Inilah Berbagai Jenis Kantong Semar yang ada di Sumatera (Part 2)

Berbagai Jenis Kantong Semar – Seperti yang telah diketahui jika Kantong Semar merupakan tumbuhan yang tidak hanya langka akan tetapi juga mempunyai bentuk yang unik dan menarik. Tumbuhan ini mempunyai kantong yang mengeluarkan aroma khas.

Dengan aroma tersebut Kantong Semar akan menarik perhatian mangsanya. Mangsa Kantong Semar tidak lain adalah serangga kecil seperti nyamuk dan lalat. Karena tumbuhan pemangsa serangga ini mempunyai banyak spesies kali ini kami akan melanjutkan pembahasn tentang berbagai jenis kantong semar yang tersebar di kepulauan Sumatera. Berikut adalah penjelasannya.

Inilah Berbagai Jenis Kantong Semar yang ada di Sumatera (Part 2) Jenis Kantong Semar Inilah Berbagai Jenis Kantong Semar yang ada di Sumatera (Part 2) Inilah Berbagai Jenis Kantong Semar yang ada di Sumatera 2

No. Jenis Varietas Habitat Silang Alami Status Keterangan
1. Nepenthes dubia Danser Hutan pegunungan dataran rendah dan dataran tinggi (1.000-2.700 m dpl) Dengan N. singalana

 

Kritis Jenis ini banyak ditemukan di Sumatera Barat; memiliki bentuk kantong yang unik (seperti kloset duduk). N. dubia memiliki hubungan dekat dengan N. inermis yang memiliki bentuk kantong hampir serupa. Umumnya hidup sebagai efifit pada tajuk-tajuk pohon di hutan lumut atau terestrial di semak-semak tempat terbuka.
2. Nepenthes diata Jebb dan Cheek Hutan lumut dan hutan pegunungan dataran tinggi pada ketinggian 2.400-2.900 m dpl Dengan N. Mikei Genting Jenis dataran tinggi ini ditemukan di Gunung Bandahara; Aceh. Memiliki hubungan dekat dengan N. singalana
3. Nepenthes dubia Danser Hutan pegunungan dataran rendah dan dataran tinggi dengan ketinggian mencapai 1.000 – 2.700 mdpl Dengan N. Singalana Kristis Jenis ini banyak ditemukan di Sumatera Barat; memiliki bentuk kantong yang unik (seperti kloset duduk). N. dubia memiliki hubungan dekat dengan N. inermis yang memiliki bentuk kantong hampir serupa. Umumnya hidup sebagai efifit pada tajuk-tajuk pohon di hutan lumut atau terestrial di semak-semak tempat terbuka.
4. Nepenthes gracilis Korth Hutan dataran rendah; hutan rawa gambut; hutan kerangas; vegetasi pinggir sungai pada ketinggian 0-1.100 m dpl) Dengan N. ampullaria; N. mirabilis; N. rafflesiana; dan N. reinwardthiana Terkikis Jenis ini memiliki kemampuan beradaptasi dengan lingkungan yang lebih tinggi dibanding jenis lainnya. Mampu hidup di berbagai habitat dan jenis tanah. Oleh karena itu jenis ini memiliki daerah penyebaran yang cukup luas.
5. Nepenthes jacqvelineae C. Clorke; T. Davis dan Tamin Efifit atau terestrial di hutan lumut (1.700-2.200 m dpl) Belum Diketahui Belum Diketahui Jenis ini baru ditemukan pada tahun 2000 oleh T. Davis. Merupakan jenis endemik Sumatera dan baru diketahui penyebarannya di Sumatera Barat dan memiliki hubungan dekat dengan N. inermis.
6. Nepenthes spathulata Danser Hidup efifit atau terestrial di hutan lumut dan hutan pegunungan dataran tinggi (1.100-2.900 mdpl) Dengan N. inermis; N. mirabilis; N. reinwardtiana; N. tobaica Kritis Jenis ini mirip dengan N. singalana. Penyebarannya cukup luas di hutan pegunungan dataran rendah di Sumatera Selatan; Bengkulu dan Jambi.
7. Nepenthes xhooveriana Dari N. ampullaria dan N. rafflesiana Kantong bawahnya mirip dengan N. ampullaria tetapi penutup kantong bawanhnya mirip dengan N. rafflesiana.
8. Nepenthes sumatrana (Miq) Beck Dataran rendah pada tanah berbatu pasir (0-800 m dpl) Dengan N. custochy Kritis Jenis ini ditemukan di Sumatera Utara; Sumatera Barat; dan Jambi. Hidup terestrial di tempat yang ternaungi pada hutan dataran rendah dengan substrat tanah berbatu pasir. Sering dijumpai sampai di tajuk pohon.

Nah itu lah beberapa jenis Kantong Semar yang cukup yang tumbuh subur di bumi Sumatera. Aakan tetapi dari beberapa jenis tersebut beberapa diantaranya sudah memasuki status kritis. Oleh karena penting bagi kita untuk melestarikan tanaman Kantong Semar ini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: