Inilah Cara Membuat Pot dari Botol Bekas dengan Mudah

Cara Membuat Pot dari Botol Bekas – Kamu pecinta tanaman? Pastinya kamu sangat memperhatikan pertumbuhan tanaman kesayangan mu itu. Meski terlihat sepele ternyata pot juga memberi pengaruh penting dalam fase pertumbahan pada tanaman.

Bagaimana tidak, pot memiliki peranan penting dalam siklus kehidupan suatu tanaman. Berbicara tentang pot kali ini kami akan membahas tentang cara membuat pot dari botol bekas. Selain hemat biaya menggunakan botol bekas untuk dijadikan pot juga salah satu wujud keperdulian kita terhadap lingkungan.

Inilah Cara Membuat Pot dari Botol Bekas dengan Mudah cara membuat pot dari botol bekas Inilah Cara Membuat Pot dari Botol Bekas dengan Mudah Inilah Cara Membuat Pot dari Botol Bekas dengan Mudah

Bagi sebagian orang limbah botol bekas dipandang sebelah mata. Tahu kah kamu jika penguraian sampah plastik termasuk botol bekas membutuhkan waktu sekitar 2000 tahun lamanya. Dengan mengolah botol bekas menjadi pot maka hal tersebut sangat bermanfaat untuk kamu yang gemar mengoleksi tanaman.

Wah kelihatannya sangat menarik ya guys? Untuk kamu yang tidak tahu cara membuat pot dari botol bekas tak perlu khawatir sebab kami sudah menyiapkan langkah-langkah pembuatannya. Yuk, mari kita simak ulasan berikut ini.

Dalam cara membuat pot dari botol bekas langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu, seperti :

  1. Botol plastik bekas
  2. Benang pancing
  3. Paku
  4. Gungting/cutter

Langkah pembuatan :

  1. Siapkan botol bekas ukuran sedang.
  2. Kemudian potong bagian tengah samping sebagian. Agar tanaman bisa tumbuh dengan baik beri lubang di beberapa sisi menggunakan paku.
  3. Lalu masukkan tanah dan tanaman kesayangannmu.
  4. Sirami dan gantung di depan teras.

Jika kamu bosan dengan tampilan botol yang itu-itu saja agar tidak monoton dan terlihat semakin menarik kamu juga bisa memberikan unsur seni seperti memberi lukisan berupa karakter dalam kartun, hewan dan lain sebagainya.

Seperti pot lucu berikut ini. Untuk cara pembuatannya pun juga tergolong mudah dan simpel. Kamu hanya perlu memikirkan kira-kira gambar apa yang pas untuk dijadikan hiasan bua kesayangannmu itu. Berikut adalah alat dan bahan yang diperlukan dalam membuat pot lucu dari botol bekas.

Alat dan Bahan :

  1. Botol plastik bekas
  2. Pensil gambar
  3. Gunting/cutter/pisau
  4. Cat Akrilik

Jika semua bahan sudah tersedia cara berikutnya adalah proses pembuatan.

Langkah Pembuatan :

  1. Gambar pola yang akan di jadikan hiasan pada botol plastik di selembar kertas.Kemudian gunting kertas tersebut sesuai dengan pola.
  2. Potong botol bekas menjadi dua bagian. Untuk pot gunakan botol bagian bawah.
  3. Lalu gambar pola yang sudah di gunting tadi di atas botol plastik.
  4. Langkah selanjutnya adalah mewarnai botol bekas tadi dengan warna dasar putih.
  5. Jika sudah warnai botol bekas tadi seusai dengan karakter yang sudah kamu gambar tadi agar tampilannya terlihat lebih menarik dan lucu.
  6. Cara membuat pot dari botol bekas selanjutnya adalah keringkan botol yang sudah kamu hias di bawah sinar matahari.
  7. Jika sudah kering kamu bisa menanam tanaman kesayanganmu di pot tersebut.

Pot yang lucu dan unik dari botol bekas ini tidak hanya bisa ditaruh bawah lho sobat. Kamu juga bisa menjadikannya sebagai pot gantung. Jika ingin membuat pot hias gantung kamu tinggal memberi gantungan tali pada sisi kanan dan kiri.

Wah keren banget ya?  Jadi bagaimana, apakah kamu tertarik untuk membuat pot lucu dari botol bekas? Jika iya kamu bisa mengikuti langkah-langkah diatas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba J

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: