Ini Dia Jenis Jenis Kambing Yang Perlu Kita Kenali

Jenis Kambing – Kambing merupakan salah satu hewan ternak yang banyak dikembang biakkan oleh manusia, hal ini dikarenakan untuk kebutuhan konsumsi akan daging kambing di Indonesia sendiri cukup tinggi, dimana dagingnya bisa dimasak sebagai satu maupun gule kambing yang banyak diperdagangkan.

Berbicara tentang hewan bertanduk ini, ternyata di Indonesia ini ada banyak sekali Jenis Kambing yang tidak kita ketahui lho. Sekilas mungkin kita berfikir jika kambing itu sama saja, namun ternyata ada banyak sekali varietas kambing yang merupakan hasil perkawinan silang lho. Apa saja ya kira-kira? Cari tahu jawabannya dibawah ini.

Ini Dia Jenis Jenis Kambing Yang Perlu Kita Kenali Jenis Kambing Ini Dia Jenis Jenis Kambing Yang Perlu Kita Kenali Ini Dia Jenis Jenis Kambing Yang Perlu Kita Kenali

Kambing Kacang

Jenis Kambing yang pertama adalah Kambing Kacang. Ini adalah salah satu ras kambing yang paling unggul, karena menjadi kambing pertama yang dikembang biakkan di Indonesia. jika anda tertarik untuk beternak, maka Kambing Kacang ini merupakan yang memiliki daging cukup banyak, baik untuk pada jantan maupun betina.

Kambing Etawa

Kalau kambing yang satu ini memang cukup populer ya namanya, karena menjadi varian kambing yang banyak diternak sebagai penghasil susu maupun penghasil daging. Kambing jantan memiliki tinggi badan sekitar 90 cm sampai 127 cm, dan betina 92 cm. bobotnya sendiri untuk jantan bisa mencapai 91 KG, sementara untuk indukan betina hanya mencapai 63 Kg.

Kambing Jawarandu

Kambing yang satu ini memiliki nama lain yakni ligon, gumbolo, maupun kuplo. Dan kambing ini merupakan hasil kawin silang dari peranakan etawa dan kambing kacang, namun sifat kambing kacang lebih dominan disini. Biasanya untuk menghemat, para peternak lebih memilih Kambing Jawarandu ini, karena mereka bisa diternak atau untuk mengambil susunya saja.

Kambing PE (Peranakan Etawa)

Kambing PE ini juga merupakan hasil perkawinan silang antara jenis Etawa dengan Kambing kacang. Berbeda dengan Jawarandu tadi, untuk jenis Kambing PE ini lebih memiliki sifat dominan dari Etawa, sehingga memiliki postur tubuh mirip indukannya, dan kambing ini sudah banyak tersebar di pesisir utara pulau Jawa.

Kambing Boer

Kambing ini berhabitat asli dari Afrika Selatan, dan telah menjadi ternak eregistrasi selama 65 tahun. Kambing jenis ini merupakan jenis kambing pedaging yang memiliki pertumbuhan sangat cepat. Untuk beratnya sendiri mencapai 35-45 kg dalam kurun waktu 5-6 bulan. Sementara saat dewasa kambing ini bisa memiliki bobot mencapai 120-150 kg.

Kambing Saanen

Seperti namanya, Kambing Saanen ini berasal dari lembah Saanen yang berada di negara Swiss bagian barat. Jenis Kambing ini cukup sulit untuk hidup di iklim tropis seperti Indonesia, karena kepekaannya terhadapa sinar matahari. Akan tetapi di Indonesia sendiri kambing ini dikawinkan silang dengan kambing lokal, sehingga akan tahan di iklim Tropis dan masih menggunakan nama Kambing Saanen.

Kambing Gembrong

Kambing Gembrong ini merupakan salah satu yang beradal dari Pulau Bali, tepatnya berada di kawasan Timur yakni Karangasem. Berbeda dengan jenis kambing lainnya, untuk Kambing Gembrong ini lebih mirip seperti anjing dengan bulu lebatnya, namun untuk segi postur tubuh masih tetap sama dengan kambing pada umumnya. Kambing ini merupakan hasil kawin silang dari kambing kashmir dan kambing Turki.

Kambing Boerawa

Kambing merupakan hasil kawin silang dari Kambing Boer dengan Kambing PE betina, pengambilan namanya sendiri juga berasal dari indukannya yakni Boer dan peranakan etawa. Untuk menemukan jenis kambing ini akan sangat mudah saat anda berada di Lampung.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: