X

Contoh Kebun Vertikal Sederhana yang Terbuat dari Botol Bekas

Contoh Kebun Vertikal Sederhana yang Terbuat dari Botol Bekas  – Berkebun merupakan salah satu aktivitas yang sangat seru. Meskipun terlihat sepele akan tetapi kegiatan yang satu ini memberi banyak pengaruh positif bagi manusia dan juga lingkungan sekitar. Sayangnya, kebiasaan yang memberikan banyak keuntungan ini  sering kali terbentur dengan keadaan lahan disekitar rumah salah satunya adalah kondisi lahan yang sempit. Bagi anda semua yang tidak mempunyai lahan cukup untuk berkebun jangan sedih sebab anda bisa membuat kebun sendiri contoh kebun vertikal dari botol bekas.

Pembuatan kebun ini tergolong sangat simpel selain itu biaya yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. Kebun vertikal ini sengaja dibuat untuk merawat beragam tanaman dan tumbuhan pada sebuah ruang sempit. Belakangan ini aktivitas kebun vertikal semakin banyak disukai oleh masyarakat luas bahkan saat ini penduduk yang tinggal di kota juga banyak yang melakukan program tersebut.

Pastinya hal tersebut beriringan dengan program ‘Urban Farming’ atau tema pertanian kota yang bertujuan untuk dwasembada pangan.

Ketrampilan yang dimiliki oleh per orangan dan kreatifitas yang tinggi merupakan sebuah tuntutan  sebelum membangun kebun vertikal yang simpel, sederhana dan murah meriah. Sebagai contohnya kita bisa menggunakan barang-barang bekas seperti botol air mineral, cup plastik, jerigen bekas dan barang yang sudah tidak terpakai.

Sementara untuk jenis tanaman bisa apa saja mulai dari kangkung, bayam, kol, seledri, selada, cabai, tomat, terong dan beberapa jenis tanaman herbal.

Contoh Kebun Vertikal dari Botol Bekas yang Sederhana, Simpel dan Murah

  • Daripada dibuang sebaiknya botol-botol yang sudah tidak terpakai kita modivikasi sebagai media untuk penanaman beragam sayur mayur. Seperti yang kami lakukan dalam percobaan kali ini dimana kami menggunakan botol bekas yang dibotong bagian bawah kemudian yang kita gunakan adalah bagian atas. Setelah itu kita tanami selada atau sawi dan kemudian digantungkan pada pagar  atau tembok rumah.
  • Jika tadi kita menggunakan botol bagian atas dalam contoh kebun vertikal dari botol bekas kali ini kita menggunakan bagian bawah yang kemudian ditata rapi di sebuah rak vertikal yang terbuat dari susunan kayu.
  • Selain menggantungkan dan menata rapi di rak ternyata kita juga bisa menanam tanaman dengan cara menggantung terbalik. Untuk memperindah tampilan botol kita bisa menambahkan hiasan berupa tulisan latin jenis tanaman tersebut. Dengan tambahan tulisan membuat tampilan botol semakin menarik dan eksotis.
  • Contoh kali ini kita bisa mengkombinasikan botol bekas dengan rak kayu atau bambu. Cara seperti ini cocok sekali untuk menanam tanaman yang merambat salah satunya adalah stowbery. Botol-botol plastik bekas disusun derangn rapi supaya terlihat lebih menarik.
  • Tak hanya sebagai hiasan diluar rumah ternyata pembuatan gardener ini juga berguna sebagai pembatas antara jalan dengan rumah.
  • Jika beberapa contoh diatas kebanyakan menggunakan botol plastik bekas, kali ini kami beralih menggunakan galon air minum. Bentuknya yang besar tak semua tanaman bisa ditanam begitu saja hanya beberapa tanaman yang bisa kita tanam digalon salah satunya adalah bawah merah. Umbi bawang merah kita letakkan di tepian galon yang sudah di lubangi. Kemudian jika daun bawang sudah tumbuh dengan sendirinya daun akan tertata rapi mengarah keatas.
  • Jika anda ingin berkebun di dalam ruangan tidak menjadi masalaha. Ide ini bisa dijadikan sebagai referensi untuk mewujudkan keinginan anda tersebut. Beberapa botol plastik atau cup minuman yang tidak terpakai bisa di letakkan secara vertikal pada jendela. Tanaman sengaja diletakkan di dekat jendela supaya tanaman mendapatkan sinar matahari yang cukup.
  • Selain botol bekas dan cup minuman ternyata kita juga bisa mengfgunakan kaleng bekas susu, makanan atau kaleng cat. Beberapa kaleng bekas bisa kita susun rapi di tepi pagar atau tembok dan kita tanami dengan berbagai jenis tanaman seperti, daun bawang, bayam, hingga selada.

Nah, bagaimana tertarik untuk membuat kebun vertikal dirumah? Semoga ulasan tentang contoh kebun vertika dari botol bekas tadi memberi manfaat untuk anda semua. Terima kasih telah berkunjung di laman kami.

wijaya :