Fungsi dan manfaat MOL Bonggol Pisang

Fungsi dan manfaat MOL Bonggol PisangManfaat dari sebatang tanaman pisang memang banyak sekali ya, bayangkan saja mulai dari daun, jantung pisang, buah hingga batangnya pun bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia. Pada bagian bonggol pisang, selain bisa dimanfaatkan untuk membuat ZPT alami, juga bisa digunakan untuk membuat sebuah MOL (Mikro Organisme Lokal) juga lho.

Perlu anda ketahui, jika didalam bonggol pisang ini memiliki kandungan hormon tumbuhan yakni giberelin dan juga sitokinin. Bonggol pisang ini juga mengandung mikro organisme yang sangat berguna bagi pertumbuhan tanaman. Diantaranya ada: mikroba pelarut phospat, azospirillium, aspergilus, bacillus, aeromonas, mikroba selulotik, dan juga azotobacter.

Fungsi dan manfaat MOL Bonggol Pisang MOL Bonggol Pisang Fungsi dan manfaat MOL Bonggol Pisang Fungsi dan manfaat MOL Bonggol Pisang

Sesuai dengan kandungan yang ada didalamnya yakni giberelin dan sitokinin, maka MOL bonggol pisang ini bisa berfungsi sebagai perangsang pertumbuhan tanaman nantinya. Selain itu, MOL bonggol pisang ini juga bermanfaat untuk pengurai (dekomposer) dalam pembuatan pupuk kompos nantinya.

Bahan membuat Mol bonggol pisang

  • Siapkan bonggol pisang 1 KG
  • Gula Merah 2 ons
  • Leri atau air cucian beras 2 liter

Cara membuat MOL bonggol Pisang

  • Bonggol pisang silahkan dilumatkan atau diblender
  • Larutkan gula merah tadi dengan air cucian beras
  • Masukan semua bahan tadi kedalam wadah jurigen, setelah itu silahkan ditutup dengan rapat
  • Biarkan larutan MOL ini selama 2 minggu
  • Buka tutup jurigen ini setiap pagi selama 5 menit, hal ini dimaksudkan untuk mengeluarkan gas yang ada didalamnya agar tidak meledak nanti

Cara menggunakan MOL bonggol pisang

MOL bonggol Pisang untuk penyemprotan: campurkan 150 ml MOL dengan menggunakan air bersih 14 liter. Aduk hingga merata, lalu silahkan anda semprotkan secara merata pada seluruh bagian tanaman tersebut.

MOL Bonggol pisang untuk pembuatan kompos: campurkan 1 liter Mol dengan 5 liter air bersih, lalu tambahka dengan 1 ons gula merah. Aduk hingga merata dan larut, lalu semprotkan atau siramkan pada bahan kompos tadi.

Nah itu tadi sedikit ulasan dari kami tentang fungsi dan manfaat MOL Bonggol Pisang, semoga bermanfaat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: