Inilah Manfaat dan Kegunaan Daun Sirih Untuk Kita

Kegunaan Daun Sirih – Daun sirih memiliki bentuk daun menyirip yang tidak terlalu besar. Walau demikian ternyata daun sirih memiliki banyak sekali kegunaannya. Mulai dari untuk kesehatan, kecantikan dan masih banyak lagi.

Dalam tanaman yang memiliki nama latin piper batle i ini terdapat beberapa nutrisi yang memang dibutuhkan oleh tubuh kita mulai dari minyak atsiri, gula, kavikol, zat samak, pati sampai minyak terbang.

Inilah Manfaat dan Kegunaan Daun Sirih Untuk Kita Kegunaan Daun Sirih Inilah Manfaat dan Kegunaan Daun Sirih Untuk Kita Inilah Manfaat dan Kegunaan Daun Sirih Untuk Kita

Kegunaan Daun Sirih untuk Kecantikan

Menghilangkan Jerawat

Cara menghilangkan jerawat dengan daun sirih cukup murah kamu tinggal merebus 5 – 10 daun sirih dengan air sebanyak 250ml. Tunggu sampai warna airnya berubah menjadi kecoklatan. Gunakan air hasil rebusan tadi untuk membasuh muka.

Mencegah Penuaan Dini

Dijaman modern seperti ini banyak sekali remaja khususnya remaja putri yang suka bersolek. Kebiasaan merias terlalu berlebihan itu rupanya bisa membuat wajah mereka terlihat lebih dewasa. Agar wajah tertap terlihat muda kamu bisa menggunakan daun sirih.

Caranya cukup mudah kamu tinggal merebus 6 lembar daun sirih merah, 10 biji kurma, 40g gingseng talium, 4 gelas air dan yang terakhir adalah 100g kacang hijau. Untuk memberikan rasa segar pada minuman herbal ini kamu bisa menambahkan madu.

Rebus dan aduk rata. Kemudian minuman pencegah penuaan dini bisa kaamu konsumsi sebanyak 2 kali sehari.

Menghaluskan Kulit

Kegunaan daun sirih bagi kencantikan salah satunya adalah bisa menghaluskan kulit. Jika ingin mempunyai wajah yang mulus kamu hanya perlu menumbuh daun sirih sebanyak 5 lembar dengan campuran sedikit air hangat. Jika sudah halus gunakan masker daun sirih minimal seminggu sekali.

Kegunaan Daun Sirih untuk Kesehatan

Selain untuk kecantikan tanaman hijau yang masih sebangsa piperaceae ini juga sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Mengobati Batuk

Jika kamu batuk pastinya langkah pertama yang kamu lakukan adalah membeli obat batuk di toko terdekat. Ternyata daun sirih juga bisa digunakan sebagai obat batuk lo. Caranya pembuatannya pun juga sangat mudah tinggal merebus 5 daun sirih merah dengan air sebanyak 300 ml.

Jika sudah berubah kecoklatan tandanya air rebus tadi siap dikonsumsi. Untuk hasil yang maksimal sebaiknya minum air rebusan tadi sebanyak 2 kali sehari.

Mengatasi Keputihan

Kegunaan daun sirih dalam dunia kesehatan sangat banyak seperti mengatasi keputihan. Untuk kaum hawa yang mengalami masalah ini bisa mengobatinya dengan sisa rebusan daun sirih yang sudah di dinginkan.

Mengobati demam berdarah

Demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang harus ditangani dengan cepat. Kamu bisa menggunakan daun sirih untuk menyembuhkan penyakit demam berdarah. Caranya pun juga sangat mudah kamu hanya perlu merebus 6 lembar daun sirih kemudian masukkan 2 gelas air. Jika sudah mendidih saring dan minum air rebusan tadi selagi masih hangat.

Obat Asam Urat

Cara mengobati asam urat menggunakan daun sirih adalah rebus sekitar 8 lembar daun sirih yang masih muda dalam campuran air sebanyak 500 ml. Minum air rebusan tadi sebanyak 75 ml untuk hasil yang maksimal jangan lupa ntuk mengkonsumsi air rebusan daun sirih sebanyak 3 kali sehari.

Melancarkan Haid

Untuk kamu yang haidnya tidak lancar bisa mengkonsumsi rebusan daun sirih yang sudah dicampur dengan tanaman herbal lainnya seperti mahkota dewa dan umbi dewa.  Untuk 3 lembar daun sirih kamu bisa menggunakan 10g mahkota dewa, 15 gram umbi dewa kemudian 2 gelas air. Rebus semua bahan tadi sampai warnanya kecoklatan jika sudah jangan lupa untuk minum air rebusan tadi 2 kali sehari.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: