Inilah Beberapa Khasiat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Khasiat Buah Mengkudu Mungkin tak banyak yang mengetahui tentang Khasiat buah Mengkudu atau biasa yang disebut sebagai buah noni yang menjadi bagian dari spesies keluarga kopi. Buah bewarna hijau yang berukuran seperti kentang tersebut memang memiliki rasa yang tidak enak, serta bau busuknya yang lumayan tajam.

Maka dari itu, untuk pengolahan buah ini kerap kali dijadikan sebagai suplemen maupun jus sebelum dikonsumsi. Meski banyak yang ilfeel dengan tampilanya, namun khasiat buah mengkudu ini sangat banyak sekali lho, apa saja? Simak jawabanya dibawah ini.

Inilah Beberapa Khasiat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Khasiat Buah Mengkudu Inilah Beberapa Khasiat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Inilah Beberapa Khasiat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Menurunkan Resiko Encok

Encok merupakan sejenis athritis yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat pada persendian. Nah salah satu Khasiat buah Mengkudu yang pertama ialah menurunkan resiko Encok tersebut. berbagai penelitian telah menunjukan jika jus mengkudu bisa mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah penyebab rencok.

Menurunkan Kolesterol

Meningkatnya kadar kolesterol dalam darah menjadi faktor utama penyakit kardiovaskular. Merokok ternyata juga bisa menyebabkan koletserol tinggi akibat menumpuknya stres oksidatif didalam tubuh. Dalam sebuah penelitian dilakukan, jika para perokok dengan mengkonsumsi jus mengkudu bisa mengurangi kadar kolesterol dalam jumlah besar, dan meningkatkan kadar lipoprotein (kolesterol baik) dengan kepadatan tinggi.

Mencegah Kanker

Khasiat buah Mengkudu selanjutnya ialah bisa mencegah penyakit kanker. Didalam buah mengkudu memiliki beragam antioksidan yang bisa memerangi resiko terhadap kanker. Buah ini telah menunjukan sifat stimulasi kekebalan tubuh yang bisa melawan tumor.

Mengobati iritasi pada kulit kepala

Dr Reema Arora, dermatologis yang berasal dari Delhi mengatakan, jika meskipun belum banyak literatuir medis yang menyelidiki manfaat dari buah mengkudu, namun para pakar kesehatan telah bersepakat jika buah berwarna hijau tersebut memiliki kandungan sifat anti-bakteri dan anti jamur, dengan begini maka bisa disimpulkan bisa membantu untuk mengtatasi iritas pada kulit kepala.

Menurunkan Gula Darah

Khasiat buah Mengkudu selanjutnya ialah bisa menurunkan gula darah. Dalam sebuah penelitian pada hewan telah menunjukan hasil yang cukup menjanjikan mengenai manfaat dari buah mengkudu ini, yaitu untuk mengendalikan kadar glukosa darah. Para peneiliti di Univesitas Hindia Barat telah melakukan penelitian itu telah menemukan jika buah mengkudu tersebut memiliki sifat penurunan gula darah. Dan penelitian ini melibatkan pemberian suplemen mengkudu nono (obat diabetes resep) pada sebuah tikus diabetes selama 20 hari untuk mempelajari efek gula darah ini, dan hasilnya bisa menurunkan gula darah.

Menurunkan demam

Sebuah studi juga telah menunjukan jika jus mengkudu juga memiliki khasitas antivirus membatu menyingkirkan batu, mengatasi badan pegal linu, serta bisa menurunkan demam.

Mengurangi stress

Byron J. Richards seorang ahli nutrisi klinis mengatakan, jika jus mengkudu ini mampu untuk membantu anda dalam megatasi stress dan juga mengurangi dampa stress pada fungsi kognitif otak anda.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dan  Khasiat buah Mengkudu yang terakhir kali ini tidak hanya untuk mengatasi beragam penyakit saja, namun juga bisa unutk meningkatkan kekebalan tubuh anda. Kandungan scopoletin yang ada dalam buah mengkudu memiliki sifat anti-bakteri, anti jamur, anti-inflamasi, dan juga anti-histamin yang meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh.

Tidak hanya itu saja, sifat anti-bakteri pad abuah mengkudu ini juga memiliki khasiat untuk melawan bakteri E.Coli (penyebab gangguan pencernaan dan infeksi saluran kencing), Proteus vulgaris (penyebab infeksi saluran kencing), dan juga Staphylococcus aureus (penyebab infeksi kulit, tulang, dan sepsis).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: