Cara Ternak Kambing Jawa Yang Baik Serta Cara Merawatanya

Cara Ternak Kambing Jawa – Kambing merupakan salah satu hewan ternak yang banyak dikembang biakkan oleh seseorang, karena selain perawatannya yang mudah, hewan ini juga memiliki nilai ekonomi yang cukup besar. Salah satu jenis kambing yang banyak dipelihara adalah kambing jawa.

Nah untuk anda yang tertarik, pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi artikel tentang Cara Ternak Kambing Jawa kepada anda semua. Tak perlu berlama-lama lagi, langsung saja kita simak ulasannya dibawah ini.

Cara Ternak Kambing Jawa Yang Baik Serta Cara Merawatanya Ternak Kambing Jawa Cara Ternak Kambing Jawa Yang Baik Serta Cara Merawatanya Cara Ternak Kambing Jawa Yang Baik Serta Cara Merawatanya

Pemilihan Bibit Kambing

Cara Ternak Kambing Jawa yang pertama kita lakukan ialah pemilihan bibit dari varietas kambing jawa unggulan, hal ini perlu dilakukan agar nanti hasilnya bisa sesuai dengan harapan. Untuk ciri-ciri bibit unggul jantan ini memiliki bentuk tubuh yang yang besar dan juga sehat, bebas dari penyakit, bulu nampak mengkilat, berkaai lurus, berbadan panjang, gagar, serta memiliki nafsu kawin yang besar.

Sementara untuk ciri indukan betina, memiliki badan segar, bulu bersih nampak mengkilat, puting susu normal, badan tidak terlal gemuk, seraa bebas dari penyakit.

Pakan Ternak Kambing Jawa

Untuk Ternak Kambing Jawa ini tentu tidak lepas dari pemberian pakan juga, nah untuk pemberian pakan ini sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yakni pakan ramban dan pakan konsentrat (vitamin kambing). Untuk ramban (daun) yang bisa dijadikan pakan kambing ini diantaranya daun nangka, daun lamtoro, daun pepaya, daun ketela pohon, dan masih banyak lagi. Sementara untuk pakan konsentrat ini bisa dibuat dari bekatul maupun dedak padi.

Cara Mengawinkan Kambing

Untuk  Cara Ternak Kambing Jawa selanjutnya ialah proses pengawinan. Ciri kambing jawa indukan siap kawin saat usianya menginjak 10 hingga 12 bulan untuk kambing betina, sementara untuk kambing jantan mulai usia  tahun.

Pada periode ini, perhatikan apakah kambing betina sudah terlihat gelisah, terjadi pembengkakan pada alat kelaminnya, serta sering menggerakan ekornya, karena itu adalah pertanda musim kawin. Apalagi jika nafsu makan kambing berkuran serta diam saja saat dinaiki kambing jantan.

Jika sudah begini, maka silahkan masukkan kambing jantan dan betina dalam satu kandang yang sama. sebaiknya hal ini dilakukan 12 jam setela tanda kambing betina mulai birahi muncul, tujuannya adalah  proses kawin bisa lebih cepat nantinya.

Ciri kambing hendak melahirkan

  • Gelisah, kaki kambing sering digarukkan ke tanah
  • Nafsu makan menurun
  • Pinggul kambing betina mengendur
  • Terjadi pembengkan kelamin, mengeluarkan cairan kolostrum

Pemelihataan anak kambing

Cara Ternak Kambing Jawa selanjutnya adalah cara memelihara anak kambing. Selalu dekatkan anak kambing bersama indukan agar mau menyusui, namun jika anak kambing tak mau menyusu maka anda perlu memberikan susu buatan.

Untuk membuat susu buatan ini terdiri dari susu putih, butir telur, dan gula pasir. Campur ketiga bahan tersebut lalu tambahkan air masak. Berikan susu ini pada saat pagi dan sore hingga anak kambing mau menyusu induknya.

Perawatan Kandang

Untuk Cara Ternak Kambing Jawa ini juga perlu dijaga kebersihan kandang, agar nantinya indukan serta anaknya tidak mudah terserang penyakit. Berikan ventilasi udara yang cukup serta buat tempat makan dan minum yang mudah dijangkau.

Panen Kambing Jawa

Untuk panen kambing jawa ini tergantung pasar ya, jika anda menjualnya untuk warung kambing guling maka usia 18-12 bulan bisa dipanen, namun jika saat idul adha maka usia kambing harus 1 tahun lebih.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: