Hama dan Penyakit Tanaman Tomat

Hama dan Penyakit Tanaman TomatSalah satu faktor yang harus diperhatikan para petani yang memiliki budidaya tomat ialah tentang pengendalian dan penanganan hama dan penyakit. Tanaman tomat ini masuk dalam jenis tanaman semusim sama halnya dengan terong, cabe dan masih banyak lagi.

Karena masih sejenis, maka hama dan penyakit yang ada  pada tomat, cabe dan terong ini jenisnya masih sama.  Ada beberapa hama dan juga penyakit tanaman tomat yang perlu anda ketahui, nah untuk itu silahkan anda simak ulasan selenngkapnya dibawah ini.

Hama dan Penyakit Tanaman Tomat penyakit tanaman tomat Hama dan Penyakit Tanaman Tomat Hama dan Penyakit Tanaman Tomat

Hama Tanaman Tomat

Kutu Kebul

Kutu kebul ini memiliki ciri berwarna putih dan memiliki sayap, dia merupakan salah satu hama sangat hama bagi berbagai jenis tanaman, khususnya tomat. Ciri dari hama ini adalah suka bergerombol dibawah daun dan terlihat dikerumuni oleh tepung berwarna putih. Apabila tertiup angin maka akan terbang ke udara tepung putih tersebut. Kutu kebul menyerang dengan cara menghisap cairan daun.

Untuk pengendaliannya silahkan menjaga kebersihan area budidaya, gunakan mulsa plastik dan terapkan pergantian tanaman juga. Untuk pengendalian secara kimiawi bisa menggunakan pestisida berbahan aktif abamectin.

Lalat buah

Lalat buah ini memiliki ciri berwarna hitam kekuningan dan bentuknya mirip tawon kecil. Lalat ini menyerang dengan cara menyuntikan telor kedalam buah tomat, dan jika telur itu menetas akan memakan daging tomat yang menyebabkan busuk.

Cara pengendaliannya bisa menggunakan perangkap lalat, bersihkan sanitasi area tanaman. Untuk pengendalian secara kimiawi bisa menggunakan insektisida berbau menyengat seperti curacron dan santoat.

Kutu daun

Kutu daun merupakan sejenis kutu penghisap yang memiliki warna hijau. Seperti kutu kebul dimana hama yang satu juga membawa virus, dia menyerang dengan cara menghisap cairan daun pada bagian tanaman yang membuatnya menjadi keriting dan pertumbuhannya terhambat.

Untuk pengendalian kutu daun ini bisa dengan cara membersihkan area budidaya dari tanaman inang, utuk pengendalian secara kimiawi bisa dengan cara penyemprotan akarisida berbahan aktif abamectin

Ulat buah

Seperti namanya, ulat buah ini menyerang buah, daun, dan juga batang tomat. Gejalanya sangat mudah dikenal yakni jika ada lubang didalam buah lalu membusuk. Untuk pengendaliannya bisa dengan cara membersihkan gulma, membuang dan membunuh ulat. Untuk secara kimiawi dengan cara penyemprotan insektisida berbahan aktif abamectin, prevaton, dan regent.

Hama thrips

Untuk hama trhrips ini menyerang daun muda, dengan cara menghisap cairan daun dan menyebabkan keriting daun. Untuk penggendaliannya bisa dengan cara pergantian tanaman, membersihkan gulma serta tanaman inang. Untuk secara kimiawi bisa menggunakan insektisida berbagai abamectin.

Penyakit Tanaman Tomat

Layu Fusarium

  • Gejala Layu Fusarium: tanaman tiba-tiba layu dan segar ketika sore hari, penyebabnya adalah cendwan patogen fusarium oxysporum yang menyerang bagian akar lalu menyerang bagian tanaman.
  • Pencegahan: gunakan bibit yang bebas dari cendawan fusarium. Budidaya dengan menggunakan mulsa plastik untuk menjaga kelembaban tetap stabil
  • Pencegahan: gunakan agens hayati Trichoderma.sp, mencabut serta membakar tanaman yang terserang

Bercak Daun

  • Gejala: terdapat bintik-bintik bulat berwarna coklat pada daun, lama kelamaan daun akan menggulung dan rontok.
  • Pengendalian: bersihkan areal budidaya dan menggunakan mulsa plastik pada musim hujan.
  • Pengendalian kimiawi: menyemprotkan fungisida berbahan aktif mankozeb, saromyl, antracol, dan score.

Layu Bakteri

  • Gejala:Pucuk Tanaman Layu dan daun tua menguning, jika batang dipotong terlihat cairan berwarna susu seperti lendir
  • Pengendalian: melakukan pengiliran tanaman bukan sejenis, gunakan bibit yang bebas bakteri
  • Pengendalian: dilakukan penyemprotan bakterisida

Mosaik

  • Gejala: ada warna seperti mosaik pada daun
  • Pengendalian: mencabut dan membakar tanaman yang terserang

Busuk buah

  • Gejala: adanya bercak kecil berwarna coklat pada buah tomat, lama-lama membesar dan membuat buah jadi busuk dan rontok. Terdapat bercak kecil buat dan berai dan lama kelamaan membusuk. Terdapat bercak ungu pada pangkal buah dekat tangkai buah
  • Pengendalian: pergantian tanaman, menjada kebersihan area budidaya, memusnahkan tanaman yang terserang dengan cara dibakar. Penyemprotan fungisida perlu dilakukan jika serangan sudah parah, bisa menggunakan pestisida berbahan aktif mankozeb atau kaptafol.

Busuk Daun

  • Gejala: terihat adanya bercak basah berwarna hitam pada ujung daun, lalu meluas hingga keseluruh bagian daun sampai tangkai daun, penyakit mudah menyebar, terlebih pada saat musim hujan
  • Pengendalian: membuang bagiantanaman yang terserang agar tidak menular
  • Pengendalian kimiawi: penyemprotan fungisida berbahan aktif mankozeb, score, antracol atau starmyl
  • Pencegahan: menggunakan varietas yang tahan dari penyakit ini

Tomato Yellow Leaf Cur Virus (TYLCV)

  • Gejala: daun muda mengkerut atau mengkriting berwarna kuning. Daun tua tidak mengalami penyusutan.
  • Pengendalian: mencabut tanaman yang terserang dan membakarnya, karena kutu kebul penyebab utamanya maka penyemprotan akarisida berbahan aktif abamectin bisa jadi solusi

Nah itu tadi sedikit informasi tentang hama dan penyakit tanaman tomat, semoga bermanfaat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: