Hama dan Penyakit Pada Tumbuhan Yang Perlu Kita Kenali

Hama dan Penyakit Pada Tumbuhan  – Berbicara mengenai hama, hama merupakan jenis tanaman atau hewan yang kehadirannya dianggap sebagai pengganggu tumbuh kembang tanaman. Ya, hal tersebut memang benar adanya. Di Indonesia sendiri ada banyak macam hama yang bisa muncul kapan saja di perkebunan.

Jika tidak di tangani dengan tepat maka hama dan penyakit pada tumbuhan bisa semakin membludak dan akhirnya yang namanya kerugian tidak bisa dihindari lagi oleh para petani. Kira-kira ada berapa macam hama dan penyakit pada tumbuhan ya? Nah dibawah ini kami akan menjelaskan tentang macam hama dan penyakit yang sering menyerang tumbuhan.

Hama dan Penyakit Pada Tumbuhan Yang Perlu Kita Kenali Hama dan Penyakit Pada Tumbuhan Hama dan Penyakit Pada Tumbuhan Yang Perlu Kita Kenali Hama dan Penyakit Pada Tumbuhan Yang Perlu Kita Kenali

Hama

Seperti yang telah kami sebutkan tadi jika kehadiran hama bisa mempengaruhi perkembangan tanaman. Ada beberapa macam hama yang perlu kamu ketahui, berikut adalah penjelasnnya:

  1. Wereng

Wereng termasuk hewan kecil sejenis seangga yang biasanya hidup bergerombol pada daun dan tumbuhan. Ternyata hewan yang sering kita sebut kepik ini rupanya menjadi salah satu faktor penyakit tungro. Untuk mengurangi populasi hama wereng ini rupanya harus ditangani dengan tepat. Yaitu bisa melakukannya menggunakan predator untuk mengusirnya, mengatur pola tanam sampai menggunakan bantuan obat kimia.

  1. Tikus

Pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan hewan yang satu ini. Tikus termasuk salah satu hama yang berada di posisi teratas hal ini dikarenakan tikus mempunyai mobilitas, kemampuan adaptasi sampai perkembangbiakan yang cukup tinggi. Untuk menanggulangi hama tikus ini kamu bisa melakukan cara berikut ini :

  • Menggunakan bantuan ular yang sudah jinak untuk mengusir atau bahkan memangsa tikus.
  • Menutup lubang yang ada disekitar sawah. Lubang tersebut merupakan tempat persembunyian para tikus.
  • Menggunakan pembasmi tikus dengan menggunakan umpan beracun dimana umpan tersebut merupakan berasa dari umbi yang telah direndam pada air yang dicampur dengan fosforus.
  1. Ulat

Hama pada tumbuhan selanjunya adalah ulat. Ulat merupakan hama yang berasal dari telur kupu-kupu yang diletakkan di bawah daun. Nantinya telur tersebut akan berubah menjadi larva dan dari larva itulah ulat-iulat bermunculan.

Biasanya daun dan batang tumbuhan menjadi sasaran empuk ulat-ulat ini. Oleh sebab itu perlu dilakukan pemberantasan diantaranya :

  • Menggenangi tempat persemaian menggunakan air supaya ulat-ulat tersebut terapuk dan mudah untuk dibasmi.
  • Melihat bagian bawah daun jika terdapat telur kupu-kupu segera bersihkanlah.
  • Selanjutnya adalah menggunakan pestisida.

Penyakit

Selain hama penyakit juga menjadi musuh besar bagi petani. Biasanya penyakit pada tumbuhan ini muncul disebabkan oleh kehadiran virus, bakteri dan jamur. Selain disebabkan oleh mikroorganisme ternyata penyakit bisa muncul lantaran kekurangan kandungan nutrisi pada tanah. Berikut adalah penyakit yang sering kali menyerang tumbuhan.

  1. Penyakit Embun Tepung

Penyakit embun tepung ini disebabkan oleh jamur Peronospora parasitica. Biasanya penyakit ini menyerang biji, daun dan kecambah. Akibat dari penmyakit tersebut adalah tumbuhan menjadi kerdil dan membuat pertumbuhan tanaman terhambat. Munculnya penyakit ini biasanya ditandai dengan  bintik-bintik hitam pada daun. Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan ekslusi potagen pada tumbuhan, memberikan perlindungan pada tinangnya dan melakukan eradikasi.

  1. Penyakit Trungo

Penyakit pada tumbuhan ini sering kali menyerang tanaman padi. Penyakit ini disebabkan oleh dua virus yaitu rice tungro bacilliform virus dan rice tungro spherical virus.

Kemunculan penyakit ini biasanya ditandai dengan munculnya diskolorasi berwarna kuning dan muncul klorisi pada daun.

  1. Penyakit Mozaik

Penyakit ini disebabkan oleh jamur Tobacco Maosaic Virus (TMV). Munculnya penyakit ini ditandai dengan bercak hijau muda atau kuning pada bagian daun. Penyakit ini menyebabkan ukuran buah menjadi kecil sampai  membuat tanaman mati.

Itulah informasi tentang hama dan penyakit pada tumbuhan. Semoga informasi tadi bermanfaat untuk anda.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: