Ingin Budidaya Kelapa Sawit? Yuk Cari Tahu Syarat Tumbuhnya Disini!

Budidaya Kelapa Sawit – Tanaman Kelapa Sawit merupakan sejenis tanaman yang bisa menghasilkan minyak nabati dengan berbagai keunggulan, salah satunya ialah memiliki kadar kolesterol rendah atau bahkan non kolesterol.

Tanaman kelapa sawit ini termasuk sebuah tanaman yang sangat mudah untuk beradaptasi, dan juga bisa tumbuh dalam kondisi tanah apapun, baik dataran rendah dan dataran tinggi. Untuk anda yang tertarik, berikut kami berikan syarat yang cocok untuk Budidaya Kelapa Sawit dibawah ini.

Ingin Budidaya Kelapa Sawit? Yuk Cari Tahu Syarat Tumbuhnya Disini! Budidaya Kelapa Sawit Ingin Budidaya Kelapa Sawit? Yuk Cari Tahu Syarat Tumbuhnya Disini! Budidaya Kelapa Sawit

Syarat Tumbuh Kelapa Sawit

Untuk anda yang berniat untuk melakukan Budidaya Kelapa Sawit, maka ada beberapa hal yang harus anda ketahui sebelum melakukannnya, karena setiap tanaman memiliki cara berbeda dalam memperlakukannya. Dan berikut ini silahkan anda simak syaratnya:

Curah Hujan

Kelapa Sawit merupakan jenis tanaman yang sangat membutuhkan air. Curah hujan yang ideal untuk tanaman sawit adalah 2000-2500 mm per tahun. Apabila tanaman ini mengalami kekurangan air, maka bisa berdampak pada menurunnya produksi kelapa sawit tersebut. jadi apabila musim kemarau tiba, maka anda perlu untuk melakukan penyiraman.

Penyinaran Matahari

Tanaman Kelapa Sawit ini tidak suka tempat yang terlindungi dengan penyinaran matahari yang buruk, karena untuk bisa tumbuh secara optimal tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang cukup sepanjang hari. Tanaman Kelapa Sawit yang ternaungi karena jarak tanam yang terlalu dekat, maka bisa menyebabkan pertumbuhan terhambat sehingga tidak bisa menghasilkan buah nantinya.

Tanah

Kelapa Sawit ini sebenarnya merupakan tanaman yang bisa tumbuh diberbagai jenis tanah, yang penting untuk kebutuhan airnya tercukupi. Tanah yang baik untuk budidaya Kelapa Sawit adalah tidak tergenang air pada saat musim hujan, dan tidak kekurangan air saat musim kemarau tiba.

Jenis Tanah yang Cocok Untuk Budidaya Kelapa Sawit

Tanah Latosol

Seperti di daerah tropis seperti Indonesia ini, tanah latosol terkadang memiliki warna merah, kuning, dan juga coklat. Tak hanya di Indonesia, Tanah Latosol bisa terbentuk pada daerah yang memiliki iklim cocok untuk Kelapa Sawit.

Tanah Aluvial

Jenis tanah aluvial ini sangat penting untuk menanam Kelapa Sawit, meskipun untuk kesuburannya di setiap daerah berbeda-beda. Di Sumatera, untuk jenis tanah yang ditanami Kelapa Sawit diantaranya:

  • Basalik, andesitik yang asalnya dari deposit vulkanik tua
  • Laparitik Latosol yang biasa disebut padsolik merah kuning
  • Sedimen (endapan) yang berasal dari laut maupun sungai
  • Tanah aluvial yang telah ditutup gambut dengan ketebalan kurang dari 10 cm

Jenis tanah yang tidak baik untuk Budidaya Kelapa Sawit

  • Tanah berpasir di pantai
  • Tanah yang memiliki drainase buruk, rawa-rawa
  • Tanah Laterik yang memiliki kandungan lapisan besi, hal ini karena jenis tersebut bakal cepat kering saat musim kemarau
  • Tanah gambut dengan kedalam lebih dari 2 meter

Tanah gambut yang memiliki kedalaman kurang dari 2 meter cukup baik untuk budidaya kelapa sawit. Kelebihan dari lahan gambut ini diantaranya topografo datar sehingga penggunaan lahan akan lebih mudah lagi dibandingkan dengan lahan berbukit. Terlebih lahan gambut ini juga kaya akan bahan organik sisa hasil pelapukan organisme dari tumbuhan. Sementara itu kelemahan dari lahan gambut ini memiliki drainase yang buruk sehingga anda perlu membuat parit-parit nanti. selain itu lahan gambut ini memiliki pH rendah, minim unsur hara, sehinnga memiliki resiko terserang penyakit hama cukup tinggi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: