar
  • Semprotkan insektisida yang sesuai

Bisul daun Mangga

Gejala tanaman yang terserang penyakit ini adalah daun menjadi berbisul dan daun lama kelamaan akan berubah warna menjadi coklat, hijaum dan juga kemerahan.

Cara pengendalian :

  • Memangkas dan membakar daun yang terserang
  • Menggemburkan tanah untuk mengeluarkan kepompon dan membaiki aerasi
  • Menyomprot buah dan daun menggunakan Ripcord, Phosdirin 3x seminggu

Kepik Mangga

Kepik Mangga ini sejenis hama yang menyerang pada buah dan masuk kedalamnya. Pengendalian Kepik Mangga ini secara biologis dengan memanfaatkan semut merah yang bisa menyebabkan kepik tak bisa bertelur di pohon mangga, lalu penyemprotan insektisida pada pagi atau sore hari.

Tungau Mangga

Tungau Mangga yang petama akan menyerang pada daun mangga yang masih muda, lalu untuk tungau yang kedua akan menyerang pada permukaan daun mangga bagian bawah. Untuk pengendalianya bisa melakukan penyemprotan akarisida (insektisida untuk mengendalikan berbagai jenis kutu).

Hama Thrips Pada Mangga

Hama Thrips ini kerap kali menyerang daun muda dan juga bunga pada pohon mangga dengan cara menusuk lalu menghisap cairan dari epidermis daun dan juga buwah. Tempat tusukan dari hama ini bisa menyebabkan penyakit nanti.

Cara pengendalian :

  • Potong dan bakar tunas muda yang terserang Hama Thrips
  • Pasang perangkap warna kuning
  • Pemangakasan teratur dan juga penyemprotan insektisida

Hama Codot Pada Mangga

Untuk Hama Codot ini pastinya mudah sekali untuk dikenali ya, dimana hewan ini selalu menyarang pada saat malam hari. Untuk mengendalikan Hama Codot ini aialah biarkan semut Angkrang/Kerangkang hidp di sela daun mangga, memasang kitiran angin berpeluit dan juga memasang jaring pada pohon mangga.

Nah itu tadi sedikit ulasan dari kami tentang cara pengendalian hama tanaman mangga secara mekanis, hayati dan juga penggunaan pestisida kimia, semoga bermanfaat.

You may also like...

1 Response

  1. Zah Zahro says:

    Selamat sore sebelumnya saya minta maaf saya ingin menanyakan sedikit tentang hama penyakit tanaman mangga menggunakan metode (ID3) interative dichotomiser tree

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: