Habitat, Kebiasaan Hidup, Penyebaran, Morfologi Ikan Gabus

Morfologi Ikan Gabus – Ikan Gabus merupakan jenis ikan air tawar yang memiliki sifat karnivora atau pemakan daging. Ikan ini sudah banyak ditemukan dalam perairan Asia Tenggara, namun belum banyak yang mengetahui sifat biologis dan sejarah dari ikan gabus ini.

Perlu anda ketahui bahwa anakan ikan gabus ini telah memberikan tampilan yang cukup eksotis, jadi banyak dipelihara di aquarium. Sedangkan ikan gabus dewasa yang sudah bisa dikonsumsi memiliki nilai sangat ekonomis. Nampaknya, ikan gabus juga dianggap hama untuk ikan budidaya dan saat ini telah dikembangkan secara komersial.

Habitat, Kebiasaan Hidup, Penyebaran, Morfologi Ikan Gabus Morfologi Ikan Gabus Habitat, Kebiasaan Hidup, Penyebaran, Morfologi Ikan Gabus Habitat Kebiasaan Hidup Penyebaran Morfologi Ikan Gabus

Habitat Ikan Gabus

Ikan ini bisa di peroleh pada perairan yang cukup dangkal, semisal rawa dan sungai yang memiliki kedalaman 40cm saja. Ikan gabus juga suka dengan tempat yang berlumpur, gelap, berarus tenang maupun pada wilayah bebatuan untuk sembunyi.

Ikan gabus telah memiliki penyebaran yang luas dan secara alami telah hidup di danau, rawa, sungai, sawah dan benih dari ikan ini bisa ditemukan pada perairan yang terdapat rerumputan maupun tanaman air.

Kebiasaan Hidup Ikan Gabus

Diketahui bahwa ikan gabus telah memiliki pola pertambahan bobot yang lebih cepat dibandingkan pertambahan panjang badannya. Sifat agresif dalam mencari maka, dimana ikan karnivora telah memangsa ikan kecil, serangga, insekta air, berudu, katak, dan yang lainnya.

Kemampuan bernafas ikan gabus langsung dari udara dengan oragn labirin yaitu divertikula yang berada di bagian atas insang jadi bisa menghirup udara dari atmosfir. Ikan gabus juga bisa bertahan dalam keadaan perairan rawa yang memiliki oksigen terlarut rendah serta pH sekitar 4,5-6.

Penyebaran Ikan Gabus

Ikan gabus sendiri telah menjadi penghuni perairan air tawar yang berada di Asia sampai Afrika. Ikan Gabus atau nama ilmiahnya Channa Striata ini merupakan jenis ikan air tawar yang memiliki 30 spesies di kedua wilayah.

Pada kawasan di Asia, ikan ini telah tersebar dari Afganistan, Nepal bagian selatan, India, Pakistan bagian barat, Myanmar, Bangladesh, Srilangka, Indo-China, Cina, Taiwan, Indonesia, Jepang, Philipina, Singapuran dan Malaysia.

Sedangkan pada Asia Tenggara yang merupakan pusat dari penyebaran ikan gabus dengan memiliki 10 spesies. Adapun 5 spesies yang telah tersebar di Indonesia, Malaysia, Singapura, yang terdiri dari Channa gachua, Channa Micropeltes, Channa Striata, Channa Melasoma dan Channa Lucius.

Morfologi IKan Gabus

Mengenal tubuh dari ikan gabus pada bagian atas memiliki warna coklat sampai hitam. Sedangkan tubuh bagian bawah atau bagian perut berwarna coklat muda sampai keputih-putihan. Bagian kepala pipih dengan sisik besar yang berada diatas kepala seperti kepala ular. Dan ternyata ikan gabus juga dijuluki ‘Snake Head’.

Pada sisi atas tubuh ikan ini dari kepala sampai ekor berwarna gelap, hitam kecoklatan atau kehijauan. Untuk bagian bawah wulut hingga ekor berwarna putih, samping tubuh ikan gabus bercoret tebal agak kabur. Ikan ini memiliki mulut besar dan gigi tajam, sirip punggung memankang dan sirip ekor membulat pada bagian ujungnya.

Ternyata ikan gabus ini kalau di Indonesia memiliki nama ikan kutuk. Tidak hanya itu saja, ternyata di setiap daerah ikan ini memiliki nama yang berbeda, untuk jawa disebitnya ikan gabus, di betawi bernama Kocolan, Banjarmasih bernama Haruan, Sidoarjo disebut dengan Bogo. Sedangkan untuk nama di Sunda yaitu rajong, (Jawa, Madura) deluk, kuto, untuk Palembang bisa disebut Spunkat. Dan masih banyak nama-nama lain dari ikan ini di setiap daerah.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: