Cara Sederhana Membuat Mol Keong Mas dan Penggunaannya

Cara Sederhana Membuat Mol Keong Mas dan Penggunaannya

Cara Sederhana Membuat Mol Keong Mas dan Penggunaannya  – Jika menyebut kata ‘Keong Mas’ mungkin yang melintas pertama kali dibenak kita adalah hewan lunak yang dilindungi dengan tempurung yang keras. Selama ini keong mas dianggap sebagai salah satu hama pada tanaman padi. Keong mas sangat menyukai tanaman padi yang masih muda.

Selama ini kebanyakan dari pertani padi memilih untuk menggunakan moluskisida untuk mengurangi populasi keong mas. Selain dengan cara tersebut ternyata pengendalian pertumbuhan keong mas juga bisa dilakukan secara teknis.

Cara Sederhana Membuat Mol Keong Mas dan Penggunaannya  Cara Sederhana Membuat Mol Keong Mas dan Penggunaannya Cara Sederhana Membuat Mol Keong Mas dan Penggunaannya

Pastinya cara ini memberikan banyak keuntungan bagi para petani. Tak selamanya merugikan ternyata kehadiran keong mas juga mampu memberi keuntungan tersendiri bagi petani salah satunya adalah mengolah keong mas menjadi MOL atau Mikro Organisme Lokal.

Cara membuat mol keong mas tergolong sangat simpel. Disamping pembuatannya yang sederhana ternyata mol keong mas juga bermanfaat sebagai pupuk hayati. Kandungan auksin yang terdapat pada keong mas rupanya mampu merangsang pertumbuhan tanaman.

Selain itu rupanya keong mas juga mempunyai kandungan protein, azospirilliam, staphylococcus, pseudomona, Azobacter, mikroba pelarut phospat hingga enzim yang mempunyai segudang manfaat untuk tanaman. Sebelum membuat mol keong mas ada baiknya jika kita memperhatikan bahan sekaligus cara membuat mol keong mas berikut ini.

Bahan untuk membuat Mol Keong Mas :

  • 1 kg Keong mas yang masih hidup
  • 2 liter air kelapa
  • 2 ons gula merah

Cara membuat Mol keong mas :

1). Kita cincang keong mas terlebih dahulu
2). Campurkan gula merah dengan air kelapa
3). Kemudian masukkan semua bahan ke jerigen setelah itu tutup rapat jerigen
4). Diamkan selama kurang lebih 2 minggu
5). Untuk membuang gas yang terbentuk sebaiknya tutup jerigen dibuka setiap pagi selama kurang lebih 5 menit. Selain untuk membuang gas ternyata pembukaan tutup ini juga bertujuan untuk menghindari ledakan akibat kumpulan gas tersebut.

Cara pengunaan :

1). Pertama-tama kita campurkan air sebanyak 14 liter dengan Mol keong mas untuk penyemprotan 300 – 400 ml. Setelah semuanya tercampur kemudian semprotkan secara merata pada seluruh bagian tanaman. Sementara untuk hasil maksimal pada tanaman padi sebaiknya penyemprotan dilakukan pada 10, 20, 30 dan 40 setelah masa tanam.

2). Selain disemprotkan ternyata Mol keong mas juga bisa digunakan sebagai pupuk. Caranya adalah campurkan 5 liter air bersih dengan 1 liter keong mas.  Setelah itu masukkan 1 ons gula merah. Kemudian aduk semua bahan hingga rata lalu semprotkan pada bahan kompos.

Nah begitulah cara membuat mol keong mas  yang simpel, sederhana dan pastinya ramah lingkungan. Semoga ulasan tadi bermanfaat untuk anda semua.