Inilah Pengertian PH Yang Perlu Kita Pahami

Pengertian PH – Pada kesempatan kali ini, kami ingin mengajak anda mengetahui tentang pengertian PH. PH ini sendiri merupakan singkatan dari Potensial Hidrogen. Ph merupakan sebuah derajat keasaman yang digunakan untuk menyatakan sebuah tingkat keasaman maupun tingkat kebasaan yang telah dimiliki oleh sebuah larutan.

PH merupakan sebuah ukuran logaritmatik dari konsentrasi ion hidrogen dalam larutan. Nilai pH ini merupakan negatif logaritma dari sebuah konsentrasi ion hidrogen. Untuk rumusnya sendiri seperti dibawah ini:

pH = -log [H +]

Untuk Pengertian PH ini sendiri pertama kali dijelaskan oleh Sorensen selaku ahli biokimia Denmark SPL di tahun 1909 silam. pH merupakan singkatan untuk ‘kekuatan hidrogen’, dimana unutk huruf P merupakan singkatan bahasa Jerman untuk kekuasaan yakni Potenz. Lalu untuk huruf H merupakan sebuah simbol unsur untuk Hidrogen.

Inilah Pengertian PH Yang Perlu Kita Pahami Pengertian PH Inilah Pengertian PH Yang Perlu Kita Pahami Inilah Pengertian PH Yang Perlu Kita Pahami

Untuk singkatan ini sendiri juga berlaku di negara Perancis dengan sebutan Pouvoir hidrogen yang artinya Kekuatan Hidrogen. Nah berikut akan kami jelaskan tentang nilai sebuah pH dibawah ini.

Nilai pH Bergantung Pada Suhu

Nilai pH yang netral adalah 7.00, dan dalam kebanyakan kasus tersebut merupakan pendekatan yang sangat baik, dan nilai tersebut bisa didapat pada saat suhu udara disekitarnya mencapai 25 derajat celcius. Apabila peningkatan suhu diatas 25 derajat celcius, maka nilai pH ini sendiri bakal menurun dibawah 7, dan apabila sudah berada di bawah 25 derajat, maka nilai pH akan naik.

Skala Logaritmik

Skala Logaritmik merupakan Skala pH yang biasanya berlangsung dari 1 hingga 14. Setiap nilai keseluruhan ph dibawah 7 maka sepuluh kali lebih asam dari nilai yang lebih tinggi, serta masing-masing nilai keseluruhan pH diatas 7 merupakan sepuluh kali lebih asam jika dibandingkan satu dibawah ini. contohnya seperti ini, pH 3 merupakan sepuluh kali lebih asam dibandingkan pH 4, dan 100 kali lebih asam dibandingkan pH5. Jadi untuk asam kuat kemungkinan memiliki pH 1-2, sementara itu untuk basa kuat kemungkinan memiliki pH 13-14, dan jika sebuah pH dekat dengan 7 adalah dianggap netral.

Alat yang digunakan untuk mengukur pH

Kertas Lakmus

Selain membahas tentang pengertian PH, berikut ini kami juga akan membahas beberapa alat yang bisa digunakan untuk mengukur pH, dan salah satunya adalah kertas lakmus. Kertas ini bisa digunakan untuk mengukur pH ari non elektronik.

Keunggulan dari alat ini adalah bisa digunakan untuk mengukur pH meskipun dalam kondisi air yang keruh atau banyak lumpur secara lebih akurat. Dan untuk menggunakannya sendiri sangatlah mudah, yakni cukup memasukkan kertas lakmus ini kedalam air sekitar 5 menit saja, lalu angkat kertas tersebut dan anda bisa melihat hasilnya.

Jika memiliki warna hijau, maka memiliki basa kuat, jika berwarna merah maka asam kuar, dan jika menghasilkan warna kuning maka pH air tersebut netral dan kondisinya seimbang.

pH Meter

alat ini bersifat elektronik yang umum sekali digunakan untuk memeriksa air yang jernih dan tidak memiliki bercak lumpir. Karena jika digunakan dalam air yang berlumpur, maka hasilnya pun tak akan akurat nanti.

TDS Meter

ini merupakan alat ukur pH Air dengan partikel padatan yang terlarut didalam sebuah air, contoh parikelya adalah aluminium, besi, mangan dan masih banyak lagi, yang tidak terlihat oleh mata.

Nah demikian ulasna dari kami tentang Pengertian PH dan beberapa alat untuk mengukurnya, semoga bermanfaat untuk anda semua.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: