Inilah Manfaat dan Kandungan Buah Naga Yang Perlu Kita Ketahui

Kandungan Buah Naga – Buah Naga merupakan jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicerus. Buah Naga berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan, namun kini telah di budidayakan di beberapa Negara termasuk di Indonesia.

Beberapa daerah di Indonesia yang sudah membudidayakan buah ini diantaranya adalah Malang, Jember, Mojokerto, Pasuruan, Ponorogo, Banyuwangi, Kulon Progo, Bandung , Wonogiri, Batam dan Kalibawang.

Inilah Manfaat dan Kandungan Buah Naga Yang Perlu Kita Ketahui Kandungan Buah Naga Inilah Manfaat dan Kandungan Buah Naga Yang Perlu Kita Ketahui Inilah Manfaat dan Kandungan Buah Naga Yang Perlu Kita Ketahui

Buah Naga sendiri memiliki bentuk yang khas yakni kulitnya berwarna merah muda dan daunnya memiliki duri. Ada dua jenis dari buah Naga berdasarkan warnanya yakni buah Naga Merah dan buah Naga Putih. Meski berbeda warna, namun rasanya sama-sama manis dan segar. Cara mengkonsumsi buah ini bisa langsung di makan atau dibuat jus.

Selain rasanya yang manis, buah naga juga memiliki banyak kandungan gizi di dalamnya sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut adalah kandungan buah naga yang harus Anda tahu.

Kandungan gizi yang tersimpan dalam buah naga diantaranya adalah vitamin B1, B3, B12, Vitamin C, serat, air, protein, kalori, mineral, karbohidrat, zat besi dan kalium. Setelah mengetahui kandungan buah naga yang cukup banyak, kini saatnya menilik manfaat buah naga.

  1. Mengatasi Penyakit Diabetes
    Salah satu manfaat buah naga adalah membantu menyembuhkan penyakit diabetes, karena rasa manis pada buah naga bukan berasal dari glukosa.
  2. Menjaga Stamina Tubuh
    Buah Naga bagus dikonsumsi secara rutin, karena kandungan antioksidan serta vitaminnya dapat membantu menjaga stamina tubuh. Tidak dapat dipungkiri bahwa stamina tubuh seseorang harus selalu prima agar tidak mudah terserang penyakit.
  3. Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Tubuh
    Buah Naga memiliki kandungan vitamin B3, vitamin inilah yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
  4. Melancarkan Pencernaan
    Kandungan serat dan air yang cukup tinggi pada buah naga sangat baik untuk membantu melancarkan pencernaan, jadi bagi Anda yang punya masalah pencernaan dapat mengkonsumsi buah naga secara rutin.
  5. Meredakan Batuk dan Penyakit Asma
    Kandungan vitamin B3 pada buah naga memang memiliki banyak khasiat termasuk untuk membantu meredakan batuk. Tak hanya itu, vitamin B8 yang ada pada buah naga juga mampu meredakan penyakit asma. Bagi penderita asma dianjurkan untuk mengkonsumsi buah naga merah.
  6. Mencegah Osteoporosis
    Osteoporosis atau pengeroposan pada tulang biasanya lebih menyerang kepada orang lansia atau lanjut usia. Pencegahan osteoporosis dapat dilakukan dengan mengkonsumsi buah naga, pasalnya buah yang satu ini memiliki kandungan kalsium organik yang baik untuk tulang.
  7. Menstabilkan Tekanan Darah Tinggi
    Karena memiliki kandungan vitamin B3, buah Naga sangat dianjurkan dikonsumsi secara teratur para penderita tekanan darah tinggi atau juga dikenal hipertensi.
  8. Menurunkan Berat Badan
    Bagi Anda yang sedang menjalan program diet, buah naga harus ada dalam menu diet Anda, pasalnya buah ini mengandung protein namun rendah lemak dan karbohidrat.

Mengetahui kandungan buah naga dan manfaatnya yang sangat banyak, tidak ada salahnya menanam buah ini di pekarangan rumah. Buah Naga adalah salah satu buah yang cara budidayanya cukup mudah, asal tahu media tanam yang cocok dan juga perawatannya.

Buah Naga dapat dibudidayakan dengan dua cara yakni mencangkok dan penyemaian biji. Hal-hal yang harus diperhatikan jika ingin menanam buah naga adalah media tanam tidak becek, kaya unsur hara, berpasir, suhu udara antara 38-40 derajat Celcius dan sinar matahari harus cukup agar pohon buah naga tumbuh subuh. Tertarik ingin menanam buah naga sendiri di rumah? Selamat mencoba ya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: