Inilah Beberapa Tanaman Pengusir Nyamuk Yang Perlu Kita Ketahui

Tanaman Pengusir Nyamuk  – Nyamuk termasuk salah satu jenis serangga yang suka sekali bersarang di tempat yang lembab. Nyamuk bisa terbang ke sana ke mari sesuai dengan keinginannya hal ini dikarenakan Nyamuk memiliki dua sayap yang bersisik, enam kaki panjang dan tubuhnya yang langsing.

Dari hasil survei seorang ilmuan Nyamuk mempunyai lebih dari 2000 spesies. Ribuan spesies tersebut tersebar luas di 35 negara. Nyamuk  sering kali muncul terlebih pada saat musim hujan seperti saat ini.

Inilah Beberapa Tanaman Pengusir Nyamuk Yang Perlu Kita Ketahui Tanaman Pengusir Nyamuk Inilah Beberapa Tanaman Pengusir Nyamuk Yang Perlu Kita Ketahui Inilah Beberapa Tanaman Pengusir Nyamuk Yang Perlu Kita Ketahui

Lantaran postur tubuhnya yang mungil Nyamuk bisa masuk kerumah dengan sangat mudah. Disamping itu Nyamuk jugabisa menularkan berbagai macam penyakit ke tubuh manusia mulai dari malaria, demam berdarah sampai kaki gajah.

Melihat banyaknya penyakit yang disebabkan oleh Nyamuk sering kali kita mencari-cari sesuatu yang bisa mengusir hewan kecil ini. Selain produk-produk pengusir nyamuk yang sudah beredar luas dipasaran ternyata kita juga bisa menggunakan tanaman untuk mengusir nyamuk.

Nah berbicara tentang tanaman pengusir nyamuk, dibawah ini ada sederet tanaman yang tidak hanya indah akan tetapi juga bisa untuk mengusir nyamuk.

Lavender

Tanaman pengusir nyamuk yang pertama adalah Lavender. Pastinya kamu semua sudah mengetahui bunga yang satu ini. Ya, Lavender memang terbukti bisa mengusir nyamuk. Hal ini dikarenakan bau harum yang dikeluarkan oleh bunga Lavender ini tidak disukai nyamuk.

Jika kamu berminat untuk menanam bunga Lavender ini sebaiknya diletakkan di sudut ruangan rumah agar rumahmu terlihat cantik. Disamping itu kehadiran bunga Lavender di rumah juga bisa dijadikan sebagai obat nyamuk alami.

Geranium

Selain Lavender ternyata bunga Geranium juga bisa mengusir nyamuk. Kandungan Geraniol dan Sitronelol pada bunga Geranium ini ternyata tidak di sukai oleh nyamuk. Aroma tersebut akan mudah tercium saat tertiup angin.

Kecombrang

Tanaman pengusir nyamuk berikutnya adalah Kecombrang. Daun Kecombrang selama ini dikenal sebagai salah satu sayuran yang sangat lezat jika ditambahkan pada masakan. Namun ternyata Kecombrang juga termasuk tanaman pengusir nyamuk. Hal tersebut dikarenakan bunga Kecombrang bisa menangkal datangnya pasukan nyamuk.

Serai

Pada tanaman serai terdapat kandungan Geraniol dan Sitronelal yang tidak disukai nyamuk. Karena tidak memungkinkan jika Serai di tanam pada pot dan diletakkan di sudut ruangan jadi kamu bisa mengakalinya dengan meletakkan Serai ini di dekat jendela.

Hembusan angin yang masuk dari jendela membuat aroma khas serai bisa berkeliaran dimana-mana. Sehingga nyamuk tidak akan masuk ke dalam rumah lagi.

Zodia

Tanaman bernama Zodia ini rupanya sangat populer di Papua. Biasanya masyarakat Papua menggunakan daun Zodia untuk digosokkan ke tubuh sebelum pergi ke hutan. Hal tersebut bertujuan supaya pada saat di hutan tubuh mereka tidak di gigit oleh nyamuk atau serangga lainnya.

Sebab pada daun Zodia terdapat kandungan zat Evodiamine dan Rutecarpin yang tidak di sukai oleh serangga termasuk nyamuk.

Selasih

Dalam tanaman Selasih terdapat kandungan Eugenol, Geraniol dan yang terakhir adalah Linalool. Bau khas yang dimiliki oleh tanaman Selasih ini rupanya tidak di sukai oleh nyamuk.

Jika kamu berminat untuk menanam Selasih ini kamu bisa menemukannya dengan mudah di pekarangan rumah. Sebab tanaman pengusir nyamuk yang satu ini termasuk tanaman liar yang bisa tumbuh subur dimana saja.

Citro Mosquito

Sesuai dengan namanya ternyata tanaman pengusir nyamuk ini memiliki bau khas seperti wangi lemon yang sangat kuat. Bau yang bisa menenangkan fikiran tersebut rupanya tidak di sukai oleh nyamuk.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: