Inilah Berbagai Jenis Kantong Semar yang ada di Sumatera (Part 1)

Jenis Kantong Semar  – Genus Nepenthes atau kantong semar termasuk salah satu jenis tanaman yang masih satu keluarga dengan monotipik.  Pada dasarnya tumbuhan yang tingginya mencapai 15-20 cm ini mempunyai tiga  macam bentuk kantong yang yaitu kantong roset, bawah dan kantong atas.

Kantong tersebut berguna sebagai pemikat serangga seperti nyamul dan lalat. Tanaman kantung semar ini tumbuh subur di daerah tropis seperti Indonesia. Di Indonesia sendiri tanaman ini bisa kita temukan dengan mudah di Sumatera dan Kalimantan.

Inilah Berbagai Jenis Kantong Semar yang ada di Sumatera (Part 1) Jenis Kantong Semar Inilah Berbagai Jenis Kantong Semar yang ada di Sumatera (Part 1) Berbagai Jenis Kantong Semar

Bahkan di Sumatera sendiri tercatat ada 29 jenis kantong semar yang tumbuh subur. Pada setiap habitat yang ditempatinya rupanya tumbuhan pemangsa serangga ini mempunyai sifat dan karakter yang berbeda-beda.

Dengan jumlah yang tidak sedikit itu Sumatera berhasil menduduki posisi kedua. Jumlah spesies kantong semar di Sumatera rupanya mempunyai selisih yang sedikit dari yang ada di Kalimantan.  Dan berikut ini adalah beberapa jenis kantong semar di Sumatera yang sudah berhasil terindentifikasi.

No. Jenis Varietas Habitat Silang Alami Status Keterangan
1. Nepenthes albomarginata T.Lobb ex Lindl Villosa; typica; tomentolla dan cubra Hutan kerangas dataran rendah; puncak bukit dengan vegetasi terbuka di tanah kapur atau tanah berpasir dengan ketinggian. 0-1.100 m dpl. Dengan N. ampullaria; N. clipeata; N. hirsuta; N. northiana; N. reinwardtiana; N. vietchii; N. custadhya Terikikis

 

 

 

2. Nepenthes adnata Tamin dan M. Hotta ex Schlauer

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hutan dataran rendah dengan ketinggian 600 – 1.100 m dpl. Belum diketahui Kristis Saat ini penyebaranya baru diketahui hanya di Sumatera Barat. Hidup di tempat-tempat terlindung dengan kelembaban cukup tinggi pada substrat lumut dan berbatu pasir. Jenis ini memiliki kemiripan dengan N. tentaculata.
3. Nepenthes xneglecta Dari N. gracilis dengan N. Mirabilis Umumnya bentuk kantong mirip dengan N. gracilis tetapi ukurannya lebih besar. Ukuran daun lebih panjang daripada N. gracilis; pinggiran daun tidak berbulu/bergigi. Bentuk batang silindris tidak seperti N. gracilis yang memiliki bentuk batang segitiga.
4. Nepenthes xtrichocarpa Antara N. ampullaria dengan N. Gracilis. Bentuk dan ukuran kantong mirip dengan N. gracilis tetapi bentuk mulut dan bibir mirip N. ampullaria.
5. Nepenthes ampullaria Jack Geelvinkeana; microsepala dan racemosa Hutan kerangas; hutan rawa gambut; hutan rawa; pinggir sungai; sawah; dan semak belukar. Umumnya hidup di tempat-tempat terbuka; lapangan luas; tanah-tanah basah. Jenis ini tersebar pada ketinggian 0-1.100 m dpl Dengan N. albomarginata; N. bicalcarata; N. gracilis; N. rafflesiana; N. hirsuta; N. mirabilis; N. reinwardtiana dan N. tobaica Terkikis
6. Nepenthes bongso Korth Hutan dataran rendah dan dataran tinggi (1.000-2.700 m dpl) Dengan N. singalana dan N. talangensis Terkikis Jenis ini ditemukan di Jambi; Sumatera Barat dan Sumatera Utara. Umumnya hidup sebagai efifit di hutan pegunungan dataran rendah yang berlumut. Kata bongso diambil dari nama kawah bongso Gunung Merapi (tempat pertama kali jenis ini dikoleksi oleh Korthals).
7. Nepenthes angasanensis Maulder; D. Schula; B. Salman dan B. Quinn Terestrial atau efifit di hutan lumut (2.200-2.800 m dpl) Dengan N. densiflora Rawan

 

Kantong semar termasuk tanaman yang dilincungi oleh karena itu kita harus menjaga kelestariannya. Dan itu tadi adalah beberapa jenis kantong semar yang ada di Sumatera masih ada banyak jenis lainnya. Dan anda bisa menyimak beberapa jenis tersebut di Inilah Berbagai Jenis Kantong Semar yang ada di Sumatera (Part 2)!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: