Inilah Manfaat Labu Siam Yang Perlu Kita Ketahui

Manfaat Labu Siam – Siapa tak kenal dengan Labu Siam? Buah yang memiliki nama latin sechlum edule itu sangatlah popular di Indonesia. Labu siam bukanlah tanaman asli Indonesia namun berasal dari Siam yang berada di Thailand.  Bukan hanya buahnya yang bisa dikonsumsi akan tetapi juga pucuk daun muda atau sulur tanaman. Sehingga tak heran jika buah ini menjadi primadona dikalangan ibu rumah tangga.

Di Indonesia sendiri banyak rumah yang sengaja menanamnya untuk kebutuhan sayur setiap hari. Jadi bisa dipastikan jika labu siam memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat walau pernyebutan setiap daerahnya tak sama. Jipang, Manisa atau Lejet adalah sejumlah penyebutan labu siam diberbagai daerah.

Inilah Manfaat Labu Siam Yang Perlu Kita Ketahui Labu Siam Inilah Manfaat Labu Siam Yang Perlu Kita Ketahui Inilah Manfaat Labu Siam Yang Perlu Kita Ketahui

Ciri tumbuhannya merambat atau tanah atau pepohonan disekitar rumah. Daunnya banyak dikenali karena bentuknya hampir menyerupai segitiga dengan permukaan yang ditumbuhi bulu halus. Sementara buahnya menggantung dari tangkai atau sekitar ketiak daun. Bentuknya mirip seperti buah pear namun memiliki warna hijau pekat.

Untuk pengolahan labu siam bisa dilakukan dengan berbagai cara terutama untuk campuran berbagai sayur atau bahkan lalapan. Biasanya orang Indonesia menggunakan bahan ini untuk membuat sayur bening, bobor dan dimakan beserta sambal terasi. Daun yang masih muda bisa dijadikan sayur rebus pendamping sambal pecel. Disejumlah daerah labu siam juga digunakan untuk melunakkan adonan dari siomay.

Bukan hanya enak dimakan, labu siam juga memiliki segudang manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh manusia. Sejumlah penelitian telah mengungkap jika banyak manfaat yang dimiliki oleh labu siam terutama dalam kandungan gizi dan nutrisinya. Bahkan ada peneliti yang telah mengungkapkan adanya vitamin, serat yang tinggi, kaya akan mineral dan rendah kalori.

Membantu menurunkan berat badan

Sementara manfaat labu siam ini ketika dikonsumsi oleh masyarakat juga banyak loh. Bukan hanya enak dimakan, rupanya labu siam juga bisa membantu pola diet seseorang karena dalam buahnya kaya akan serat alami. Kalori yang sangat rendah juga menjadi peran penting untuk mengatur bentuk tubuh seseorang.

Setiap 100 gram buahnya hanya mengandung 16 kalori saja sedang kolestrolnya tidak ada sama sekali. Lemak jenuh juga tidak dimiliki oleh labu siam sehingga buah dan sulurnya dipastikan sehat. Dari factor-faktor itulah buah labu siam bisa mambantu seseorang untuk menurunkan berat badan berlebih.

Mencegah bayi terlahir cacat

Kandungan B complex berupa Folat memberikan manfaat baik bagi kesehatan janin dalam kandungan. Folat yang terkandung dalam setiap 100 gram labu siam dapat memenuhi 23% kebutuhan tubuh. Folat sangat bermanfaat untuk pembelahan sel atau menghindarkan bayi dari cacat syaraf ketika lahir.

Mencegah penuaan dini

Labu siam juga bisa mencegah penuaan dini karena dalam buahnya mengandung banyak flavonoid yang cukup baik. Kandungan flavonoid yang cukup banyak bisa membantu melawan zat berbahaya bagi tubuh. Radikal bebas juga bisa dihilangkan dengan kita mengkonsumsi labu siam secara konsisten.

Siapa sangka kalau labu siam yang biasanya hanya dijadikan sayur ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Tapi kalau hanya dikonsumsi sebagai sayur bening atau bobor saja mungkin sudah merasa bosan. Berikut ada resep cara mengolah labu siam yang enak.

Rawon labu siam.

Bahan :

  1. 150 gram daging sapi
  2. 2 buah labu siam
  3. 1 batang daun bawang
  4. 1 batang serai
  5. 4 biji kluwek
  6. 1 lembar daun jeruk
  7. Air secukupnya

Bumbu:

  1. 6 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 3 butir kemiri
  4. 1 ruas jahe
  5. 1 ruas kunyit
  6. ½ sendok the merica
  7. 1 sdt ketumbar

Langkah membuat :

  1. Cuci bersih daging sapi lalu potong-potong berbentuk dadu, rebuslah sampai empuk.
  2. Kupas dan hilangkan getah labu siam kemudian potong seuai selera.
  3. Pecahkan kluwek ambil bagian isinya lalu rendam dengan air panas.
  4. Langkah selanjutnya menghaluskan bumbu dan tambahkan dengan kluwek.
  5. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak, masukkan serai, daun jeruk sampai tercium bau harum.
  6. Masukkan labu siam, ungkep hingga empuk dengan 300 ml air. Terakhir tambahkan garam sesuai yang diinginkan. Taburi dengan daun bawang dan bawang goreng.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: